Minggu Advent III Di HKBP Dame Saitnihuta

Minggu, 12 Desember 2021, jemaat gereja HKBP Dame Saitnihuta bersukacita merayakan Minggu Advent III. Jemaat HKBP Dame Saitnihuta adalah jemaat HKBP pertama yang berdiri sejak zaman Pdt. Dr. I. L. Nommensen, Ephorus pertama HKBP. Jemaat yang berdiri sejak 29 Mei 1864 sekarang dilayani oleh Pdt. Seventriani Simanjuntak. Jumlah jemaat yang dilayani sekitar 81 Kepala keluarga.



Pada kesempatan ini, Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga melayani Ibadah Minggu bersama dengan Pendeta Resort HKBP Dame, Pdt. Seventriani Simanjuntak. Dalam khotbahnya, Pdt. Dr. Deonal Sinaga mengajak seluruh jemaat untuk hidup bersukacita. Berdasarkan nats khotbah Zefanya 3:14-20, jemaat diyakinkan bahwa sekali pun kesulitan dan kesusahan datang bertubi-tubi, ancaman dan penderitaan datang silih berganti, termasuk akibat pandemi Covid-19, Tuhan selalu beserta kita. “Jika Tuhan ada di pihak kita, apakah yang perlu kita takutkan?”, ujar pendeta Sinaga.

“Bersorak-sorailah hai puteri Sion, bersorak-soraklah, hai Israel! Bersukacitalah dan beria-rialah dengan segenap hati, hai puteri Yerusalem!” umat yang mau bertobat dan merendahkan diri di hadapan Tuhan ialah mereka yang akan bersorak-sorai dan bersukacita.

Lebih lanjut, di dalam khotbahnya Pdt. Dr. Deonal Sinaga menyatakan bahwa Firman Tuhanlah yang meyakinkan kita untuk tidak khawatir ataupun takut. “Berdirilah teguh, dengan kepala tegak, tersenyum dan bersemangatlah dalam menghadapi realitas apa pun di dalam hidup di dunia ini.”

Pdt. Dr. Deonal Sinaga bersukacita dalam perjumpaannya dengan jemaat HKBP Dame Saitnihuta. Mengutip pernyataan beliau, “Sebab Injil bersinar dan menyebar ke berbagai penjuru dunia berawal dari gereja Dame ini.” (DK-AAS)




Pustaka Digital