Minggu II Setelah Trinitatis di HKBP Hutagurgur Partangga, Resort Sipoholon, Distrik II Silindung

Minggu, 09 Juni 2024, Kepala Departemen Koinonia HKBP melayankan khotbah Minggu II Setelah Trinitatis di HKBP HUtagurgur Partangga, Resort Sipoholon, Distrik II Silindung. Kebaktian dimulai pada pukul 10.30 WIB. St. D. br. Hutauruk melayani sebagai liturgis. Dalam kebaktian berkumandang empat nyanyian yang dari paduan suara Ina Agave, Ina Kamis, Remaja-Naposobulung, dan Kategorial Ama. 



Dalam khotbahnya, Pdt. Deonal Sinaga menyampaikan, “Satu pembelajaran yang sangat berharga dari Firman Tuhan hari ini, yakni bahwa bagaimana pun umat Israel itu, mereka tetaplah umat Tuhan. Tuhan telah memilih dan menetapkan mereka sebagai umat-Nya, kenyataan historis yang terus menjadi perdebatan sepanjang sejarah. Tidak boleh disangkal bahwa perjanjian antara Allah dengan umat itu tetap berlaku. Sesungguhnya mereka adalah umat Tuhan. Sebagai hamba Tuhan, sebagaimana topik Minggu ini “Tuhan menguatkan hambanya,” itu adalah kebenaran. Hamba Tuhan adalah hamba Tuhan. Dialah yang memilih dan menetapkan setiap hamba-Nya. Umat itu tidak berhak menghakimi mereka. Penghakiman ada di tangan Tuhan. Langkah umat itu menghakimi anak-anak Samuel benar-benar menyakitkan hati Tuhan. “Akulah yang mereka tolak,” demikian Firman Tuhan.  Maka Kabar baik dan berita sukacita bagi setiap orang beriman hari ini adalah: betapa kasih Allah bagi kita. Dia telah memberikan yang paling berharga yang Dia miliki demi saudara dan saya. ‘Apakah masih ada yang Tuhan tidak berikan atau akan berikan kepada kita?” Kebenaran ini kiranya menyadarkan dan menggerakkan kita untuk dengan hati yang penuh syukur, merespond panggilan Tuhan kepada kita untuk hidup sesuai dengan kasih dan anugerah-Nya.


Jemaat HKBP Hutagurgur Partangga adalah jemaat filial dari Resort Sipoholon. Saat ini dimpinpin oleh Pdt. Irma E. Purba, S.Th. Jumlah anggota jemaatnya sekitar 210 KK atau sekitar 1.050 jiwa. Jemaat ini dilayani 12 orang sintua (tiga orang diantaranya adalah perempuan), dibagi ke dalam enam lingkungan (Lumbang Baringin, Banjar Baru, Simpang Partangga, Hutagurgur Pea, Lumban Samosir, Hutagurgur, dan Parserahan). Jumlah Sekolah Minggu yang datang kebaktian setiap hari Minggu sekitar 80-90 orang, yang dilayani tujuh orang Guru Sekolah Minggu (satu orang diantaranya adalah lakit-laki). Sedangkan jumlah pengunjung kebaktian Minggu sekitar 250 orang. 


Jemaat ini berdiri sejak tahun 1965 dan di masa lalu merupakan jemaat filial HKBP Resort Sipoholon II. Tetapi sejak rekonsiliasi atas konflik 1992-1998 menjadi bagian dari Resort Sipoholon. Menurut penuturan Pdt. Irma Purba sebagai pimpinan jemaat yang sudah melayani sekitar 2 tahunan di gereja ini, hal yang menarik dari jemaat ini adalah hospitalitas warga jemaat yang baik, pada umumnya tidak susah untuk dilayani, para warga jemaat selalu menjaga keutuhan persekutuan dan menghindari konflik walaupun kadang ada perbendaan pendapat, padahal warga jemaatnya heterogen. Seusai kebaktian, Kepala Departemen Koinonia HKBP berfoto bersama para warga jemaat. (DK-NXC)


Pustaka Digital