"Martua ma sibahen dame, ai goaron do nasida anak ni Debata!

Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah."

Mateus 5:9

Pelatihan Sistem Informasi Akademik Mahasiswa STGH

Berita menggembirakan baru-baru ini datang dari Sekolah Tinggi Guru Huria (STGH HKBP). Sebab pada Hari Jumat (10/10/21) yang lalu, sebanyak 11 orang tim dari STGH mengikuti pelatihan tentang pengelolaan SIAKAD (Sistem Informasi Akademik Mahasiswa) STGH. Pembangunan SIAKAD merupakan bagian dari rencana (sebagaimana disebutkan dalam Renstra HKBP) peningkatan kualitas dan mutu melalui pengurusan akreditasi STGH. 

Gagasan awal pembangunan SIAKAD STGH ini disampaikan Pdt. Hiburyanti Marbun, M.Th (Bidang Akademik STGH) kepada Ephorus Ompu i Pdt. Dr. Robinson Butarbutar. Kemudiaan gagasan tersebut ditindaklanjuit oleh Pdt. Dr. Jhon Kristo Naibaho (Kepala Balitbang) dan Pdt. Herman S. Nainggolan, M.Th (Sekretaris Balitbang) dengan meminta bantuan Ir. Kristofel Sirait (Expert IT Balitbang). Sebulan setelah pembangunan SIAKAD STGH pun rampung, siap uji, dan memasuki tahap pelatihan kepada para pengguna (user) yang ada di STGH. Itulah yang melatarbelakangi diadakannya pelatihan ini.


Bagaimana tata-cara pengelolaan SIAKAD STGH seluruhnya dilatih oleh Ir. Kristofel Sirait secara live zoom kepada sebelas orang Tim STGH yang mengikutinya dari Kantor Balitbang HKBP. SIAKAD STGH yang sudah selesai dibangun tidak hanya akan sinkron dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) Kemendikbud, tetapi juga memuat berbagai fitur yang unik dan yang sesuai dengan kebutuhan STGH. Dosen, Mahasiswa, Staf dan pegawai (Keuangan, Kemahassiwaan, administrasi, dan akademik), STGH telah memiliki akunnya masin-masing dalam melaporkan dan setiap aktivitas yang terjadi secara elektronik

Kemudian salah satu fitur yang menarik lainnya adalah adanya layanan perpustakaan online. Dalam SIAKAD STGH, para mahasiswa kini dapat melakukan peminjaman buku secara online. Menyenangkan bukan? 


Sebelumnya, setiap mahasiswa yang hendak meminjam buku harus berkunjung ke perpustakaan STGH. Cara lama seperti ini dirasa menghabiskan waktu dan kurang efektif, apalagi di masa pandemi yang membuat para mahasiswa kebanyakan belajar dari rumah/kampung masing-masing. Dengan layanan perpustakaan online, mahasiswa kini dapat mengecek ketersediaan buku yang hendak dipinjam, melakukan proses peminjaman, dan menentukan rencana pengembalian. Seluruh proses tersebut kini dapat dilakukan secara online. Admin perpustakaan-lah yang nantinya memproses permintaan peminjaman buku. Mahasiswa hanya perlu datang ke perpustakaan untuk mengambil buku yang telah dipinjam secara online.

Bidang Akademik yang ada dalam SIAKAD STGH memuat informasi-informasi tentang Mahasiswa, Dosen, dan kegiatan Perkuliahan. Di bagian Informasi Mahasiswa, data-data yang terekam dengan lengkap adalah: Alamat, Orangtua, Wali, Kebutuhan Khusus, Aktivitas (tugas dan tugas akhir), Histori Nilai (Nilai, Indeks Prestasi Semester, dan Indeks Prestasi Kumulatif), Aktivitas Kuliah (Jadwal dan Informasi Perkuliahan), dan KRS (Kartu Rencana Studi).

Tentu tidak hanya data mahasiswa saja yang terangkum dalam Bidang Akademik. Dimuat juga data-data Dosen, seperti: Biodata, Penugasan, Mengajar, Fungsi & Pangkat, Pendidikan, Sertifikasi, Penelitian, Pembimbing, Penguji, Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN), dan sebagainya. Selain itu, informasi lengkap mengenai perkuliahan juga terekam dengan sangat lengkap. Di antaranya adalah Mata Kuliah, Substansi Kuliah, Kurikulum, Kelas Perkuliahan, dan Jadwal Perkuliahan, Tahun Ajaran, dan Kalender Akademik.


Fitur unik lain yang tidak terdapat pada SIAKAD STGH adalah Bidang Keuangan. Di sini terdapat Kas dan Bank yang telah disesuaikan dengan SOP Tatakelola Keuangan Kantor Pusat. Pada fitur ini tersedia juga pengetrian untuk Biaya Perkuliahan yang penerbitannya sudah langsung masuk ke Kartu Kuliah Mahasiswa. Lalu ada pula pengentrian untuk aset/ inventaris, Laporan, Anggaran, dan Pengajuan Panjar. Untuk Pengajuan Panjar ini, Ir. Kristofel Sirait mengatakan dalam waktu dekat akan disinkronkan ke meja kerja digital Sekretaris Jenderal HKBP. Nantinya Pengajuan Panjar yang dilakukan dari STGH dapat langsung dibaca di inbox Sekretaris Jenderal HKBP. 


SIAKAD STGH memuat banyak informasi lainnya di Bidang Kemahasiswaan dan Sekretariat. Informasi yang ada tidak hanya bersifat pasif. Namun akan selalu aktif mengalami update sesuai dengan kegiatan STGH sehari-hari, seperti surat-menyurat di kalangan internal dan eksternal STGH (ke Kantor Pusat), pengisian nilai, tugas mahasiswa dan mata kuliah, dan sebagainya.

Pelatihan yang belangsung dari jam 10.00 – 12.00 WIB berjalan dengan sangat baik. Tim STGH sangat antusias dan interaktif selama mengikuti pelatihan. Hal ini terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang eksploratif dari para peserta kepada Bapak Ir. Kristofel Sirait. 

Para peserta yang mengikuti Pelatihan Pengelolaan SIAKAD STGH:


1. Pdt. Dr. Jhon Kristo Naibaho

2. Pdt. Herman S. Nainggolan, M.Th

3. Pdt. Hiburyanti Marbun, M. Th

4. Humisar L. Simanungkalit, S. Pd

5. Josua Sitanggang

6. Diak. Murni Sihombing

7. Fransisca Simanungkalit, S. Pd

8. Ryan Eko SMT. Hutagalung, SPdK

9. Elieser Sianturi

10. Pdt. Arthur Lumbantobing, M. Th

11. Diak. Susi Simanjuntak

12. Diak. Emmy Aritonang

13. Yenti Simanungkalit

14. Cal. Pdt. Ferdinand Ricardo Hutabarat

15. Rusmida Simanjuntak

16. Desi Sitanggang

17. Lestari Tambunan

Pustaka Digital