Pemberdayaan Pelayan dan Warga Di Kawasan Danau Toba

Jumat (19/03), HKBP  melakukan pemberdayaan Pelayan dan warga dengan semi virtual. Para pelayan dan warga   sekawasan Danau Toba yang hadir secara pisik di Gedung Raja Pontas Lumbantobing, Kantor Pusat HKBP, Pearaja Tarutung, Sumatera Utara, jumlahnya sekitar 40 orang dan ratusan orang mengikutinya dengan virtual.

 

Pemberdayaan  ini merupakan penguatan keparawisataan (the power of tourism) kepada pelayan dan warga  menyambut Danau Toba sebagai Destinasi Wisata Internasional.

Ibadah dilayankan oleh Pdt. Dr. Enig S. Aritonang, Kabiro Pembinaan. Di dalam ibadah, Ompu i Ephorus, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar menandatangani Perjanjian Kerjasama (MoU), Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) dengan Gereja Kristen Protestan Bali (GKPB) dan Universitas Dhyana Pura.

 

Gereja GKPB telah berhasil memberdayakan pelayan dan warganya di bidang kepariwisataan di Bali. Pada kata sambutannya, Ephorus HKBP menyebutkan "seluruh warga di kawasan Danau Toba harus bersyukur. Danau Toba ini merupakan  anugerah Tuhan. Untuk itu seluruh pelayan dan warga  sesegera mempersiapkan dirinya memasuki perkembangan Pariwisata Danau Toba. Namun perlu diingat, pemberdayaan kepariwisataan bukan semata-mata hendak meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat, tetapi dengan keparawisataan ini umat percaya dapat mengimplementasikan imannya, seperti budaya keramahtamahan." Ompu i mengutip nats Alkitab dari  Kejadian 18: 1-15 yang berbicara tentang keramahtamahan Abraham, bapa umat percaya kepada tamu-tamunya.

  "Keramahtamahan sesuatu sikap yang diutamakan dalam budaya Batak, tapi perlu dikembangkan sesuai dengan imannya. Selain itu, di bidang kepariwisataan yang perlu diperhatikan adalah kebersihan."  Ompu i Ephorus berterima kasih atas kesediaan Gereja GKPB dan Universitas Dhyana Pura mau bekerjasama dengan HKBP.

 

Sambutan dari Rektor Universitas Dhyana Pura, Dr. I. Gusti Ray Utama, SE, M.Ma, MA menekankan  kerjasama yang diadakan ini adalah sesuatu tindakan saling melengkapi antara gereja GKPB dan HKBP.

Narasumber yang dihadirkan pada pemberdayaan pelayan dan warga dari GKPB Dhyana Pura, Pdt. Dr. Victorious Adventus Hammel dan 4 orang dari Universitas Dhyana Pura, yaitu rektor, Dr. I. Gusti, Drs. Mangku Nyoman Kandis, M.Ag (Direktur Desa Wisata Academy), Sidi Bayu Turner, S.H, M.Par (Ketua Program Studi D4 Managemen), Putu Chris Susanta, BA, MBA, M.Ed (Ketua Lembaga penelitian dan Pengabdian Masyarakat). Hadir juga di Gedung Raja Pontas,  Pdt. Hasudungan Manalu, S.Th, Praeses HKBP Distrik II Silindung) dan Pdt. Julson Pasaribu, M.Th, Praeses HKBP Distrik IV Toba. (FS)


comments