"Jadi ro ma hata ni si Samuel tu sandok Israel songon on: Molo tung mulak hamu tu Jahowa sian nasa rohamuna, sai paholang hamu ma angka debata sileban sian tongatongamuna, ro di angka sombaon Astarot, jala marsihohot rohamuna tu Jahowa, jala sasada Ibana oloi hamu, asa dipalua hamu sian tangan ni halak Palistim.

Lalu berkatalah Samuel kepada seluruh kaum Israel demikian: "Jika kamu berbalik kepada TUHAN dengan segenap hati, maka jauhkanlah para allah asing dan para Asytoret dari tengah-tengahmu dan tujukan hatimu kepada TUHAN dan beribadahlah hanya kepada-Nya; maka Ia akan melepaskan kamu dari tangan orang Filistin.""

1 Samuel 7 : 3

Kunjungan Wakil Moderator UEM, Pdt. Dr. Ulrich Moeller, ke Kantor Pusat HKBP & Sekolah Tinggi Diakones HKBP-Balige

Jumat, 24 Juni 2022, Pdt. Dr. Ulrich Moeller, wakil moderator UEM melayankan renungan pada ibadah pagi Kantor Pusat HKBP. Teks khotbah sesuai dengan ayat harian di almanak HKBP, Matius 5:17 tentang kedatangan Yesus yang bukan untuk menghapuskan Hukum yang berlaku, melainkan menggenapinya. Dalam renungannya, Pdt. Dr. Ulrich Moeller menggunakan ilustrasi yang menarik tentang sebuah eksperimen kimiawi yang sering membuat kita takjub. Satu hal yang kecil namun bisa membuat perubahan secara menyeluruh pada sebuah eksperimen. Demikianlah pengorbanan dan cinta Allah pada manusia. Satu hal yang secara keseluruhan mengubah kehidupan manusia. Khotbah yang disampaikan dalam bahasa Inggris tersebut diterjemahkan Pdt. Tetty Sabrina Rotua Tambunan, S.Th., Kabag Administrasi di Biro Oikumene HKBP. Seusai kebaktian pagi, Pdt. Dr. Deonal Sinaga dan beberapa Kepala Biro yang hadir memberikan cinderamata berupa ulos untuk Pdt. Dr. Ulrich Moeller, yang disematkan oleh Pdt. Tumpak Siahaan, Kabiro Jemaat HKBP.




 

Setelahnya, bertempat di ruangan kerja Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Ulrich Moeller berbincang santai dengan kepala biro yang berada di bawah naungan Departemen Koinonia, diantaranya, Pdt. Dr. Enig Aritonang (Kabiro Pembinaan), Pdt. Herwin Simarmata, M.Th. (Kabiro Ama-Lansia HKBP), Bvr. Asni Pasaribu (Sekretaris Mitra HKBP), Bvr. Risma Sinaga, S.Th., M.Hum. (Kabiro Perempuan HKBP). Diskusi santai ini berlangsung dengan penuh kehangatan dan canda tawa namun tetap berbobot. Pdt. Ulrich Moeller merasa kagum dengan pencapaian-pencapaian Departemen Koinonia HKBP melalui program kerja biro-biro tersebut. Kemudian beliau memberikan motivasi pelayanan dan terus mendorong Departemen Koinonia HKBP dapat meningkatkan pelayanannya dengan moto Striving for Excellence tersebut.

 



Siang harinya, Pdt. Dr. Ulrich Moeller bersama dengan Pdt. Dr. Deonal Sinaga melakukan kunjungan ke Sekolah Tinggi Diakones HKBP di Balige. Sekolah ini banyak mendapat perhatian dari UEM atas kerja sama dengan Pdt. Ulrich Moeller. Sebelumnya Pdt. Ulrich telah mengunjungi sekolah ini sekitar 20 tahun lalu. Sehingga menjadi momen yang sangat mengharukan ketika kali ini beliau dapat kembali berkunjung. Setibanya di sana, keduanya disambut dengan hangat oleh keluarga besar Sekolah Tinggi Diakones yang dipimpin oleh Diak. Dr. Eleven Sihotang. Pdt. Moeller sangat tersentuh dengan sambutan yang diberikan Sekolah Diakones. Melalui jamuan makan siang, paduan suara yang mengumandangkan beberapa lagu, tarian tradisional, dan kata-kata sambutan yang berkesan. Di akhir kunjungan ini, Pdt. Ulrich Moeller sempat berkaca-kaca karena sangat terharu. Kunjungan ini diakhiri dengan foto bersama. (DK-MS-NXC)




Pustaka Digital