Menkominfo Siap Bantu Pelayanan Digitalisasi Informatika HKBP


Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia memiliki visi cemerlang yaitu menjadikan masyarakat informasi Indonesia. Untuk mewujudkan visi itu banyak program yang dicanangkan Kemenkominfo di tahun 2021, seperti pelatihan  informatika dasar dan menengah, pendirian BTS di pedesaan yang penduduknya signifikan.


Program Kemenkominfo ini  sesuai dengan tahun pemberdayaan yang dicanangkan HKBP. Secara sigap, Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar melayangkan suratnya ke Menkominfo yang menyatakan bahwa HKBP bersedia menjadi mitra pemerintah mewujudkan visi   Kemenkominfo tersebut.


Mengetahui keseriusan HKBP dalam memberdayakan masyarakat di bidang digitalisasi informatika, Menkominfo, Jhonny G Plate, S.E., bersedia bertemu pimpinan HKBP. Pertemuan itu diadakan di kantor Kemenkominfo di Ops Room, Jln. Merdeka Barat, No. 9, Jakarta Pusat, pada Selasa (13/04/2021).


Dalam pertemuan itu, Ephorus menyampaikan beberapa hal yang mendukung program Kemenkominfo, antara lain, peningkatan kompetensi  warga HKBP bidang digital informatika, akses internet berbasis downlink satelit di kantor pusat HKBP, izin nasional Radio Bonafit Pearaja Tarutung. Ephorus juga meminta, agar Kemenkominfo dapat menjembatani pengadaan akses internet bagi warga HKBP yang tinggal di pedesaan dan izin TV Digital HKBP yang akan diadakan dalam kurun waktu ke depan ini.


Menkominfo mengawali responnya dengan menjelaskan  apa itu Kemenkominfo, lalu memberi tanggapan tentang  apa yang disampaikan Ephorus. Menkominfo menyatakan siap bantu pelayanan digitalisasi informatika HKBP. Diingatkan lagi oleh Jhonny G Plate, “Program ini jangan stop di rapat saja, tapi harus dibarengi kesiapan HKBP dalam melaksanakannya. Pada tahun 2021, Kemenkominfo akan melaksanakan pelatihan digitalisasi informatika dasar bagi 12.000.000 masyarakat Indonesia dan 100.000 orang tingkat menengah.”


Selain itu, Menkominfo akan membantu izin nasional Radio Bonafit dan membantu pengadaan  Pemancar Internet yang terhubung langsung ke satelit di Kantor Pusat HKBP, Pearaja Tarutung, Sumatera Utara.


Mengakhiri pertemuan dan saling memberi cendramata, Ephorus HKBP yang didampingi Praeses HKBP Distrik VIII DKI Jakarta, Pdt. Bernard Manik, M.Th, Kabiro TIK, Pdt. Fortunate SMM Siagian, Kabiro Pembinaan, Pdt. Dr. Enig S. Aritonang, jemaat HKBP Kebayoran Baru, Agus Petrus Simorangkir dan Sekhus Ephorus, Pdt. Janrio Siagian,  mengundang Menkominfo untuk   memberi kuliah umum di Universitas HKBP Nommensen, Sumatera Utara dan menjadi narasumber di Rapat Pendeta HKBP yang akan diadakan Oktober 2021 mendatang. (B-TIK)