Mantap! Ephorus HKBP Terpilih Menjadi Central Committee Dewan Gereja se-dunia

Jerman, HKBP.or.id - Berita baik bagi HKBP datang dari Sidang Raya Dewan Gereja se-Dunia atau World Council of Church (WCC). Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar terpilih menjadi satu dari 150 orang anggota Central Committee di Dewan Gereja se-Dunia.

Mengambil tema β€œChrist’s Love Moves the World to Reconciliation and Unity” (Kasih Kristus Menggerakkan Dunia untuk Perdamaian dan Kesatuan), Sidang Raya WCC digelar di Karlsruhe, Jerman pada 31 Agustus – 08 September 2022. Tema tersebut diharapkan mempengaruhi seluruh orang percaya dan seluruh penduduk dunia yang digerakkan oleh kasih Kristus mengupayakan perdamaian dan kesatuan dunia, dengan bekerja keras bersama tanpa henti di tengah dunia yang terbelah dan retak saat ini.


Mengacu kepada tema dan hasil-hasil sidang raya tersebutlah fungsi dan tugas dari Central Committee. Mereka bertanggungjawab untuk memutuskan, mengatur, juga mengerjakan mandat Sidang Raya WCC bagi 352 gereja anggota dengan total 596,3 juta jiwa umat di seluruh penjuru dunia.

Berita baik lainnya, mantan Ketua Umum PGI, Pdt. Dr. Henriette Hutabarat Lebang, turut terpilih sebagai Presiden WCC dari Wilayah Asia. 

Dalam mengikuti Sidang Raya ini, Ephorus HKBP bertugas di Komite Public Issue yang akan mengeluarkan pernyataan tentang isu publik dunia yang akan menjadi fokus pekerjaan WCC. Demikian halnya Pdt. Dr. Binsar Pakpahan (Komite Gereja dan Masyarakat), bertugas di Komite Nominasi yang menyeleksi para kandidat Presiden dan Anggota Central Committee WCC.


Turut menjadi delegasi mewakili HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga (Kepala Departemen Koinonia). Juga Ernisa Nainggolan dari HKBP Slipi (utusan pemuda) dan Dinar Simbolon dari HKBP Tebet (utusan perempuan) yang sebelumnya telah mengikuti seleksi pada tahun 2021 yang lalu. (SKE_JFS)


Foto: Bersama Central Committee dan Presiden asal Asian (Indonesia)


Foto: Delegasi Indonesia ke WCC