"Asa tung ditanda hamu, Ahu do Jahowa, ia dung Hubahen tu hamu hombar tu goarHu, ndada hombar tu dalanmuna angka na jahat i, jala ndada hombar tu pambahenanmuna angka na busuk i, hamu ale pinompar ni Israel, ninna Tuhan Jahowa.

Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, pada masa Aku, oleh karena nama-Ku, tidak memperlakukan kamu selaras dengan tingkah lakumu yang jahat dan yang busuk, hai kaum Israel, demikianlah firman Tuhan ALLAH."

Hesekiel 20: 44

OMPU I EPHORUS HKBP PIMPIN SERAH TERIMA JABATAN PRAESES HKBP DISTRIK XXII RIAU

Pekanbaru 15 Desember 2018 bertempat di Kantor HKBP Distrik XXII Riau diadakan Serah  Terima Jabatan Praeses HKBP Distrik XXII Riau dari Pdt. Robert Silaban, M.Th kepada Pdt. Mangantar Tambunan, M.Th yang dipimpin oleh Ompu i Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing. Praeses Pdt. Robert Silaban, M.Th dari jabatan Praeses HKBP Distrik XXII Riau menjadi Praeses HKBP Distrik XXVI Labuhan Batu (telah diojakhon Minggu 9 Desember 2018). Sementara Praeses Pdt. Mangantar Tambunan, M.Th sebelumnya yang menjabat Praeses HKBP Distrik IV Toba akan dilantik menjadi Praeses HKBP Distrik XXII Riau.

[caption id="attachment_9404" align="alignnone" width="720"] Ompu i Ephorus HKBP menandatangani Berita Acara Serah Terima Jabatan Praeses[/caption]

Proses serah terima ini didahului dengan audit oleh Team Verfikasi dari Kantor Pusat HKBP yang didampingi oleh team audit Distrik Riau sejak kemarin. Adapun team Verifikasi dari Kantor Pusat diantaranya Pdt. Robert Soni Hutapea, S.Th, Pdt. Sobok Simanjuntak, S.Th, MM dan Pdt. Tommi Tampubolon, S.Th. Turut hadir juga dalam proses audit tersebut Kepala Bidang Koinonia Distrik Riau Pdt. Mangandar P. Sinaga, M.Th dan Bendaraha Distrik Jannes Silitonga, SE.

[caption id="attachment_9391" align="alignnone" width="720"] Tampak dari kiri Praeses Pdt. Mangantar Tambunan, M.Th, Ompu i Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing, dan Praeses Pdt. Robert Silaban, M.Th[/caption]

Acara tersebut dipandu Pdt. Julianus Sitorus, S.Th ini berlangsung lancar sukacita, yang juga dihadiri Pdt. Lewis Sitompul, M.Th, Pdt. Marudut Siahaan, S.Th, Pdt. Lamhot Silalahi, S.Th, dan staff Pdt. Alter P. Siahaan. Selaku Team Verifikasi Pdt. Sobok Simanjuntak, S.Th , MM mengatakan telah melaksanakan audit dengan baik untuk seluruh keuangan distrik Riau ini. Ada pesan khusus kepada distrik, selain diharapkan segera menyelesaikan tanggung – jawab ke pusat misalnya Dana Pensiun dan Sopo Nommensen HKBP, distrik juga diharapkan agar mengajak seluruh ressort yang langsung menyetor ke pusat tetap memberikan laporan kepada distrik agar tetap ada administrasi yang jelas di distrik ini.

Praeses Pdt. Robert Silaban menyampaikan sambutan atas hasil verifikasi yang telah terlaksana. Awalnya Pelantikan Praeses Distrik Riau ini direncanakan tanggal 23 Desember 2018 tetapi terjadi perubahan menjadi tanggal 16 Desember 2018 ini. Yang seyogyanya Ompu i Ephorus khusus hadir akan melayani Pesta Puncak Distrik Riau tanggal 16 Desember 2018 tetapi ada pemikiran baik supaya sekaligus digabung dengan acara Pesta Puncak Pelayanan Distrik dengan Pelantikan Praeses Distrik Riau ini di tanggal 16 Desember ini, dan kami siap melaksanakan dan mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan.

[caption id="attachment_9392" align="alignnone" width="720"] Pdt. Lewis Sitompul, M.Th sebagai perwakilan MPSD menandatangani berita serah terima[/caption]

Selain itu, Praeses juga menanggapi perihal setoran dari ressort yang langsung ke pusat. memang sesuai dengan setoran ressort - ressort yang langsung ke pusat ini menjadi pergumulan distrik karena sulit untuk dikontrol, tidak adanya laporan ke distrik. Selain itu ada banyak masalah - masalah huria termasuk ressort di wilayah zending, yang menguras pikiran dan tenaga kami, bahkan terkadang kami kurang tidur karena di perjalanan panjang. Demikian dengan Dana Pensiun, sesungguhnya sudah ditargetkan setoran untuk tahun 2018 ini harus diselesaikan, salah satu upaya dengan adanya pesta puncak pelayanan distrik tahun 2018 ini. Tentang Sinode Distrik Riau, sinode berjalan dengan baik dan telah menghasilkan keputusan - keputusan untuk tahun 2019 ke depan, kata Praeses Pdt. Robert Silaban, M.Th.

