Pengurus Badan, Komisi, Komite, dan Yayasan Huria Kristen Batak Protestan Periode 2020-2024 Dilantik


Pearaja,Tarutung - Minggu (7/02/2021), Ompu i Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar melantik badan, komisi, komite, dan yayasan HKBP di Gereja HKBP Pearaja Tarutung. Acara pelantikan dilakukan dalam ibadah yang dipimpin oleh Praeses Distrik II Silindung, Pdt. Hasudungan Manalu, S.Th., sebagai liturgis, Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Deonal Sinaga sebagai Pendoa Syafaat, dan Kepala Departemen Marturia, Pdt. Kardi Simanjuntak, S.Th., M.Min., sebagai pengkhotbah. Dalam acara ini hadir juga Kepala Departemen Diakonia HKBP, Pdt. Debora P. Sinaga, M.Th., Menteri Hukum dan HAM, Prof. Dr. Yasonna Hamonangan Laoly secara virtual, Letnan Jenderal TNI (Purn.) Hinsa Siburian, dan banyak undangan lainnya yang hadir secara langsung maupun secara virtual.

 

Acara pelantikan yang dimulai pada pukul 15.00 WIB itu dibuka dalam doa nyanyian dan diikuti dengan khotbah yang dilayankan oleh Kepala Departemen Marturia, Pdt. Kardi Simanjuntak, S.Th., M.Min. Seusai khotbah disampaikan, Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Dr. Victor Tinambunan, MST memberi penjelasan Surat Ketetapan Ephorus mengenai Badan, Komisi, Komite, dan Yayasan HKBP, yang selanjutnya dibacakan oleh Wakil Kepala Biro Personalia HKBP, Pdt. Jhon Edison Silitonga, S.Th.

Adapun ketua badan, komisi, dan komite yang dilantik ialah;

1.      Badan Penyelenggara Pendidikan                                 : Dra. Devi Simatupang

2.      Badan Audit                                                                       : Sahat Pardede, CPA., MBA.

3.      Badan Penelitian dan Pengembangan                        : Pdt. Dr. John Kristo Naibaho

4.      Badan Pemulihan Aset                                                   : Dr. Januari Siregar

5.      Komisi Teologi                                                                   : Pdt. Dr. Sukanto Limbong

6.      Komisi Aturan dan Peraturan                                         : Pdt. Daniel Harahap, M.Th.

7.      Komisi Beasiswa                                                              : Dr. Mula Sigiro, M.Si., P.hD.

8.      Komisi Pengembangan Sumber Daya Pelayan          : Pdt. Frits Henry Hutapea, S.Th.

9.      Komisi Keuangan                                                             : St. Obrin Lumbantoruan

10.  Komite Gereja dan Masyarakat                                     : Pdt. Dr. Binsar Pakpahan

 

Selain itu, pelantikan juga dilakukan kepada para pengurus Yayasan Universitas HKBP Nommensen dan kepada pengurus Yayasan Kesehatan HKBP, yaitu kepada;

a.       Yayasan Universitas HKBP Nommensen;

1.      Ompu i Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar bertindak sebagai pembina

2.      Dr. Ir. Budi Situmorang bertindak sebagai pengurus

3.      Menteri Hukum dan HAM, Prof. Dr. Yasona Hamonangan Laoly bertindak sebagai pengawas

b.      Yayasan Kesehatan HKBP

1.      Ompu i Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar bertindak sebagai pembina

2.      Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian bertindak sebagai pengurus

3.      dr. Rosma Napitupulu, MARS., bertindak sebagai pengawas

 

Seusai Surat Ketetapan diserahkan oleh Ompu i Ephorus, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar, Menteri Hukum dan HAM yang juga bertindak sebagai pengawas Yayasan Universitas HKBP Nommensen, Prof. Dr. Yasonna Hamonangan Laoly memberikan kata sambutan secara virtual. Dalam sambutannya, Prof. Yasonna mengatakan bahwa, “Tugas yang telah diberikan bukanlah hal yang mudah karena ini adalah tugas pelayanan. Oleh karena itu saya meminta doa dari Ompu i Ephorus untuk mendoakan kami agar dapat melakukan tugas dan pelayanan ini dengan baik dan benar sambil tentu saja meminta pertolongan yang dari Tuhan untuk memampukan kita.”

Menyambut ucapan Prof. Yasonna Laoly, Ompu i Ephorus mengucapkan terima kasih atas kesediaan Prof. Yasonna untuk berkomitmen bersama menjadi bagian dari pengawas Universitas HKBP Nommensen.

Setelah ibadah pelantikkan usai, acara dilanjutkan dengan pemberian kata sambutan yang disampaikan oleh Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian mewakili pengurus yang telah dilantik. “Kami siap untuk memberikan yang terbaik untuk kemajuan HKBP. Dan kami yakin setiap jemaat juga akan melakukan yang terbaik kepada HKBP untuk kemajuannya di masa mendatang.” Ujar Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian.

 

Menutup acara pelantikan, Ompu i Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar menyampaikan bimbingan pastoral. Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butabutar mengatakan, “Kami sebagai pimpinan HKBP mengucapkan rasa terima kasih kami yang sangat mendalam. Kami berterima kasih kepada bapak, ibu yang bersedia memikul beban yang berat dalam pelayanan di HKBP ini.” “Banyak organisasi-organisasi yang kita miliki semakin mengalami penurunan, hidup segan mati tak mau. Karena itu besar harapan kami agar yang bertugas di badan pendidikan untuk dapat memajukan badan pendidikan HKBP agar anak-anak kita tidak lagi berlari-lari untuk mendaftarkan diri ke tempat pendidikan lain, tetapi akan belajar di badan pendidikan HKBP.” Ucap Pdt. Robinson Butarbutar. Lebih lagi, Ompu i Ephorus menyampaikan, “Kepada pengurus komisi teologi, kita tahu bahwa sampai saat ini masih banyak masalah-masalah teologi yang kita hadapi. Saya pernah menghadapinya juga ketika dulu masih di komisi teologi. Karena itu hanya berharap kepada komisi teologi dan kepada badan dan komisi yang lainnya agar kita bersama dapat mendorong HKBP menjadi lebih maju dalam segala aspek. Kepada komisi keuangan juga kiranya dapat membantu sistem keuangan di HKBP menjadi lebih maju dan transparan. Agar nanti semuanya dapat teratur, terlihat seberapa besar pemasukan dan pengeluaran yang ada di HKBP. Semuanya ini nantinya akan dapat dilihat dalam website kita. Begitu juga dengan dana pensiun kita yang saat ini masih kekurangan cukup banyak sesuai pemberitahuan OJK, kita berharap nantinya satu tahun ini akan dapat terpenuhi sebelum kita beranjak ke persoalan sentralisasi balanjo pelayan HKBP yang akan kita lakukan ke depannya. Ini semua juga nantinya akan kita lihat indeks keberhasilannya di bulan Oktober mendatang dan tahun-tahun berikutnya agar kita tahu apakah semua program ini sudah berjalan dengan baik atau tidak.”


Seusai bimbingan pastoral disampaikan oleh Ephorus, acara pelantikan ditutup dalam doa yang dilayankan oleh Kepala Departemen Diakonia, Pdt. Debora P. Sinaga, M.Th., dan dilanjutkan dengan acara ramah tamah dan berfoto bersama para pengurus badan, komisi, komite, dan yayasan HKBP periode 2020-2024 dengan para pimpinan HKBP. (SN-CP)










comments