Minggu ke-XI Setelah Trinitatis di HKBP Immanuel Hausisadasada, Resort Pagar Beringin, Distrik II Silindung




Minggu, 28 Agustus 2022, Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga melayankan khotbah pada kebaktian Minggu ke XI Setelah Trinitatis di HKBP Immanuel Hausisadasada, Resort Pagar Beringin, Distrik II Silindung. Gereja ini merupakan satu-satunya jemaat filial dari Resort Pagar Beringin. Jemaat ini berada di Desa Hutaraja Hasundutan, Kecamatan Sipoholon. Kebaktian berlangsung pukul 10.00 WIB. Liturgis dipimpin oleh St. P. Simanjuntak. Jemaat ini dipimpin oleh St. Sabar Simanullang, S.Pd. Jumlah jemaatnya sekitar 55 KK dan dilayani oleh 14 orang sintua, dan 4 diantaranya adalah sintua ina.






Dalam khotbahnya Pdt. Deonal Sinaga mengatakan, salah satu pengajaran fundamental yang diberikan Yesus termaktub dalam kata-kata-Nya yang telah melegenda, β€œSetiap orang yang mau mengikuti Aku, ia harus menyangkal diri, memikul salibnya, dan mengikuti Aku.”


Pemuridan itu bukanlah sesuatu yang menyenangkan. Yesus tidak pernah memberikan janji-janji menggiurkan yang membuat orang tergoda dan tertarik untuk mengikut Dia. Yesus tidak mau kepalsuan dan kepura-puraan. Yesus ingin berterus-terang, bahwa mengikuti Dia itu membutuhkan mentalitas yang tangguh. Lebih baik pahit dari awal, tapi manis di akhir. Yesus menginginkan pengikut-Nya tahu dan bersedia sejak awal untuk pertama-tama menyangkal diri. Penyangkalan diri itu menjadi pra-syarat mengikuti Yesus. Orang yang masih terikat dan bergantung pada ego dan pementingan diri sendiri tidak layak mengikuti Dia. Orang yang masih ingin kehormatan dan haus untuk memuaskan diri sendiri, tidak layak mengikuti Yesus. Jadi, dia harus menaklukkan diri sendiri dan bersedia untuk takluk kepada Kristus.

Seusai kebaktian minggu berlangsung, para parhalado berfoto bersama dengan Kepala Departemen Koinonia HKBP. (DK-NXC)