Pdt. Victor Tinambunan: Ada 2 hal yang dapat dilakukan manusia sebagai ucapan syukurnya

Tapanuli Utara, hkbp.or.id - HKBP Sabungan Siborongborong, Tapanuli Utara mengadakan Ibadah Minggu  (05/03/2023).

Ibadah dilayani oleh Pdt. Bona Tua Nababan sebagai liturgis; St. O. Sihombing sebagai pembaca warta; serta Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan, M.ST sebagai Pengkhotbah. Ayat khotbah berdasar kepada teks Roma 4: 1-5, 13-17 sesuai Almanak HKBP.


Dalam khotbahnya, Pdt. Tinambunan menyerukan bahwa "hanya karena kasih Allah saja, manusia diampuni, manusia dibenarkan." Tidak satu pun manusia yang luput dari dosa, sehingga manusia harus dibenarkan.

Lebih lanjut, ia menerangkan bahwa manusia tidak bisa membenarkan dirinya sendiri dengan  perbuatan-perbuatan baik yang dilakukan. Karena dosa. Baik itu dosa karena pikiran, dosa karena perbuatan, dan dosa karena tingkah laku sehari-hari. Namun oleh Allah, kita ditebus, kita diampuni, kita dibenarkan.


"Berbuat baik bukan supaya Allah baik kepada kita. Tetapi berbuat baik karena Allah sudah lebih dulu baik kepada kita", ujarnya. Maka, sudah sepatutnya kita mensyukuri karya penyelamatan dan kemurahaan hati Allah itu.  

Kepada jemaat HKBP Sabungan Siborong, Pdt. Victor Tinambunan menjelaskan bahwa ada 2 hal yang dapat kita lakukan sebagai ungkapan syukur kita karena telah dibenarkan oleh Allah. 

Yang pertama. Karena Allah, dengan kuasa-Nya, telah menebus dosa manusia maka sepatutnya kita merendahkan hati dihadapan Allah. Barangsiapa yang mensyukuri dengan sungguh karya penebusan Allah, ia adalah orang yang memiliki kerendahan hati. Dengan hidup rendah hati, maka semakin jelas tampak jalan hidup yang berkenan di hadapan Allah (Amsal 18:12). 


Yang kedua. Tanda bahwa kita telah menerima pembenaran dari Allah adalah kita telah ditebus melalui karya keselamatan Tuhan Yesus Kristus. Allah mau mengampuni kita dan Allah mau menebus kita.  Maka sepatutnya, sebagai anak-anak yang telah dilayakkan kita juga mau mengampuni kesalahan sesama. 

Pdt. Tinambunan menambahkan ada satu pepatah bijak mengatakan: "Jika ada satu orang yang berbuat jahat kepadamu, dan engkau tidak mengampuninya, maka engkau menambahkan satu lagi orang jahat di dunia ini, yaitu engkau sendiri," ujarnya.


Ibadah berlangsung dengan khusuk dan kondusif. Seusai ibadah, Pdt. Tinambunan berfoto dengan para Parhalado juga jemaat HKBP Sabungan Siborongborong sebagai kenang-kenangan akan kunjungan pastoral pimpinan HKBP ke gereja mereka, HKBP Sabungan Siborongborong Resort Siborongborong, Tapanuli Utara.


SKS-JHB/NS