PARTANGIANGAN ANAK SEKOLAH MINGGU HKBP PARSINGKAMAN



HKBP Se-Resort Parsingkaman terdiri dari 9 (Sembilan) Huria, 1 huria Sabungan dan 8 huria pagaran. Huria ini berada  di antara Tarutung dengan Sibolga, yang dilayani oleh Pendeta Ricordias D.H Silaban sebagai Pendeta Resort. Tempat ini tidak memiliki onan (pasar tradisional), untuk memperlengkapi kebutuhan hidup atau sandang pangan mereka harus berbelanja ke daerah Tarutung ataupun kota Sibolga.

Partangiangan Anak Sekolah Minggu Se-Resort merupakan program dan kegiatan yang dilakukan sekali dalam setiap tahunnya di HKBP Resort Parsingkaman Distrik II Silindung. Kegiatan ini bertujuan untuk mempertemukan anak-anak Sekolah Minggu Se-Resort Parsingkaman serta membangun rasa cinta terhadap GerejaNya HKBP mulai sejak dini, terang Pendeta Resort Parsingkaman.

Melaluikegiatan ini juga diharapkan anak-anak dapat mengetahui lebih banyak pengajaran (dogma) tentang dokumen HKBP sertahal-hal tentang HKBP di dalam kekanak-kanakannya melalui Program yang telah ditetapkan HKBP Parsingkaman.


Pada tahun ini mereka mengundang Bapak Kepala Departemen Koinonia HKBP untuk bersama-sama dengan mereka di partangiangan itu pada hari selasa (18/6). Rasa haru dan bangga, terlihat dari Seluruh Parhalado juga Pendeta Resort akan kehadiran Kepala Departemen Koinonia HKBP pada Partangiangan Sekolah Minggu Se-Resort Parsingkaman. Begitu juga Anak Sekolah Minggu yang mengikuti Partangiangan Sekolah Minggu, rasa bahagia serta kagum mereka tercermin dari raut wajah mereka ketika di beritahukan oleh Pdt. Ricordias Silaban bahwasanya Pimpinan HKBP dari Pearaja Tarutung bersama dengan kita di partangiangan ini.

Peribadahan dalam Partangiangan ini dipimpin oleh Pendeta Resort. Anak Sekolah Minggu mengikuti ibadah dengan riang serta memuji Tuhan dengan nyanyian Buku Ende Sekolah Minggu HKBP.

Dalam Partangiangan ini, Pdt. Dr. Martongo Sitinjak memberikan bimbingan kepada anak-anak Sekolah Minggu. Perjalan Nommensen dalam memberitakan kabar baik di tanah batak agar mempercayai Tuhan Allah menjadi bahan ajar yang disampaikan kepada anak sekolah minggu HKBP Se-Resort Parsingkaman. Ada empat pilar kehidupan orang beriman yang di beritakan oleh Nommensen di tanah batak, yaitu : Pendidikan (menjadi manusia yang bijaksana), Kesehatan (Sehat jasmani dan rohani), Parasiniroha (Berjiwa Sosial), dan Zending (mengabarkan kabar baik).


Para Parhalado dan anak-anak Sekolah Minggu mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Pdt. Martongo Sitinjak atas kehadiran dan pembekalan yang telah disampaikan. Tuhan-lah yang menemani bapak pimpinan HKBP dalam pelayanannya agar lebih banyak lagi orang yang percaya Kepada Tuhan, terang Anak Sekolah Minggu yang mewakili mereka semua untuk menyampaikan rasa terimakasih mereka.

Pada akhir pertemuan, Bapak Kepala Departemen Koinonia  HKBP beserta ibu menyampaikan bingkisan dari keluarga buat anak-anak Sekolah minggu HKBP Se-Resort Parsingkaman lalu foto bersama. (RH)















comments

Leave a Reply