Ompu i Ephorus Kunjungi HKBP Ebenezer Sisoma Distrik I Tabagsel-Sumbar

Jemaat dan majelis HKBP Sisoma sangat antusias menyambut kedatangan Ompu i Ephorus, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar bersama Ibu Srimiati Simatupang dan didampingi Praeses HKBP Distrik I Tabagsel-Sumbar, Pdt. Ebsan Hutabarat, M.Th, Minggu (19/5/2024). Kegiatan ini didasari kerinduan Ephorus mengunjungi jemaat kecil di daerah pedesaan dan keberhasilan Pendeta HKBP Resort Sisoma, Pdt. Heince Simanjuntak, S.Th, MM menggerakkan jemaat merenovasi kompleks (pargodungan) gereja.




HKBP Ebenezer Sisoma terletak di Desa Sisoma, Kecamatan Tano Tombangan, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara. Jemaat HKBP Sisoma berjumlah 126 Kepala Keluarga.


Saat prosesi menuju gereja tampak hadir dalam barisan Kapolres Tapanuli Selatan, AKBP Yaris Ahmadi mendampingi Ompu i Ephorus dan Praeses serta diiringi musik  rebana Kasia yang dibawakan oleh kaum ibu muslimah. Keterlibatan kaum muslim dalam menyambut dan mengiringi prosesi Ompu i Ephorus bersama rombongan menunjukkan peran masyarakat dan HKBP memelihara kerukunan antar umat beragama di bumi Tapanuli Selatan.




Acara kegiatan dirangkai dengan peresmian pargodungan, peletakan Batu Pertama gedung Sopo Partungkuoan. Biaya pembangunan gedung  Sopo Partungkuoan diupayakan oleh Ompu i Ephorus melalui Fund Rising. 



"Biaya pembangunan Sopo Partungkuoan HKBP Sisoma telah terkumpul sebanyak Rp. 92.500.000," sebut Ephorus. 



Pemberitahuan ini disambut warga HKBP Sisoma dengan keriuhan tepuk tangan dan wajah bersukacita.


Dalam khotbahnya, Ompu i Ephorus menegaskan bahwa Roh Kudus mengajari dan  menggerakkan banyak orang  menerima Yesus Kristus serta memampukan umat percaya melakukan yang baik atau hidup  dalam buah-buah Roh. 


Bukan hanya itu, Roh Kudus juga berperan mempersatukan umat yang bebeda, karena orang-orang yang dipenuhi Roh Kudus dimampukan untuk saling mengerti dan saling memahami.


Kapolres berpesan kepada jemaat HKBP Sisoma supaya tetap semangat membangun persaudaraan, kekeluargaan di tengah kehidupan bermasyarakat dan turut ambil bagian dalam pengembangan ekonomi, pendidikan, keamanan dan kesejahteraan masyarakat.


Kegiatan kunjungan Ephorus diakhiri dengan penyematan ulos kepada warga HKBP Sisoma oleh Ompu i Ephorus. (B.TIK)

Pustaka Digital