"Manang ise na mangarupa halak na parir, mangaleai Sitompa ibana do; alai manang ise na pasangap Ibana, asi do rohana mida na pogos.

Siapa menindas orang yang lemah, menghina Penciptanya, tetapi siapa menaruh belas kasihan kepada orang miskin, memuliakan Dia."

Poda 14:31

Pelantikan Panitia Kemah Pemuda HKBP & Kemah Pemuda Kebangsaan Tahun 2022

Rabu, 23 Maret 2022, pukul 14.30 WIB, Panitia Kemah Pemuda HKBP dan Kemah Pemuda Kebangsaan Tahun 2022 dilantik di Gedung Raja Pontas Lumbantobing, Pearaja-Tarutung. Pelantikan dilakukan secara semi-virtual. Panitia dilantik oleh Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga atas nama Ephorus HKBP.



Kemah Pemuda HKBP dan Kemah Pemuda Kebangsaan merupakan program bersama dari dua biro, yaitu Biro SMIRNA HKBP dan Biro Oikumene HKBP. Pelaksanaan dua kegiatan ini akan dilakukan dalam satu rangkaian, karena peserta kegiatan yang beririsan. Dengan demikian, pelaksanaannya sebagai suatu rangkaian diharapkan dapat berlangsung lebih efisien. Kemah Pemuda HKBP direncanakan berlangsung pada bulan Juni 2022 dengan mengundang pemuda HKBP perwakilan dari 32 distrik yang ada di HKBP. Selanjutnya, Kemah Pemuda Kebangsaan sebagai kegiatan puncak dilaksanakan dengan melibatkan pemuda lintas agama.

Meski program ini merupakan program Biro SMIRNA dan Biro Oikumene, namun biro lainnya turut mengambil peran serta dalam kepanitiaan, baik biro yang berada di bawah naungan Departemen Koinonia maupun biro di bawah naungan Departemen Marturia, Departemen Diakonia, dan Sekretariat Jenderal. Demikian pula pemuda HKBP yang diwakili oleh Pengurus Konferensi Naposobulung Pusat (PKNP) juga mengisi tugas dalam kepanitiaan. Pengurus PKNP yang berasal dari berbagai daerah hadir secara on site di Pearaja, setelah pada pagi hari mengadakan rapat koordinasi terjadwal bersama Kepala Departemen Koinonia HKBP.





Atmosfer semangat pemuda benar-benar terasa dalam pelantikan panitia ini melalui hadirnya naposobulung HKBP dengan Pakaian Dinas Lapangan (PDL) kebanggaan PKNP. Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Deonal Sinaga juga meminta agar dalam setiap rapat dan kegiatan nanti, pemuda HKBP memiliki yel-yel untuk menambah semangat dalam berkegiatan.
Acara pelantikan dilanjutkan dengan rapat perdana yang dipimpin oleh Ketua Umum Panitia, Pdt. Dr. Enig Aritonang dan Sekretaris Umum, Pdt. Toho Sinaga.





Dalam rapat perdana, muncul berbagai gagasan mengenai kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan. Salah satu gagasan yang diusulkan adalah aksi nyata dukungan naposobulung terhadap salah satu program PKNP, yaitu program #Nauli (Naposo untuk Literasi). Program ini mengupayakan peningkatan minat baca dan penyediaan fasilitas bacaan untuk daerah-daerah yang terkendala dalam mengakses bahan literasi. Untuk itu, direncanakan dalam penyelenggaraan Kemah Pemuda HKBP nanti, setiap pemuda HKBP yang hadir diharapkan berpartisipasi dengan membawa minimal satu buku untuk disumbangkan dalam program #Nauli tadi. Sukses untuk Naposobulung HKBP! Masitangiangan, masihaposan, masiurupan! DK-SDS




Pustaka Digital