"Ai Ahu do donganmu,” ninna Jahowa, “laho paluahon ho; ai sun siap do bahenonHu saluhut bangso parbegu haambolonganmu na Hubahen i na sai laon, alai anggo ho ndang siap bahenonHu; ingkon pinsangonHu do ho nian hombar tu uhum, jala ndang tarbahen so toruanHu ho.

Sebab Aku menyertai engkau, demikianlah firman TUHAN, untuk menyelamatkan engkau: segala bangsa yang ke antaranya engkau Kuserahkan akan Kuhabiskan, tetapi engkau ini tidak akan Kuhabiskan. Aku akan menghajar engkau menurut hukum, tetapi Aku sama sekali tidak memandang engkau tak bersalah."

Jeremia 30:11

Minggu I Setelah Ephiphanias di HKBP Bethesda Sitakka

Minggu, 09 Januari 2022, Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, melayankan khotbah di HKBP Bethesda Sitakka, Resort Pearaja, Distrik II Silindung. Kebaktian dimulai pukul 10.30 WIB dan hanya satu kali kebaktian.


Kepala Departemen Koinonia tiba di lokasi gereja pukul 10.15 WIB dan disambut hangat para warga jemaat yang sudah terlebih dahulu tiba gereja. Impresi pertama begitu tiba di lokasi gereja adalah kagum dengan keasrian dan kebersihan kompleks gedung gereja. Seperti suasana pedesaan pada umumnya, kolam ikan dan pekarangan rumah yang khas mengitari kompleks gedung gereja, terlihat bersih dan rapi.

HKBP Bethesda Sitakka merupakan jemaat filial dari HKBP Resort Pearaja, berjarak 2 km dari kompleks Pearaja. Jumlah anggota jemaatnya 56 KK atau sekitar 256 jiwa, yang pada umumnya berprofesi sebagai petani. Jemaat ini dilayani oleh Cal. Pdt. Haposan Sinaga, S.Th., M.A., 4 orang sintua, dan 2 orang calon sintua. Situasi kehidupan yang sulit akibat pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat warga jemaat, justru mereka tetap aktif dan bersemangat. Hal itu terlihat dari kehadiran beribadah, kualitas nyanyian paduan suara yang diperdengarkan, dan berbagai kegiatan gerejawi lainnya.



“Dengan penyataan diri Allah (Ephipanias) ini, kepada kita terbuka kesempatan untuk hidup dalam kekayaan kasih karunia dan kemuliaan Allah, hidup dalam kebenaran, hidup dalam kelimpahan (fulness of life for all). Dengan kebenaran ini, kita dapat melihat kemuliaan Allah dan merasakan damai sejahtera sebagaimana suara bala tentara sorgawi, “Kemuliaan bagi Allah di tempat yang maha tinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya,” Ujar Pdt. Sinaga dalam khotbahnya. Kebaktian usai pukul 11.50 WIB dan dengan senang hati para parhalado berfoto bersama dengan Kepala Departemen Koinonia HKBP.

(DK-NXC)



Pustaka Digital