"Molo ingkon mamujimuji ahu, angka hagaleonki ma hupapujipuji.

Jika aku harus bermegah, maka aku akan bermegah atas kelemahanku."

2 Korint. 11:30

Launching Program Pelayanan Women Crisis Center (WCC) Sopo Tabita

Women Crisis Center (WCC) Sopo Tabita merupakan buah yang dihasilkan dari kerjasama antara ELCA dengan HKBP yang telah dijajaki sejak tahun 2019. Isu keadilan gender menjadi hal yang mendasari kerjasama ini. Kerjasama ini menyoroti orang-orang  khususnya warga gereja terlebih jemaat HKBP yang menjd korban kekerasan atau pelecehan seksual di tengah keluarga mereka (KDRT) khususnya para perempuan dan anak-anak. Sekalipun memang kekerasan atau pelecehan seksual tidak hanya dapat dialami oleh perempuan atau anak-anak namun kedua kelompok inilah yang paling rentan menerima perlakuan kekerasan atau pelecehan seksual.

Kerjasama itu pun kemudian diwujudkan dengan hadirnya WCC Sopo Tabita (Tabita House Diakonia). WCC Sopo Tabita (Tabita House Diakonia) telah diresmikan pada 25 Februari 2020 melalui penandatanganan prasasti yang dilakukan oleh Ibu Pdt. Debora P. Sinaga, M.Th (Kepala Departemen Diakoni HKBP) dan Bpk. Rev. Dr. Y. Franklin Ishida (perwakilan Director for Asia and Pasific Evangelical Lutheran Church In Amerika).

Pandemik covid-19 kemudian menghambat program dan rencana pelayanan yang telah dirancangkan sebelumnya. Wabah covid-19, membuat Departemen Diakonia lebih memfokuskan diri pada kebutuhan yang lebih mendesak yang dibutuhkan  masyarakat dan warga jemaat untuk kehidupan sehari-hari mereka seperti masker atau pun sembako. Namun ELCA terus memotivasi dan mendorong Departemen Diakonia untuk melanjutkan program dan rencana pelayanan yang telah dirancangkan oleh WCC Sopo Tabita yang sempat terhenti. Dukungan dan motivasi itulah yang mendorong Departemen Diakonia HKBP akhirnya memutuskan untuk melaunching program dan rencana WCC Sopo Tabita pada hari Kamis, 09 September 2021.

WCC Sopo Tabita akan menekankan pelayanan dan pendampingan pastoral bagi setiap orang yang membutuhkan melalui tatap muka (offline) dengan datang ke Kantor Sopo Tabita di Jl. Jend. Ahmad Yani no. 63 P. Siantar. Tdk hanya offline, pendampingan pastoral juga dilakukan secara virtual, video call, chatting, call (telepon), video, zoom. Kiranya kehadiran WCC Sopo Tabita benar-benar dapat memberikan kelegaan dan kesembuhan bagi setiap orang yang terluka karena kekerasan atau pelecehan yang mereka alami sebelumnya. Kiranya WCC Sopo Tabita menjadi rumah yang aman dan nyaman bagi setiap orang yang masuk ke dalamnya.

Pustaka Digital