"Manang ise na mangarupa halak na parir, mangaleai Sitompa ibana do; alai manang ise na pasangap Ibana, asi do rohana mida na pogos.

Siapa menindas orang yang lemah, menghina Penciptanya, tetapi siapa menaruh belas kasihan kepada orang miskin, memuliakan Dia."

Poda 14:31

PANTI ASUHAN ELIM HKBP RAYAKAN ULANG TAHUN YANG KE-67

Kepala Departemen Diakonia HKBP, Pdt. Debora Purada Sinaga, M. Th, mewakili Ompui Ephorus HKBP, Sekretaris Jendral, Kepala Departemen Koinonia, dan Marturia memimpin ibadah dan perayaan ulang tahun ke-67 Panti Asuhan Elim HKBP di Rumah Elim HKBP pada hari Minggu, 13 Februari 2022. Acara dilakukan dengan sederhana ditengah kasus harian Covid-19 di Indonesia yang sedang meningkat. Hal tersebut terlihat dari pembatasan undangan dari luar kota dan protokol kesehatan yang ketat. Acara tersebut juga disiarkan secara langsung di Facebook Panti Asuhan Elim HKBP dan Zoom Meeting Departemen Diakonia.


Acara diawali dengan ibadah yang dilayankan oleh Pdt. Evelin Sihombing, M. Th selaku pimpinan Panti Asuhan Elim HKBP sebagai liturgis, Pdt. Marulitua Tambunan, M. Th selaku bapak asrama sebagai pendoa syafaat, dan Pdt. Debora Purada Sinaga, M. Th selaku Kepala Departemen Diakonia dan perwakilan Pimpinan HKBP sebagai pemberita firman.

Acara kemudian dilanjutkan dengan perayaan ulang tahun Panti Asuhan Elim HKBP dengan nyanyian sukacita, tiup lilin dan pemotongan kue ulang tahun. Dalam ungkapan syukurnya, pimpinan Panti Asuhan Elim HKBP, Pdt. Evelin Sihombing mengutarakan bahwa Panti Asuhan Elim HKBP yang mulai dipimpin sejak Maret 2021 mengalami banyak hal termasuk pergumulan yang patut di syukuri dalam perkembangan dan kemajuan Panti Asuhan Elim HKBP dalam berbagai bidang. Mengingat Panti Asuhan Elim HKBP pernah menjadi cluster Covid-19 terhitung sejak Mei-Juli 2021. Berkat kasih dan karunia Tuhan, Panti Asuhan Elim HKBP masih dapat berdiri dan melayani anak-anak asuh melalui tangan-tangan hamba-Nya yang selalu menaruh kasih dan perhatian ke Rumah Elim.


Terhitung sejak berdiri pada tahun 1955 oleh gagasan Bapak Diakoni Sosial HKBP sekaligus pendiri Panti Asuhan Elim HKBP, St. Lucius Siahaan, Panti Asuhan Elim sudah mencatat jumlah anak asuh sebanyak 880 orang dengan saat ini Panti Asuhan Elim HKBP dihuni oleh 52 anak asuh di asrama dan 4 anak yang tinggal bersama dengan keluarga (berbasis masyarakat). Anak-anak asuh tersebut diberikan penghidupan yang layak dan pendidikan bahkan sampai ke perguruan tinggi. Dengan diasuh oleh 12 pengasuh yang berasal dari berbagai kalangan seperti pendeta, diakones, pegawai terampil, dan sukarelawan. Panti Asuhan Elim HKBP siap untuk mewujudkan visi dan misinya dalam pemandirian anak asuh, yang dalam visinya menjadikan anak asuh cerdas secara spiritual, sosial, intelektual, terampil dan mandiri, serta misi menanamkan nilai-nilai Kristiani melalui ibadah, Penelaahan Alkitab, dan hubungan sosial serta kerjasama dalam kehidupan sehari-hari, Mendampingi, membimbing dan mengarahkan agar memiliki karakter Kristiani: jujur, sopan, ramah, solid, peduli dan hormat menghormati, Memfasilitasi dan mendukung anak memiliki ilmu pengetahuan sesuai dengan kemampuan dan talenta anak asuh, Memfasilitasi anak asuh dengan berbagai pelatihan keterampilan dan Memfasilitasi anak dalam upaya pengembangan bakat seni dan olah raga. Sejauh ini, Rumah Elim, sebutan untuk Panti Asuhan Elim HKBP, telah menghadirkan banyak program dan kegiatan seperti pelatihan, dampingan, bimbingan dalam spiritual, akademik, sosial dan lain sebagainya guna mendukung visi dan misinya. Hal ini terlihat dari kegiatan setiap hari di Rumah Elim seperti les privat, les musik, ibadah, bimbingan konseling, pelatihan keterampilan manik-manik, peternakan, pertanian, kecantikan (salon) dan menjahit. Begitu juga Rumah Elim yang selalu terbuka untuk kerjasama dengan dinas, lembaga ataupun perusahaan terkait yang menaruh perhatian guna mendukung tumbuh kembang anak-anak asuh.

Elim yang diambil dari nama oase atau oasis, yakni sebuah daerah di padang pasir yang berair cukup untuk tumbuhan dan permukiman manusia. Elim dalam Keluaran 15:27, Keluaran 16:1, Bilangan 33: 9-10, merupakan sebuah tempat singgah Bangsa Israel dari pembuangan di tanah Mesir menuju tanah Kanaan. Elim dituliskan memiliki 12 (dua belas) mata air dan 70 (tujuh puluh) pohon kurma. Pengertian oasis dalam kamus besar Bahasa Indonesia juga mengatakan bahwa oasis adalah tempat, pengalaman, dan sebagainya yang menyenangkan di tengah-tengah suasana yang serba kalut dan tidak menyenangkan. Dan menjadi tantangan tersendiri bagi Panti Asuhan Elim untuk mengemban nama “ELIM” yang menghadirkan fungsi dan tugasnya sebagai tempat dan pengalaman yang menyenangkan dalam kasih sukacita Tuhan Allah.

Hadirnya Panti Asuhan Elim HKBP selama 67 tahun di unit pelayanan HKBP terkhusus kepada anak-anak kurang beruntung seperti yatim dan atau piatu, terlantar, kurang mampu, korban kekerasan dan lain sebagainya menjadi angin segar dalam rangka pewujudan kasih Kristus dan HKBP sebagai saluran berkat bagi dunia.

HKBP menjadi berkat bagi dunia


Pustaka Digital