"Minggu Advent II
Topik: MARHABADIAON MANOMU ARI NI KRISTUS (HIDUP SUCI DALAM PENANTIAN HARI KRISTUS)"

Ev: Pilippi 1 : 3 - 11/Ep: Psalmen 24 : 1 - 10

Pasca Bencana Gempa: HKBP Diberkati Menjadi Berkat

Tarutung, 21 Oktober 2022

Gereja HKBP menjadi gereja yang paling merasakan dampak gempa bumi 01 Oktober 2022 yang lalu. Berdasarkan tinjau lapangan yang telah dilakukan para relawan, lebih dari 60% gereja yang rusak karena gempa merupakan gereja HKBP.

Namun sekalipun mengalami dampak gempa terbesar, itu tidak menjadi tanda bahwa berkat Tuhan bagi gereja HKBP tertutup. Pasca gempa, gereja HKBP saling menopang. Hal itu dibuktikan dengan derasnya aliran dana dari gereja-gereja HKBP yang ada di beragam wilayah ke Kantor Pusat HKBP. Tidak hanya dari gereja HKBP saja, donasi juga datang dari beragam pihak baik secara pribadi, komunitas atau kelompok dimana salah satunya adalah Yayasan Suara Kebenaran Internasional (YSKI).




Derasnya bantuan yang datang ke Kantor Pusat HKBP membuat HKBP melalui Departemen Diakonia untuk bekerja keras menyalurkan berkat donasi yang datang. Hal ini dilakukan berangkat dari keyakinan bahwa sekalipun di tengah bencana, HKBP tetap diberkati untuk menjadi berkat. Itu sebabnya HKBP lewat Departemen Diakonia yang dipimpin oleh Kepala Departemen Diakonia, Ibu Pdt. Debora Sinaga, MTh mengkoordinir Tim TaBe HKBP untuk mengambil bagian membantu warga masyarakat khususnya warga gereja yang terdampak gempa.

Hal pertama yang dilakukan adalah dengan meninjau lapangan untuk pengumpulan data, pelatihan mitigasi kepada relawan dan penyaluran bantuan kepada masyarakat atau pun kepada warga jemaat, seperti penyaluran bantuan yang diberikan Yayasan Suara Kebenaran Internasional (YSKI).



YSKI memberikan 3800 sak semen, vitamin, susu anak, dls. Semen itu pun dibagikan melalui pimpinan resort atau pimpinan jemaat yang gerejanya terdampak gempa. Penyaluran bantuan semen dilakukan pada hari Rabu, 19 Oktober 2022 di HKBP Lumbanbaringin.

Penyaluran logistik seperti susu, vitamin, pampers, dll dilakukan pada Kamis, 20 Oktober 2022. Penyaluran bantuan logistik ini dilakukan di beberapa lokasi seperti HKBP Hutatinggi, HKBP Lumbansakalan, HKBP Pardomuan Horisan, HKBP Hasibuan Simamora, dan HKBP Onan Runggu.



Warga masyarakat dan warga gereja begitu antusias menerima bantuan logistik tersebut.

HKBP menjadi berkat bagi dunia