"Minggu Advent II
Topik: MARHABADIAON MANOMU ARI NI KRISTUS (HIDUP SUCI DALAM PENANTIAN HARI KRISTUS)"

Ev: Pilippi 1 : 3 - 11/Ep: Psalmen 24 : 1 - 10

Pasca Gempa; Kepala Departemen Diakonia Kunjungi Korban dan Lihat Bangunan yang Rusak

Gempa bumi mengguncang Tapanuli Utara sabtu (1/10) dini hari kemarin, BMKG mencatatkan ada 105 gempa susulan yang terjadi di wilayah Sipoholon dan Tarutung hingga Senin (3/10). Gempa bumi yang terjadi mengakibatkan 1 orang meninggal dunia, kerusakan fasilitas-fasilitas umum maupun rumah masyarakat, selain itu juga meninggalkan rasa trauma hingga memilih tidur diluar rumah dengan tenda. Hal ini dipilih karena ketakutan akan ada gempa susulan dengan kekuatan besar. Kebakaran juga terjadi di pasar Sarulla, Pahae Jae yang diperkirakan terjadi akibat hubungan pendek arus listrik pasca gempa bumi.






HKBP melalui Kepala Departemen Diakonia, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th hadir memberi dukungan dan bantuan kepada para korban. Senin (3/10), Kepala Departemen Diakonia HKBP menghadiri rapat Distrik II Silindung yang dipimpin Praeses Pdt. Hasudungan Manalu, S.Th beserta para pendeta-pendeta resort guna mendata korban dan bangunan gereja yang rusak. Selanjutnya, Kepala Departemen Diakonia juga menerima kehadiran Inang Riris br. Pardede mewakili ina Naomi HKBP Rawamangun di kantor Diakonia, yang juga memberikan bantuan berupa uang tunai senilai Rp. 5.000.000-, dan dilanjutkan dengan mengunjungi rumah dinas Ephorus dan gedung raja Pontas Lumbantobing yang juga mengalami kerusakan. Setelahnya, mengunjungi HKBP Pansurnapitu yang mengalami kerusakan sedang dan memberikan penguatan karena peribadahan juga dilaksanakan di halaman gereja menggunakan tenda. Perjalanan kemudian dilanjutkan menuju HKBP Sarulla, memberikan bantuan, memberikan boras si pir ni tondi dan menyerahkan bantuan kepada para korban kebakaran. Kebakaran yang terjadi di pasar Sarulla menghanguskan 17 ruko dan 7 diantaranya adalah jemaat HKBP Sarulla. Kunjungan berakhir di gedung museum dan arsip HKBP yang juga mengalami kerusakan parah.






HKBP masih akan terus bergerak mengunjungi dan membantu para korban dan gereja-gereja yang mengalami kerusakan, dan yang ingin berpartisipasi serta berpartisipasi bersama HKBP dapat mengirimkan bantuannya ke nomor rekening 0061254193 (Bank BNI) a/n Kantor Pusat HKBP, dengan narahubung:

081361398310 - Pdt. Debora Sinaga, MTh (Kepala Departemen Diakonia HKBP)

081310996635 - Pdt, Manaris Simatupang, M.Th (Bendahara Umum HKBP)

(B-TIK)