"Dung i didok Jahowa ma tu si Josua: Unang ho mabiar, jala unang tahuton!

Kemudian berfirmanlah TUHAN kepada Yosua: "Janganlah takut dan janganlah tawar hati."

Josua 8:1a

Menteri BUMN Berkunjung ke Kantor Pusat HKBP & Lakukan MOU dengan HKBP

Menteri BUMN, H. Erick Thohir, BA, MBA datang berkunjung ke Kantor Pusat Pearaja Tarutung, Kamis (19/5/2022). Sebelumnya, Erick mengunjungi kegiatan Bazar UMKM HKBP di Perkampungan Pemuda HKBP Jetun Silangit dan progres pembangunan di sana.

Erick Thohir mengarahkan pelaku-pelaku UMKM. Pemerintah akan tetap berupaya membantu UMKM milik masyarakat melalui industri-industri di bawah naungan BUMN Republik Indonesia.


Setelahnya, Menteri BUMN bersama rombongan didampingi Sekretaris Jenderal, Pdt. Victor Tinambunan, MST dan Kepala Departemen Diakonia, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th menuju Pearaja Tarutung.

Rombongan Menteri disambut Ompu i Ephorus, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar, Kepala Departemen Marturia, Pdt. Daniel Taruli Asi Harahap, M.Th, Para Praeses, Kepala-kepala Biro, staf dan pegawai di depan Kantor Pusat HKBP.

Kegiatan kunjungan dilakukan di Gedung Raja Pontas Lumbantobing. Pdt. Victor mewakili Pimpinan memberi ucapan selamat datang. 

"Kehadiran Bapak Menteri merupakan sukacita bagi HKBP. Sukacita HKBP semakin bertambah, pertama, hampir di semua BUMN ada warga HKBP. Kedua, core values, BUMN sesuai dengan teologi HKBP. Nilai-nilai baik tersebut dapat menyebar dan dihidupi masyarakat Indonesia," ucap Pdt. Victor

Victor mengakhiri ucapan selamat datangnya dengan guyonan, "saya melihat database HKBP, bahwa ada ribuan warga HKBP bernama Erick." Guyonan tersebut disambut tawa dan tepuk tangan hadirin.


Tokoh masyarakat yang juga warga HKBP, R.E. Nainggolan menjelaskan Erick Thohir seorang pengusaha muda sukses yang rendah hati dan seorang menteri yang melakukan gebrakan baru yang membawa keuntungan besar bagi perusahaan milik negara dinaungi BUMN. 


Bupati Tapanuli Utara, Drs. Nikson Nababan, M. Si mengaku sebagai bupati fokus menguatkan desa-desa, peningkatan hasil pertanian masyarakat, bidang pendidikan, dan kesehatan. Kiranya CSR dari BUMN dapat diperuntukkan bagi peningkatan fasilitas di bidang pertanian, pendidikan, dan kesehatan, mohon Nikson Nababan. 

Erick Thohir, menyebut perbedaan menjadi kekuatan sebuah bangsa. Banyak pengamat berpendapat suatu saat Indonesia akan terpecah. 

"Sekalipun banyak perbedaan dan persoalan, Indonesia membuktikan dirinya tidak terpecah, bahkan saat ini, ekonomi Indonesia naik 5 %," tegas Erick Thohir.


BUMN memiliki program makmur yang diperuntukkan bagi kaum tani Indonesia. Bank milik negara, seperti BRI, Mandiri, BNI, dan lainnya akan membantu pertanian dan UMKM masyarakat. Ekosistem ekonomi harus dibangun bersama-sama. Ekonomi tanpa kerukunan tidak akan pernah berkembang dan maju," jelas Erick. 

Ompu i Ephorus, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar mengaku informasi yang diberikan Menteri BUMN sangat komprehensif dan cukup istimewa bagi HKBP.


"HKBP akan mendoakan Bapak dalam melakukan tugas-tugas mendampingi Presiden dan sukses memimpin BUMN Republik Indonesia," tegas Ephorus. 

Ompu i Ephorus berkata, "HKBP juga bersukacita karena BUMN melalui Bapak Menteri bekerjasama untuk mengembangkan Badan Usaha Milik HKBP."

Penandatanganan nota kesapahaman kerjasama (Mou) dilakukan Ephorus dan Menteri BUMN.



Pertanda terima kasih HKBP, Ephorus mangulosi dan memberi cinderamata berupa plakat dan miniatur rumah adat Batak.

Tampak hadir juga kunjungan menteri itu, Bupati Dairi, Ketua DPRD Tapanuli Utara, Manajer perwakilan BRI Cabang Tarutung, perwakilan BNI, Mandiri, dan BUMN lainnya (B-TIK).