Pemberangkatan Pemakaman Pdt Elias Hernes Manurung M.Div

Ibadah pemberangkatan jenazah Pdt. Elias Hernes Manurung, M.Div diadakan di    gereja HKBP Pematangsiantar (5/4/2021). Liturgis dilayankan Praeses HKBP  Distrik V Sumatera Timur, Pdt. Maurixon Silitonga, M.Th. Kata penghiburan mewakili gereja HKBP Pematangsiantar disampaikan Pendeta Resort, Pdt. Hotler Lumbantoruan.

 

Penghiburan dari Pimpinan HKBP diwakiliKepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Deonal Sinaga. Beliau menjelaskan bahwa semasa hidupnya, Pdt. Elias sebagai sosok pendeta  yang baik, jujur, telaten, dan pendeta yang mencintai lingkungan hidup. Ia berjuang dan mengerakan masyarakat    untuk menyelamatkan hutan Dolok Martimbang dari pembalakan liar.

Doa syafaat dibawakan Kepala Departemen Diakonia, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th.  Pelayanan terakhir  almarhum bertugas di Diakonia HKBP. Saat ibadah pemberangkatan jenazah, pelayan, pegawai dan keluarga yang bertugas di Departemen Diakonia HKBP hadir memberi peneguhan kepada keluarga dengan pujian koor yang berjudul "Ndung Sonang Rohangku."

 

Pihak keluarga yang diwakili Pdt. Ramses Manurung mengucapkan terima kasih atas kerelaan  dan kehadiran Pimpinan HKBP, para pendeta,  pelayan dan seluruh jemaat.

Khotbah peneguhan  Ephorus  didasarkan nats Alkitab, tertulis di kitab 1 Petrus 5: 7. "Serahkan segala kekuatiranmu, sebab Ia memelihara kamu." Firman ini mengajarkan bahwa Tuhan tidak pernah meninggalkan orang percaya. Almarhum  sewaktu hidup, ia seorang pendeta yang kuat dan tabah, tidak pernah mengeluh kepada siapa pun. Selama 22 tahun, ia melakukan pelayanannya dengan baik tanpa sungut-sungut. Almarhum merupakan teladan bagi semua keluarga.

 

Sebelumnya, riwayat Pelayanan  almarhum di HKBP dibacakan Kepala Biro Personalia, Pdt. Rikson Hutahaean, M.Th: Almarhum    bernama Elias Hernes Manurung, lahir  23 November 1974,    menerima   tahbisan Guru Jemaat, 13 Desember 1998, dan tahbisan kependetaan pada tanggal 29 April 2012. Menikah 8 Januari 2004. Almarhum meninggalkan seorang istri, bernama Roslina Simanjutak dan 4 orang anak. Pelayanan almarhum semasa hidupnya,  Calon Guru Huria di HKBP Teluk Dalam Resort Gunung Sitoli (1996-1997) dan di HKBP Natolu Tali Resort Sitorang (1997-2000). Guru Huria di HKBP Sekupang (2000-2006), di HKBP Marihat (2006), Calon Pendeta di HKBP Tambun Sari (2011-2012). Pimpinan Jemaat atau pendeta Jemaat di HKBP Tambun Sari (2012-2013). Pendeta HKBP Resort Pniel Pagar Dolok, Silindung (2013-2020). Pendeta Fungsional di Panti Asuhan Elim (2020 - meninggal).

Turut hadir  beberapa praeses, puluhan pendeta  mendampingi Pimpinan HKBP memberkati dan  memberangkatan jenazah ke   tempat peristirahatan sementara. (B-TIK).





comments