Pdt Martongo Sitinjak memberi Pembinaan kepada Parhalado HKBP se-Resort Aek Nabara


HKBP Aek Nabara yang merupakan sabungan dari Resort Aek Nabara menjadi tempat berkumpulnya para Parhalado seresort ini untuk mengikuti Pembinaan yang telah diprogramkan jauh-jauh hari. Pdt. Dr. Martongo Sitinjak menjadi narasumber di pembinaan hari ini (23/11).

Pembekalan dibuka dengan ibadah yang dipimpin oleh Pdt. Andi Joko Limbong, S.Th dan dibuka oleh Pendeta Resort, Pdt. Pasihar Aritonang. 1 Petrus 5 : 6 menjadi Firman yang diberitakan pemimpin ibadah dalam pembukaan ini, dan amang St. D. Samosir Memimpin doa syafaat.

Pengenalan awal dan memahami pelayanan para parhalado melalui diskusi dengan peserta merupakan awal dari Pembinaan ini. Dari 12 tempat pelayanan yang berbeda (11 huria pagaran dan 1 sabungan), mereka menceritakan sedikit tentang medan pelayanannya.

Memotivasi pelayanan menjadi langkah awal yang disampaikan oleh narasumber, “ingkon mangomo do na marhalado, alai ndang na pangomoan ni portibi na jumolo dapotta” terang narasumber.

 Kuasa Allah harus bekerja dan dihidupi setiap pelayan dalam melayani, Jesus Ngolu ni tondinghu (BE no. 227). Pemahaman makna dari Buku Ende itu diterangkan secara gamblang oleh narasumber berdasarkan teologi yang tersirat dari lagu itu kepada  peserta.

Penghayatan Tohonan sintua dan Proses Pewujudan Karya Allah dalam diri pelayan (Firman Bekerja) menjadi bahan yang disampaikan kepada para parhalado yang mengikuti pembinaan ini.

Para parhalado dihantarkan untuk menghayati tohonannya sebagai Firman Tuhan yang harus di hidupi serta melaksanakan tohonannya sebagai tugas dan tanggungjawab sebagai partohonan sintua. 7 (Tujuh) Tohonan juga di lafalkan secara bersama oleh para peserta pembekalan dalam pembinaan ini, mari menginternalisasi tohonan kita di dalam diri, lugas narasumber.

Para peserta juga di bekali dengan pemahaman akan dokumen teologi HKBP beserta maknanya yang merupakan sumber utama dokma (ajaran HKBP), juga dikenalkan begitu indahnya Buku Ende HKBP serta muatan teologi yang terkandung di dalam lagu-lagu HKBP.

Pada pembekelan ini turut juga hadir para parhalado dari huria HKBP yang berdekatan dengan HKBP aek nabara, yang beresort ke HKBP Negeri Lama. Turut juga hadir Bapak Ka.Biro Ama-Lansia Pdt. Jahor Purba dan Ka.Biro Pembinaan Pdt. Darwin Sihombing juga Bapak Ka.Staff Ephorus Pdt. Robert Hutapea. (RH)










comments

Leave a Reply

Pustaka Digital