"Martua ma sibahen dame, ai goaron do nasida anak ni Debata!

Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah."

Mateus 5:9

Pdt Debora Sinaga Pimpin Pesta Puncak Tahun Pemberdayaan HKBP Palembang

Ibadah Puncak Tahun Pemberdayaan HKBP Palembang Distrik XV Sumbagsel dipimpin oleh Kadep Diakonia HKBP Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th, liturgis dipimpin oleh Pdt. Ressort Palembang Pdt. Leo Dunan Sibarani, M.Th dan Pdt. Wisno Simbombing, M.Th, di gedung serbaguna HKBP Pelembang dan diwaktu yang bersamaan Praeses Distrik XV Sumbagsel Pdt. Oloan Nainggolan juga memimpin Ibadah Minggu pesta tahun Pemberdayaan digedung yang berbeda di gereja HKBP Palembang. Kebaktian dibagi dua untuk tetap menjaga protokol Kesehatan.




Panitia Tahun Pemberdayaan ketua Bapak Edward Silaban melaporkan kegiatan yang dilakukan selama tahun 2021, ada beberapa program pemberdayaan yg sudah dilakukan, yaitu:

1. Pemberdayaan Informatika/digitalisasi Membangun website HKBP Palembang, diharapkan dipakai untuk update informasi pelayanan, melengkapi alat-alat multimedia dan para tenaga IT.

2. Pemberdayaan konsultasi hukum, dilakukan melalui edukasi di acara Horas HKBP secara streeming.

3. Pemberdayaan SDM kepada Guru Sekolah Minggu, Remaja/Naposobulung, pelayan partohonan dan non partohonan.

4. Pemberdayaan dibidang kesehatan dengan aksi kemanusian donor darah 1 kali 3 bulan.

5. Pemberdayaan ekonomi, dengan workshop bersama pemerintah daerah Palembang.

6. Memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak pandemi covid 19 berupa, beras 1 ton.

7. Peduli Lansia (senang, ibadah dan sharing)

8. Bantuan sembako menjelang pesta puncak kepada jemaat dan masyarakat.

9. Ibadah puncak


Dalam Khotbah Kadep. Diakonia HKBP, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th mengapresiasi Pelayanan HKBP Distrik Sumbagsel termasuk didalamnya HKBP Palembang yg unggul dalam pelayanan Diakonia dibidang pelayanan HKBP AIDS Ministry Distrik, kegiatan donor darah yang terus berjalan atas kerjasama pengurus HKBP AIDS Ministry (HAM), para pelayan, perempuan pemuda dan pemerintah, serta dukungan dari Praeses.


Beliau menyampaikan kepada jemaat, agar jangan khawatir menjalani hidup, meskipun saat ini kita berada dalam masa-masa sulit, harus tetap dekat dan percaya kepada Tuhan, sebab Dia yang tahu apa yg kita hadapi. Seperti Kisah Ayub dalam khotbah Minggu XIX Setelah Trinitatis Ayub 23:10-17, Ayub mengalami penderitaan namun dia tidak jatuh kedalam dosa, dia setia kepada Tuhan, dan mengikuti jalan-jalan Tuhan. Orang percaya harus merawat persekutuannya dengan Allah dan dengan sesama, mengakui kemahakuasaan Tuhan dalam hidupnya. Tetaplah percaya kepada Tuhan yang tidak pernah berubah baik kasihNya, kesetiaanNya, kebaikanNya, yang selalu mematau jalan-jalan kita.



Tuhan sangat baik kepada HKBP Palembang, kita telah merasakan kasih Tuhan dengan program-progam ditahun pemberdayaan yang telah dilakukan, sehingga parhalado dan jemaat berdaya.  Salah satu buahnya terlihat jelas dari tim IT yang sangat bagus meliput kegiatan kita hari ini dan kemarin dikegiatan pelatihan dan penyuluhan pengurus/voluntir HKBP AIDS Ministry Distrik XV Sumbagsel. Kemajuan IT Itu akan berdampak baik untuk penyampaian berita Injil, juga berita pelayanan HKBP Palembang diberbagai media sosial, seperti YouTube, facebook, Instagram, dan lainnya. Pemberdayaan tersebut bisa terjadi karena kita mau memberikan apa yg kita miliki menjadi persembahan kepada Tuhan.


Saat ini kita juga patutu bersyukur HKBP sudah dengan cepat berjuang menyelesaian hutang dana pensiun dengan program gerakan seribu sehari yang dilakukan oleh seluruh jemat HKBP dan para pemerhati HKBP.


Tahun 2022 adalah tahun kesehatian di HKBP, kiranya kita saling melengkapi dan menolong antara satu dengan yang lain. Dibulan Februari 2022, HKBP juga akan melaunching sentralisasi parabalonjoan pelayan HKBP, tujuannya agar pelayan dengan senang hati melayani dimanapun ditempatkan.

Selesai ibadah dilakukan panortoran oleh parhalado dan jemaat HKBP, semua bersukacita. Kadep Diakonia, praeses, pendeta ressort, semua pelayan dan panita pesta puncak tahun pemberdayaan memberikan apresiasi berupa jam dingding sebagai cendramata kepada jemaat atas dukungan pelayanan mereka dalam kegiatan tahun pemberdayaan selama tahun 2020.



Koresponden: Diak. Berliana Sibagariang

Pustaka Digital