"Minggu XVI Dung Trinitatis
Topik: NDANG MARPANSOHOTAN ASI NI ROHA NI TUHAN I (TAK BERKESUDAHAN KASIH SETIA TUHAN)"

Ev: Andung 3:19-26/Ep: 2 Timoteus 1: 1 - 14

Penjajakan Kerja Sama Departemen Diakonia HKBP dengan PT Buana Persada Internasional & PT Digital Handal Indonesia

Pematang Siantar, 27 November 2021

Departemen Diakonia HKBP yang dipimpin oleh Pdt. Debora Purada Sinaga, M. Th mendapat tawaran kerja sama yang menarik dari PT. Buana Persada Internasional dan PT. Digital Handal Indonesia. Setelah diawali dengan komunikasi secara informal selama beberapa waktu, Departemen Diakonia HKBP menerima tawaran untuk melakukan pertemuan dengan PT. Buana Persada Internasional dan PT. Digital Handal Indonesia. Pertemuan dilakukan pada hari Sabtu, 27 November 2021 di Cafe "Pemuda Berkarya" Tuonan.


PT. Buana Persada Internasional dan PT. Digital Handal Indonesia dihadiri oleh beberapa perwakilan, diantaranya Bapak Irfan, Ibu Pujakusuma, Bapak Judika Panjaitan, Bapak Chandra Silitonga, Ibu Magda Manurung dan perwakilan lainnya. Selain Kepala Departemen Diakonia HKBP, beberapa staff Departemen Diakonia juga hadir bersama dalam pertemuan tersebut. Beberapa di antaranya adalah Bapak Pdt. Palti Panjaitan, Ibu Diakones Emmy Rajagukguk, Ibu Diakones Yenny Togatorop, dan lainnya.



Dalam pertemuan ini, Bapak Chandra dan Bapak Judika Panjaitan memperkenalkan budidaya pohon porang yang sudah berhasil di beberapa daerah di Pulau Jawa. Pohon porang bernilai ekonomis dan dapat menyokong program ketahanan pangan karena tanaman tersebut dapat dijadikan alternatif nasi yang sehat karena mengandung karbohidrat yang rendah. Bapak Chandra dan Judika juga menawarkan kerja sama dalam pengelolaan serta penjualan yang mudah untuk menghindari para tengkulak yang dapat merugikan pembudidaya porang. Budidaya porang sendiri dapat dilakukan di halaman yang tidak terlalu luas atau di lahan-lahan yang biasanya dibiarkan tertidur.

Kepala Departemen Diakonia HKBP menyambut baik tawaran ini sekalipun memang beliau menyatakan bahwa Departemen Diakonia masih akan mempelajari secara mendalam tawaran kerja sama tersebut.

Pertemuan berlangsung dengan diskusi santai sambil menikmati sajian makanan dan minuman yang disiapkan oleh para pelayan Cafe Pemuda Berkarya Tuonan. Mari kita berdoa sehingga kerja sama yang baik dapat segera terwujud dan HKBP lewat Departemen Diakonia dapat memberdayakan lahan-lahan kosong jemaat untuk peningkatan perekonomian jemaat, masyarakat, bangsa dan negara di masa depan.



HKBP menjadi berkat


Pustaka Digital