"Tung na balga do angka jadijadianMu, ale Jahowa, bagas situtu do angka pingkiranMu.

Betapa besarnya pekerjaan-pekerjaanMu, ya TUHAN, dan sangat dalamnya rancangan-rancanganMu"

Psalmen 92:6

Pdt. Dr. Martongo Sitinjak Memimpin Ibadah Natal Parompuan HKBP Pearaja bersama Keluarga Besar Rutan Tarutung


Semangat Natal dari parompuan HKBP Pearaja Resort Pearaja tidaklah sebatas perayaan melainkan bersama dan berbagi kepada saudara seiman, terang Pdt. Saor  Hutagaol.

Kebahagiaan natal itu direalisasikan melalui acara natal bersama dengan Keluarga besar Rutan (Rumah Tahanan) Tarutung yang diadakan langsung di tempat para warga rutan tinggal (20/12)

Ibadah Natal di adakan di Aula Serba Guna yang biasa digunakan sebagai gereja bagi umat Kristen Penghuni rutan ini, acara natal dilayani oleh Diakones Lamsiharma Hutagalung sebagai liturgis, doa syafaat dipimpin oleh inang St. M. Br. Nababan dan Bapak Kepala Departemen Koinonia HKBP memberitakan Firman Tuhan.

Natal berjalan dengan hikmatnya, antusias natal dari binaan rutan sangat terlihat dari semangat mereka yang berebut untuk turut maju dan menyampaikan liturgi natal, semua Umat kristen rutan begema menyuarakan “dia pajojoronhu” pinta mereka kepada pengawas rutan. Kemampuan bernyanyi dari mereka juga ditampilkan melalui koor dan Trio juga vokal solo.

Firman Tuhan yang disampaikan Bapak Pdt. Dr. Martongo Sitinjak pada natal ini berangkat dari Tema natal : Jesus do panondang ni Portibion (Johannes 8:12).

Manusia terfokus pada kesenangan kehidupan dunia yang membuat ia lupa bahwasanya Tuhan adalah sumber dari kehidupan itu sendiri. Manusia memposisikan dirinya di keadaan kegelapan yang membuatnya menjadi liar dan tidak terkontrol, ia mempenjarakan dirinya dalam arah pikiran dan kehendaknya. Yesus telah datang dan menjadi terang dunia, biarlah Ia yang telah datang menjadi pegangan hidup kita dan kita juga mampu menyampaikan terang Kristus bagi orang lain, bagian khotbah dari Bapak Pendeta.

Tuhan hidup dalam diri dan selalu hidup, namun kita terkadang melupakannya dan meninggalkannya. Biarlah Tuhan berdiam atas kita dan bekerja dalam setiap langkah hidup kita, agar nyata Jesus do panondang ni portibion dohot panondang ni ngolunta, amen tutup prngkhotbah.

Dalam sambutannya, Ketua natal parompuan menyampaikan : Unang ma patah semangat, ingot ma Jesus sipalua i na gabe panondang tu hita diportibion. Ketua Seksi Parompuan juga menambahkan bahwasanya kami senang dapat bersama dengan keluarga besar Rutan Tarutung dalam natal tahun ini, kiranya kita dapat menginternalisasi kasih Kristus dalam hidup kita masing-masing, tutupnya.

Mewakili kepala Rutan Tarutung, Bapak Julius Sinaga mengucapkan banyak terimakasih kepada bapak Kadep Koinonia HKBP dan Bapak Pendeta Resort Pearaja beserta seluruh parompuan dan rombongan yang hadir di tempat kami ini. Kiranya melalui natal bersama ini kami dapat lebih dekat lagi dengan Tuhan, terlebih para binaan yang berada di rutan ini. Dia juga menyampaikan salam dari bapak kepala Rutan (Hendri Damanik) yang sedang berada di medan, namun mengetahui acara hari ini. Kiranya para parompuan dan pelayanan hambaNya yang telah hadir di tempat ini di berkati Tuhan, tutupnya.

Pdt. Saor Hutagaol menyampaikan sambutannya kepada keluarga rutan “Ndang haambatan las niroha barita haluan ni Tuhan i sahat tu hita saluhutna. Terimakasih buat seluruh pengurus rutan Tarutung yang telah memperkenankan kami untuk bersama merayakan natal di tempat ini.

Pada tahun 2020, HKBP akan memprogramkan pelayanan rutin kepada Keluarga besar Rutan tarutung ini, harapan kami keluarga besar HKBP Pearaja melalui natal ini kami dapat berbagi dan bersama dalam Kasih Kristus di akhir tahin ini dengan seluruh jemaat binaan Rutan Tarutung, Tuhan memberkati lugas Pendeta Resort Pearaja.

Usai ibadah natal, para Parompuan makan bersama dengan para binaan rutan dan menyampiakan bingkisan natal kepada seluruh binaan Kristiani.

Bapak Pdt. Dr. Martongo Sitinjak juga menyempatkan diri untuk berinteraktif dengan para warga binaan dan petugas yang berjaga di rutan Tarutung. Termulialah Tuhan Allah melalui setiap pelayanan hambaNya. // Pdt Reonald Hutabarat

















comments

Leave a Reply