"Antong bolongkon hamu ma nasa hajahaton dohot nasa angkal dohot pangiburuon nang panihaion.

Karena itu buanglah segala kejahatan, segala tipu muslihat dan segala macam kemunafikan, kedengkian dan fitnah."

1 Petrus 2:1

MINGGU PENTAKOSTA II DI HKBP SIPINTUPINTU, RESORT POHAN JULU PARIK SABUNGAN, DISTRIK XVI HUMBANG HABINSARAN

Senin, 06 Juni 2022, Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, melayankan khotbah di HKBP Sipintupintu, Resort Pohan Julu Parik Sabungan, Distrik XVI Humbang Habinsaran pada pukul 10.30 WIB. Jumlah pengunjung gereja pada perayaan Pentakosta II ini sekitar 90-an orang. Memang seperti biasanya, pengunjung kebaktian pada perayaan pesta ke-II selalu lebih sedikit, selain karena bukan merupakan libur nasional, juga para warga jemaat yang bekerja di kantor pemerintahan sudah harus masuk kerja di kantor. Namun jumlah pengunjung jemaat ini tidak mengurangi semangat dan sukacita kebaktian Pesta Pentakosta II di HKBP Sipintupintu.



Para pelayan kebaktian Minggu prosesi dari ruang konsistori memasuki gedung gereja.

 

HKBP Sipintupintu dipimpin oleh Pdt. Manatar David Naibaho, S.Th., dan dilayani 9 orang sintua (2 orang diantaranya sintua perempuan). Jumlah anggota jemaat gereja ini ada sekitar 120-130 KK yang terbagi ke dalam 4 lunggu. Sejak bulan Februari 2022 yang lalu, Pdt. Manatar Naibaho menginisiasi kebaktian sore pukul 17.00 WIB untuk mengakomodasi para warga jemaat yang bekerja di bandara internasional Silangit, para pegawai hotel yang ada di sekitar bandara, juga para warga yang menginginkan kebaktian sore. Awalnya kebaktian sore pertama sekali dihadiri 12 orang, dan belakangan pengunjung gereja pada kebaktian sore bisa mencapai 80-100 orang.



Gedung gereja HKBP Sipintupintu dengan latar belakang langit yang cerah.

 

Jemaat HKBP Sipintupintu akan berusia 50 tahun pada tahun 2023. Pekarangan gereja sangat asri dan bersih. Terdapat satu unit rumah pastori, dan satu unit bekas rumah pastori yang sekarang dijadikan ruang konsistori. Gedung gereja tidak terlalu besar, tapi mampu menampung 300 seat yang terdiri dari 3 lajur bangku yang disusun dengan rapi. Selain itu terdapat lahan milik gereja yang sangat produktif dan cukup luas di belakang gedung gereja. Lahan ini dimanfaatkan pendeta untuk menanam jagung dan hasilnya cukup besar sebagai income


Suasana kebaktian di dalam gedung gereja.

Pdt. Deonal Sinaga mengapresiasi kehadiran warga jemaat yang datang merayakan Pesta Pentakosta II, karena mereka sangat antusias beribadah. Semangat bernyanyi selama kebaktian tidak lepas dari permainan musik Pdt. David Hutasoit, yang melayani di Bekasi, berketepatan sedang pulang kampung dan menyempatkan diri melayani sebagai pemusik dengan kepiawaiannya memainkan alat musik keyboard. 

Paduan Suara Kategorial Perempuan mengumandangkan lagu pujian


Seusai kebaktian, Kepala Departemen Koinonia memberikan motivasi kepada seluruh parhalado yang hadir di gereja. Menyampaikan pesan-pesan pastoral, dan membagikan informasi terkait dengan kegiatan Kantor Pusat secara khusus di bidang Koinonia. Kunjungan pastoral ini diakhiri dengan makan siang bersama di rumah pastori dan foto bersama. (DK-NXC)



Acara ramah-tamah seluruh parhalado di rumah pastori


Sebagian besar warga jemaat yang hadir pada kebaktian Pentakosta II berfoto bersama Kepala Departemen Koinonia HKBP.




Sebelum berpisah, seluruh parhalado berfoto bersama di depan rumah pastori dengan latar belakang hamparan ladang jagung yang dikelola Pdt. Manatar David G.B. Naibaho, S.Th.