"Di ari uju na jongjong ho di adopan ni Jahowa, Debatam, di Horeb, uju na nidok ni Jahowa tu ho; paluhut ma bangso i di Ahu, asa Ahu patubegehon tu nasida hatangKu, angka siparateatehononnasida, asa marhabiaran nasida mida Ahu saleleng mangolu nasida di tano on, asa diajarhon huhut tu angka anakhonnasida.

Yakni hari itu ketika engkau berdiri di hadapan Tuhan, Allahmu, di Horeb, waktu Tuhan berfirman kepadaku: suruhlah bangsa itu berkumpul kepada-Ku, maka Aku akan memberi mereka mendengar segala perkataan-Ku, sehingga mereka takut kepada-Ku selama mereka hidup di muka bumi dan mengajarkan demikian kepada anak-anak mereka."

5 Musa 4:10

Pembekalan GSM HKBP Se-Resort Siborongborong Distrik XVI Humbang Habinsaran oleh Biro SMIRNA HKBP

Selasa (12 April 2022), Departemen Koinonia-Biro Sekolah Minggu, Remaja, Naposobulung (SMIRNA) HKBP menyelenggarakan pelatihan kepada para Guru Sekolah Minggu HKBP Se-Resort Siborongborong Distrik XVI Humbang Habinsaran. HKBP Resort Siborongborong dipimpin oleh Pdt. Bona Tua Nababan, S.Th (Pendeta Resort). Kegiatan ini didasarkan dengan tema: “Sehati Sepikir dalam Satu Kasih, Satu Jiwa, dan Satu Tujuan (Flp. 2:2). Peserta pembekalan yang hadir sebanyak 30 orang guru sekolah minggu yang berasal dari HKBP Sabungan Siborongborong, HKBP Jetro, HKBP Pohan Tonga, HKBP Silaitlait, dan HKBP Sitabotabo. Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.30 WIB dengan ibadah pembukaan yang dilayani oleh Cal. Pdt. Juanda Aritonang, S.Si berdasarkan firman Tuhan yang diambil dari 1 Petrus 4:13 dan secara resmi kegiatan ini dibuka oleh pendeta resort.


Seusai ibadah, kegiatan dilanjutkan dengan pembekalan dalam sesi yang pertama oleh Pdt. Darna Lumbantobing, S.Th (Praeses HKBP Distrik XVI Humbang Habinsaran) dengan topik: “Nilai-nilai Kehidupan yang Harus Dimiliki Seorang Pelayan Sekolah Minggu.” Kemudian dilanjutkan dengan sesi yang kedua oleh Pdt. Kadir Manullang, S.Th (Kepala Bagian Sekolah Minggu HKBP) dengan topik: “Metode Kreatif Mengajar Sekolah Minggu.” Kreativitas sekolah minggu sangat diperlukan demi peningkatan kualitas pelayanan kategorial sekolah minggu dengan tepat sasaran sesuai kebutuhan anak sekolah minggu. Sesi ini juga diisi dengan pelatihan dan pengenalan gerak dan lagu Buku Ende Sekolah Minggu HKBP kepada para Guru Sekolah Minggu. Para guru sekolah minggu dengan antusias serta semangat mengikuti gerak dan lagu Buku Ende Sekolah Minggu HKBP dipandu oleh Pdt. Kadir dan Pdt. Togu Nababan, S.Th.


Acara dilanjutkan dengan sesi yang terakhir pada kegiatan ini oleh Pdt. Toho Sinaga, S.Th., M.I.Kom (Kepala Biro SMIRNA HKBP) dengan topik: Tugas dan Panggilan Guru Sekolah Minggu, Persiapan dan Teknik Mengajar Sekolah Minggu, Penjelasan Liturgi Sekolah Minggu HKBP, dan Mengajar Sekolah Minggu Berbasis Psikologi, serta Kaderisasi Pelayanan Kategorial Sekolah Minggu beranjak ke Remaja. Materi yang disampaikan oleh pemateri pada kegiatan ini langsung dipraktekkan pada simulasi pelayanan sekolah minggu oleh seluruh guru sekolah minggu yang hadir.




Pdt. Bona Tua selaku pimpinan resort yang menginisiasi kegiatan ini dan juga seluruh peserta sangat berkesan dan menyambut dengan baik peningkatan pelayanan kategorial sekolah minggu di HKBP Resort Siborongborong untuk diterapkan langsung di tengah-tengah pelayanan gereja dan diprogramkan secara berkelanjutan. Kegiatan ini diakhiri dengan doa penutup yang dipimpin oleh Pendeta Resort pada pukul 18.30 WIB. (KBS-MS)


Pustaka Digital