"Ai Ahu do donganmu,” ninna Jahowa, “laho paluahon ho; ai sun siap do bahenonHu saluhut bangso parbegu haambolonganmu na Hubahen i na sai laon, alai anggo ho ndang siap bahenonHu; ingkon pinsangonHu do ho nian hombar tu uhum, jala ndang tarbahen so toruanHu ho.

Sebab Aku menyertai engkau, demikianlah firman TUHAN, untuk menyelamatkan engkau: segala bangsa yang ke antaranya engkau Kuserahkan akan Kuhabiskan, tetapi engkau ini tidak akan Kuhabiskan. Aku akan menghajar engkau menurut hukum, tetapi Aku sama sekali tidak memandang engkau tak bersalah."

Jeremia 30:11

Minggu Misericordias Domini di HKBP Sileang, Resort Sileang, Distrik III Humbang

Minggu, 01 Mei 2022, Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, melayankan khotbah di HKBP Sileang, Resort Sileang, Distrik III Humbang. Kebaktian dimulai pukul 10.00 WIB. Pendeta resort, Pdt. Heri Setiawan Berutu, S.Th., memimpin kebaktian sebagai liturgis. Jumlah jemaat yang hadir di gereja pada kebaktian Minggu Misericordias Domini ini sekitar 500 orang, jemaat dengan antusias mengikuti kebaktian. Ada 5 kelompok paduan suara yang menyemarakkan kebaktian. Paduan suara kategorial remaja, kategorial naposobulung, dua kelompok paduan suara ama, dan satu kelompok paduan suara ina.



Pdt. Deonal Sinaga mengawali khotbahnya dengan mengajukan pertanyaan, “Apakah benar bumi ini penuh dengan kasih setia Tuhan? Jika bumi ini penuh dengan kasih karunia Tuhan, mengapa masih banyak penderitaan, penyakit, kesusahan, kebencian, permusuhan hingga peperangan yang berkecamuk seperti yang terjadi saat ini di Ukraina? Apakah kata-kata ‘Bumi ini ini penuh kasih setia Tuhan’ tidak berlebihan atau bahkan aneh bagi seorang anak yang setiap hari menyaksikan kekerasan, pembunuhan, ledakan bom di kota Mariupol?”

Lalu di bagian penjelasan berikutnya, beliau menyampaikan, hari ini kita diingatkan melalui pengalaman raja Daud bahwa bumi ini penuh dengan kasih setia Tuhan. Sekali pun kehidupan kita jauh dari sempurna, namun bumi penuh dengan kasih setia Tuhan. Sekali pun penderitaan, kesusahan, penyakit, pandemi Covid-19, perang, dan beragam macam kejahatan masih nyata dan mengancam kehidupan, namun bumi ini penuh dengan kasih setia Tuhan. Kasih setia Tuhan memenuhi bumi ini, setiap sudut bumi ini, bukan sebagian, tetapi seluruhnya. Bukan hanya ketika cuaca baik dan nyaman, dan bukan hanya ketika semuanya baik-baik saja. Kasih setia Tuhan memenuhi bumi dalam segala kondisi dan di setiap situasi. Kasih setia Tuhan itu tidak terbatas. God’s unfailing love is unconditional and without limit.


Selesai kebaktian, Pdt. Deonal Sinaga, memberikan motivasi kepada para parhalado di ruang konsistori agar mereka senantiasa bergembira melayani jemaat, terutama dalam rangka memfinalisasi pembangungan gedung gereja mereka yang telah berlangsung lebih dari 4 tahun terakhir ini. Pdt. Deonal Sinaga juga dalam kesempatan ini menyampaikan salam dari seluruh pimpinan HKBP di Pearaja.

Jumlah jemaat HKBP Sileang sekitar 260 KK, dilayani satu orang pendeta, 15 orang sintua, dan 5 orang calon sintua. Usia jemaat ini sudah mencapai 115 tahun. Pada tahun 2007 diresmikan menjadi resort bersamaan dengan perayaan Jubileum 100 Tahun. Tidak memiliki jemaat filial dan warga jemaat umumnya adalah petani palawija. DK-NXC


Pustaka Digital