Menuju Perayaan Jubileum 125 Tahun Zending HKBP, Webinar In Memory of Missionaries: Mission is Possible Dilaksanakan

Menghitung hari menuju perayaan puncak Jubileum 125 Tahun Zending HKBP pada 30 Juni 2024 mendatang, salah satu program kegiataan yang telah dirancang oleh Panitia Jubileum untuk dilaksanakan ialah kegiatan webinar. Kegiatan yang berjudul In Memory of Missionaries: Mission is Possible telah berlangsung pada Senin (24/6) secara daring.


Webinar yang dimulai pukul 14.00 hingga 17.00 WIB tersebut dihadiri oleh 120 peserta dari total 190 peserta yang telah mendaftarkan diri. Kegiatan ini dipimpin oleh Pdt. Dr. Jhon Kristo Naibaho dan Pdt. Freddy Limbong, M.Th., sebagai moderator. Pdt. Daniel TA Harahap, M.Th mewakili pimpinan HKBP juga hadir dan membuka kegiatan ini dalam kata sambutan. Dengan menghadirkan tiga orang pemateri yakni Pdt. Dr. Benny Sinaga, Ketua Sekolah Tinggi Bibelvrouw HKBP, Pdt. Hotman Nababan, Kepala Biro Zending HKBP dan Pdt. Dr. Andar Pasaribu, Sekretaris Jenderal UEM, kegiatan berlangsung dengan penuh antusias.

Setelah Pdt. Daniel Harahap membuka dengan kata sambutan, materi pertama dalam webinar ini disampaikan oleh Pdt. Dr. Benny Sinaga. Pdt. Benny membuka wawasan peserta dengan menjelaskan kajian biblika tema Jubileum 125 Tahun Zending HKBP yang didasarkan pada surat 2 Korintus 3:3. Dalam kesempatan itu Pdt. Benny menekankan pentingnya untuk melakukan pemberitaan Injil sebab, "Orang Kristen adalah orang-orang yang dipanggil dan dikuduskan oleh Allah kepada suatu tugas pemberitaan Injil, dan ini adalah perintah." 

Materi kemudian dilanjutkan dengan pemaparan oleh Pdt. Hotman Nababan yang menjelaskan tentang pelayanan Biro Zending HKBP saat ini serta perkembangan ke depan, sedangkan narasumber terakhir dalam webinar ini yakni Pdt. Dr. Andar Pasaribu memaparkan materi mengenai perspektif UEM sebagai ibu yang melahirkan HKBP dan betapa pentingnya tugas bermisi untuk terus dilakukan oleh HKBP saat ini dan ke depannya. Pdt. Andar menutup pemaparannya dengan mengatakan, "Jangan kembali ke belakang dalam bermisi, jangan hanya melihat diri kita sendiri yang harus diinjili, teroboslah hingga ke benua-benua lainnya karena hanya dengan demikianlah kita dapat membayar utang misi kita karena HKBP dilahirkan dan dibesarkan oleh misi yang holistik, inklusif serta lintas bangsa."


Webinar yang berlangsung hingga tiga jam ini berjalan dengan penuh antusias di mana para peserta webinar banyak terlibat dalam proses diskusi, memberikan pertanyaan dan masukan kepada para narasumber dan kepada HKBP. Sebelum berakhir, narasumber dan para peserta menyempatkan diri untuk berfoto bersama secara daring. Webinar ditutup dalam doa yang dipimpin oleh Pdt. Dr. Jhon Kristo Naibaho. (B.TIK)


Pustaka Digital