"Di ari uju na jongjong ho di adopan ni Jahowa, Debatam, di Horeb, uju na nidok ni Jahowa tu ho; paluhut ma bangso i di Ahu, asa Ahu patubegehon tu nasida hatangKu, angka siparateatehononnasida, asa marhabiaran nasida mida Ahu saleleng mangolu nasida di tano on, asa diajarhon huhut tu angka anakhonnasida.

Yakni hari itu ketika engkau berdiri di hadapan Tuhan, Allahmu, di Horeb, waktu Tuhan berfirman kepadaku: suruhlah bangsa itu berkumpul kepada-Ku, maka Aku akan memberi mereka mendengar segala perkataan-Ku, sehingga mereka takut kepada-Ku selama mereka hidup di muka bumi dan mengajarkan demikian kepada anak-anak mereka."

5 Musa 4:10

Pelantikan Pendeta HKBP Resort Estomihi

Batam (12/12), Praeses HKBP Distrik XX Kepri,  Pdt. Renova Johnny Sitorus melayani ibadah Minggu Advent III di HKBP Estomihi Resort Estomihi Bengkong masuk pukul 10.00 WIB. Dalam ibadah Advent III ini, Praeses juga melayani acara pemberangkatan dan pelantikan Pendeta Resort, dari Pdt. Paminta Simarmata kepada Pdt. Elfred Situmeang (dari HKBP Resort Bunga Tanjung).  


Dalam khotbah, Praeses menjelaskan:  Bersukacitalah karena Tuhan ada di antara kita (Zepanya 3:14-20). Sukacita adalah gambaran suasana hati yang telah menerima sesuatu yang berharga dan tidak ternilai, yang tidak seharusnya dia terima. Nabi Zepanya menyampaikan berita kabar baik kepada umat Tuhan, yakni agar bersukacita, karena Tuhan telah mengurungkan niat-Nya untuk menghukum (stopped your punishment), dan musuh-musuhnya  akan binasa. Itu semua karena Raja Israel, yakni TUHAN, ada di antara mereka.


Kehadiran-Nya adalah untuk memperlihatkan, bahwa TUHAN berkuasa membawa kemenangan dan Tuhan akan bertindak mengubah hidup mereka menuju kehidupan yang baru  (the new life). Dalam kasih-Nya, tidak ada yang perlu ditakuti. 

Renungan Minggu Advent ke III menjadi sebuah harapan baru bagi kita agar jangan tenggelam dalam keputus asaan saat menghadapi banyak pergumulan. TUHAN memberi sebuah jaminan, karena Dia akan bertindak sebagai Pahlawan yang memberi kemenangan dan memulihkan kehidupan.  

Melihat berbagai kejadian akhir-akhir ini, banyak orang memprediksi bahwa hari-hari ke depan adalah masa-masa yang berat. Tetapi sebagai orang percaya, tidak boleh pesimis/kehilangan semangat, seberat apapun pergumulan kita, bersama dengan Tuhan pasti kita beroleh kekuatan untuk menghadapi semuanya.

Jika engkau tawar hati pada masa kesesakan, kecil lah kekuatanmu", (Amsal 24:10). Sambutlah Dia dengan penuh  sukacita, tetap optimis, serta  hiduplah dengan iman. 

Dalam sambutan dan pemberangkatan, jemaat dan parhalado menyampaikan terima kasih atas pelayanan dan edukasi dari amang Simarmata. Selamat datang dan melayani kepada amang Situmeang dan keluarga. 


Praeses juga menyampaikan arahan dan bimbingan dalam acara ramah tamah. Jemaat, parhalado, dan Pendeta Resort baiklah menjadi mitra yang saling mendukung di dalam pelayanan. Yang sudah maju tetap dipertahankan dan ditingkatkan di kemudian hari. Kami akan mendoakan seluruh pelayanan dan pelayan di HKBP Estomihi ini, agar tetap setia dalam pelayanan yang tulus dan ikhlas. (Pdt. J. L. Sirait)



Pustaka Digital