"Ai Ahu do donganmu,” ninna Jahowa, “laho paluahon ho; ai sun siap do bahenonHu saluhut bangso parbegu haambolonganmu na Hubahen i na sai laon, alai anggo ho ndang siap bahenonHu; ingkon pinsangonHu do ho nian hombar tu uhum, jala ndang tarbahen so toruanHu ho.

Sebab Aku menyertai engkau, demikianlah firman TUHAN, untuk menyelamatkan engkau: segala bangsa yang ke antaranya engkau Kuserahkan akan Kuhabiskan, tetapi engkau ini tidak akan Kuhabiskan. Aku akan menghajar engkau menurut hukum, tetapi Aku sama sekali tidak memandang engkau tak bersalah."

Jeremia 30:11

Pelayan Perempuan Berperan Tingkatkan & Majukan Semua Bidang Pelayanan HKBP

Masih berlanjut, hari ini, Jumat (3/12/2021) berlangsung Seminar Pemberdayaan Perempuan Partohonan HKBP Gelombang II. Pembagian Gelombang I dan Gelombang II merupakan upaya HKBP dan UEM sebagai penyelenggara, untuk tetap mengikuti himbauan Pemerintah: menjaga ketat protokol kesehatan.

Gelombang II Seminar Pemberdayaan Perempuan Partohonan HKBP dilaksanakan di Gedung Raja Pontas Lumbantobing, dan peserta juga dapat mengikuti seminar secara virtual. Seminar dibuka oleh Ompu i Ephorus HKBP di dalam ibadah. Ibadah pembukaan dilayankan oleh Bvr. Asni Pasaribu sebagai Liturgis dan Kepala Departemen Diakonia, Pdt. Debora Purada Sinaga, M. Th sebagai Pengkhotbah. Setelah melayankan Firman Tuhan kepada peserta, Ompu i Ephorus membuka resmi seminar dengan simbol pengetukan palu sidang.


Setelah ibadah pembukaan, Sekretaris Eksekutif UEM Asia, Pdt. Dr. Dyah Ayu Krismawati, menyampaikan salam hangat kepada hadirin melalui video singkat yang ditampilkan dalam seminar. Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Deonal Sinaga turut menyampaikan salam dan sambutan selamat datang kepada para peserta. Keduanya menyampaikan pesan, bahwa seminar ini diadakan dengan tujuan agar para pelayan perempuan HKBP dapat semakin bersinar dan menunjukkan jati diri sebagai pelayan, karena misi Kekristenan tidak akan berhasil tanpa eksistensi para pelayan perempuan.


HKBP bekerjasama dengan UEM mengundang para narasumber apik untuk memberikan materi. Adapun pemberi materi pada seminar gelombang II ini antara lain: Ompu i Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar, Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, Pdt. Dr. Asnath Natar, dan Bapak Steven Tanner. Para peserta tidak hanya dibekali dengan sistem, teknis, dan aspek penting pelayanan di tengah-tengah jemaat, namun juga diberi penjelasan terkait kesejahteraan para pelayan HKBP, yakni informasi lengkap mengenai dana pensiun. HKBP menganggap ini sebagai salah satu hal penting bagi para pelayan, agar pada masa tua kelak, para pelayan dapat merasakan kesejahteraan, hasil dari pelaksaan program dana pensiun HKBP. Seminar berlangsung aktif, dengan antusiasme para peserta onsite maupun virtual yang memperjelas materi dengan langsung menanyakannya kepada narasumber terkait. 



Seminar Pemberdayaan Perempuan Partohonan HKBP Gelombang II ditutup kembali oleh Ompu i Ephorus HKBP di dalam ibadah. Dalam ibadah penutup, doa syafaat dilayankan oleh Diakones Murni Sihombing dan pembacaan Firman dilayankan oleh Pdt. Azwar Pasaribu. Ephorus melakukan pengetukan palu sidang sebagai simbol resmi telah ditutupnya seminar ini. Seusai ibadah penutupan, seluruh Panitia penyelenggara serta Pimpinan HKBP membangun keakraban dengan para peserta onsite melalui bincang hangat dan foto bersama. Sebelum meninggalkan Gedung Raja Pontas Lumbantobing, seluruh peserta makan bersama di ruang makan, bersama-sama dengan Panitia dan Pimpinan HKBP lainnya.





Pustaka Digital