"Asa tung ditanda hamu, Ahu do Jahowa, ia dung Hubahen tu hamu hombar tu goarHu, ndada hombar tu dalanmuna angka na jahat i, jala ndada hombar tu pambahenanmuna angka na busuk i, hamu ale pinompar ni Israel, ninna Tuhan Jahowa.

Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, pada masa Aku, oleh karena nama-Ku, tidak memperlakukan kamu selaras dengan tingkah lakumu yang jahat dan yang busuk, hai kaum Israel, demikianlah firman Tuhan ALLAH."

Hesekiel 20: 44

Penjemaatan Marturia HKBP

Doloksanggul (22/3), Kepala Deaprtemen Marturia HKBP mengikuti kegiatan sermon distrik III Humbang yang bertempat di Kantor HKBP Distrik III Humbang-Doloksanggul. Sermon distrik dimulai pada pukul 11.00 wib yang dihadiri oleh pelayan penuh waktu dan calon pelayan di HKBP Distrik III Humbang. Sermon dibuka dengan nyanyian dan doa pembukaan, setelah itu dilanjutkan dengan pembahasan teks khotbah yang tertulus dari Titus 2:11-14. Dalam pembahasan beberapa point yang boleh menjadi rangkuman teks khotbah secara khusus kontribusi dari Ibu kadep menjelaskan:

  1. Jika kita mampu mengucap syukur maka hidupnya akan selalu merasakan sukacita dari Tuhan
  2. Jika kita mengenal kasih karunia Kristus maka kita juga akan merasakan sukacita dari Tuhan
  3. Sukacita tidak sematmata berasal dari apa yang kita miliki saat ini, tetapi berpegang teguh akan kasih karunia Allah memampukan kita bersukacita.
  4. Kita yang setia menanti kedatangan Tuhan adalah yang selalu berpegang pada kasih karunia Allah.
  5. Tuhan juga ikut bersukacita jika kita bersukacita.

Setelah kegiatan sermon selesai, praeses HKBP Distrik III Humbang menjelsakan infomasi dan berita distrik selama seminggu kedepan. Kemudian dilanjutkan penjemaatan dari ibu kadep mengenai kegiatan dan pelayanan Marturia. Pertama mengenai program distrik III Humbang, yaitu: Ibadah raya anak sekolah minggu HKBP, Pesta sarune, Pelayanan Eko Pastoral Care. Kedua, pelayanan Marturia yang dibagi di dalam dua bagian besar, yaitu: Zending dan ibadah music. Mengenai Zending HKBP, sampai saat ini memang sudah ada empat pos yang diresmikan menjadi resort di HKBP pada tahun 2017 lalu. Kemudian ada dua pos lagi yang masih dilayani dan diperhatikan oleh zending kita yaitu : Bengkalis dan Pemayongan Jambi. Pelayan zending kita saat ini rata-rata sudah melayani diatas 10 tahun dengan kebutuhan yang cukup. Rencana kita zending eksternal ini akan kita perluas ke daerah-daerah seperti: pulau jawa, Kalimantan bahkan keluar negeri. Sedangkan zending internal, kita maksimalkan pelayanan kita kepada jemaat yang masih belum hadir di gereja melalui kunjungan dan trobosan baru melalui kegiatan dan pendekatan pribadi lepas pribadi. Begitu juga pelayanan kepada pedagang, supir, tukang becak dan mahasiswa. Pelayanan ibadah music, saat ini kita sudah menerbitkan buku khotbah marturia untuk menambah refrensi para pelayan dalam mempersiapkan khotbah minggu dan kebaktian lingkungan.

Seusai sermon dan penjemaatan pelayanan Marturia HKBP praeses menyampaikan agar lebih semangat lagi dalam pelayanan sebab susah kita saat ini dapat dibandingkan dengan pelayanan zending yang masih sulit dalam hal dana dan fasilitas. Praeses juga mengucapkan terima kasih atas informasi yang telah disampaikan oleh ibu kadep, setelah itu praeses menyambut rombongan ibu kadep dan peserta sermon makan siang bersama di kantor distrik III Humbang. // JLS

 

 

 

comments

Leave a Reply

Pustaka Digital