"Alai di Kristus do hamu, jala di Debata do anggo Kristus.

Tetapi kamu adalah milik Kristus dan Kristus adalah milik Allah."

1 Korint 3:23

Menjadi Berkat Melalui Pariwisata


Sosialisasi kepariwisataan yang terakhir di tahun ini sudah dilaksanakan di hari Selasa, 14/12/2021 di HKBP Lumban Bulbul Resort Balige. Kegiatan ini diikuti oleh HKBP Lumbanbulbul dan HKBP Lumban Silintong Resort Balige, dengan 100 orang peserta. Pdt. Anthony Manurung sebagai Pendeta Resort HKBP Balige dan juga mewakili Praeses Distrik XI Toba Hasundutan, menyatakan bahwa Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) merupakan berkat yang luar biasa bagi Danau Toba. Dibutuhkan edukasi, pendekatan budaya, dan kerjasama dengan berbagai pihak di dalam mewujudkan destinasi pariwisata yang lebih baik.



Dalam pembekalan, Pdt. Dr. Enig Aritonang dari biro pembinaan HKBP menyampaikan bahwa sapta pesona haruslah ditingkatkan. Keahlian dalam berbahasa asing juga harus menjadi keahlian yang utama untuk menyambut para pengunjung yang berasal dari manca negara. Beliau juga menyampaikan bahwa sosialisasi ini bukan hanya mengedukasi para jemaat perihal kepariwisataan, tetapi juga membekali para jemaat supaya tidak tergoda akan nilai-nilai sekuler. Bapak Mosando Tampubolon dan Bapak JP Sitorus juga menyampaikan berbagai informasi mengenai BPODT. Beliau menyampaikan tugas, kerjasama, dan memberikan keterangan mengenai potensi HKBP di dalam perkembangan program destinasi super prioritas Danau Toba. Bapak JP Sitorus di dalam pemaparannya juga mengajak para masyarakat untuk bangkit karena pariwisata harus dirasakan mulai dari sekarang, bukan hanya visioner ke depan. Menonjolkan budaya Batak juga merupakan hal yang penting, bukan hanya modernisasi, termasuk dengan pakaian dan juga kulinernya.




Di dalam diskusi, para warga jemaat menyampaikan pengalaman mereka mengenai destinasi pariwisata yang ada sekarang ini yaitu Pantai Bulbul dan Lumban Silintong. Mereka menyampaikan bahwa ada harapan melalui sosialisasi pariwisata ini, mereka semakin teredukasi, semakin sehati dan sepikir di dalam memajukan potensi-potensi pariwisata yang ada di daerah Lumban Bulbul dan Lumban Silintong. Sehingga wisata Pantai Bulbul bukan hanya ramai pada saat hari libur saja. Sehingga destinasi pariwisata yang ada sekarang ini memberikan banyak kontribusi kepada warga lokal terutama di dalam aspek ekonomi. Sehingga, aspek pariwisata pun dapat menjadi berkat bagi para warga sekitar, juga terhadap sumber daya alam yang ada di sekitaran Lumban Bulbul dan Lumban Silintong.

Pustaka Digital