"Arga do hamu ditobus; unang ma olo hamu parhatobanon ni jolma!

Kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar. Karena itu janganlah kamu menjadi hamba manusia."

1 Korint 7:23

Pembekalan GSM HKBP Pekanbaru: Membimbing Anak Menjadi Keluarga Allah


“Membimbing anak menjadi keluarga Allah.” Kutipan kalimat yang disampaikan Pdt. Victor Singal Silalahi,STh,MM pendeta HKBP Resort Pekanbaru pada Pembekalan guru-guru Sekolah MInggu se-Resort HKBP Pekanbaru yang dilaksanakan di gedung gereja HKBP Pekanbaru jalan Hangtuah No. 36, Kamis (7/4) belum lama ini.


Pdt. Victor lewat pesan singkat mengatakan, “melalui pembinaan, Guru Sekolah Minggu dapat membimbing anak menjadi Keluarga Allah dengan meletakkan pondasi utama dalam diri anak sejak dini, yaitu Firman Allah.” Ia menyampaikan apa yang dijanjikan Tuhan kepada pelayan yang melayani dengan hati yang tertulis di Kolose 3: 23. Bahwa jerih payahmu tidak akan sia-sia (1 Kort. 15:58). Kalau kita melayani rumah Tuhan maka Tuhan akan melayani rumahmu. Jangan hitung-hitungan melayani Tuhan, maka Tuhan tidak hitung-hitung berkatNya. Disertai Tuhan senantiasa (Mat. 28:20). Diperlengkapi dengan roh yang membangkitkan Kasih, Ketertiban dan Kekuatan (1 Tim. 1:7). 


Di akhir sambutannya Pdt. Victor menyampaikan selamat mengikuti Pembekalan dan selamat melayani Tuhan melalui Anak Sekolah Minggu.

Untuk dapat maksimal membimbing Anak Sekolah Minggu ke tahap itu, HKBP Resort Pekan Baru sengaja menghadirkan narasumber dari Bandung seorang Motivator, Psikolog dan juga penulis buku Parlindungan Marpaung, Drs. Psi., MT., MA.

"Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari jalan itu (Amsal 22:6),” demikian disampaikan Parlindungan Marpaung mengawali sesinya.



Parlindungan Marpaung berbagi ilmu Psikologi yang ia geluti dan pengalamannya menjadi Guru Sekolah Minggu selama 22 Tahun di HKBP Martadinata Bandung. Ia juga berbagi ilmu bagaimana mengajar ASM terkini di era digital dan bagaimana memahami perilaku Anak Sekolah Minggu.



Acara penuh dengan diskusi, ice breaking, permainan dan pemutaran film untuk menambah pengetahuan GSM. Tidak lupa Parlindungan Marpaung menyampaikan terima kasih kepada pendeta HKBP Resort Pekanbaru Pdt. Victor Silalahi atas acara yang luarbiasa dan kepada Pdt. Rita Simanjuntak selaku pembimbing Anak Sekolah Minggu HKBP Resort Pekanbaru. (P. Sam – B’TIK).



Pustaka Digital