Praeses Pdt. Mangantar Tambunan juga memberikan sambutan atas hasil verifikasi distrik tersebut. Ini kedua kalinya kami mengalami peristiwa yang sama seperti ini, 2 tahun yang lalu ketika menjadi Praeses di Distrik Toba, dan kini terjadi kembali di Distrik Riau ini dalam rangka rotasi. Saya memahami yang terjadi kali ini adalah rotasi bukan mengganti, jadi pelayanan yang sudah ada akan diteruskan dan semakin baik kita upayakan secara bersama – sama. Kalau data masuk ke naskah serah terima ini, maka naskah ini juga bisa diperbincangkan kembali dengan baik. Demikian dari kerja team audit kami tetap berharap bisa berkomunikasi meklarifikasi dokumen ini. Saya memang harus kembali mempelajari dan memahami dokumen serah terima ini dan konteks pelayanan di distrik ini, kata Praeses Pdt. Mangantar Tambunan. Beliau juga menyampaikan harapan kerjasama pelayanan baik MPSD, MPS, dan Kabid. Secara khusus Praeses menyampaikan terimakasih atas kesediaan Ompu i Ephorus berkenan hadir dan memimpin acara tersebut sekaligus mengharapkan arahan dan bimbingan dari Ompu i Ephorus.

[caption id="attachment_9393" align="alignnone" width="720"] Praeses Pdt. Robert Silaban, M.Th menandatangani Berita Serah Terima Jabatan Praeses HKBP Distrik XXII Riau[/caption]

Dilanjut dengan pembacaan berita acara serah terima jabatan Praeses oleh team verifikasi dari Kantor Pusat HKBP, kemudian kedua Praeses memberi dan menerima dokumen serah terima lengkap dengan stempel dilanjut dengan berjabat tangan yang disaksikan oleh Ompu i Ephorus HKBP.

Ompu i Ephorus dalam bimbingannya menyampaikan perihal rotasi Praeses yang sedang berlangsung. Rotasi ini kami pahami sebagai tour of duty. Sempat Ompu i menyampaikan di rapat Praeses, silahkan menyampaikan permohonan dan berbicara satu sama lain, kami akan menampung dan itu menjadi pertimbangan. Kami berharap rotasi ini bukan dipahami sebagai penghakiman karena kami terbuka menerima permohonan maupun masukan. Rotasi juga diharapkan meningkatkan pelayanan, dan itu harus dipahami seluruh pelayan HKBP. Bila ada yang meneruskan pelayanan dalam posisi kita saat ini, tentu harapan akan lebih baik dari kita. Hendaknya tidak saling melemahkan bahkan memburuk - burukkan tetapi saling menopang pelayanan.

[caption id="attachment_9394" align="alignnone" width="720"] Pdt. Robert Soni Hutapea, S.Th bersama Pdt. Julianus Sitorus, S.Th menandatangani berita serah terima[/caption]

Kami melihat proses ini disambut positif oleh seluruh Praeses HKBP. Walaupun awalnya cukup sulit menerima, itu mungkin saja, tetapi akhirnya bisa dilaksanakan dengan baik. Saya yakin dengan bantuan MPSD, MPS, Kabid, dan perangkat lainnya, pelayanan bisa berjalan dengan baik dan lebih baik lagi, kata Ompu i Ephorus. Selain itu Ompu i juga menyampaikan terima kasih kepada Praeses Pdt. Robert Silaban atas pelayanannya di Distrik Riau ini, sekaligus menyampaikan harapan kepada Praeses Pdt. Mangantar Tambunan agar memberikan pelayanan yang lebih baik di Distrik Riau ini.

Acara serah terima ini diakhiri dengan doa yang dipimpin Pdt. Robert Soni Hutapea, S.Th. // Pdt Alter P Siahaan, STh

[caption id="attachment_9395" align="alignnone" width="720"] Tampak : Pdt. Tommi Tampubolon mempersiapkan dokumen serah terima untuk ditandatangani Praeses Pdt. Robert Silaban, M.Th dan Bendahara Distrik Jannes Silitonga, SE[/caption][caption id="attachment_9396" align="alignnone" width="720"] Tampak Team Verifikasi dari Kantor Pusat Menandatangani Hasil Audit[/caption][caption id="attachment_9397" align="alignnone" width="720"] Pdt. Sobok Simanjuntak, S.Th, MM memberikan keterangan hasil audit[/caption]

 

 

 

 

comments

Leave a Reply

Pustaka Digital