"Tungki do rohangku di bagasan, dibahen i marningot do ahu di Ho sian luat martopihon Jordan, dohot sian Hermon, sian dolok Misar.

Jiwaku tertekan dalam diriku, sebab itu aku teringat kepada-Mu dari tanah sungai Jordan dan pegunungan Hermon, dari gunung Mizar."

Psalmen 42: 7

Penutupan Training Clinical Pastoral Education, Peserta Berharap juga Diadakan di Setiap Distrik


Kepala Departemen MarturiaPdt Dr Anna Ch Vera Pangaribuan memimpin ibadah penutupan kegiatan Training Clinical Pastoral Education di RSUD Djasamen Saragih, Pematangsiantar, pada Jumat (10/5/2019). Ibadah penutupan ini dihadiri oleh Wakil Direktur RSUD Djasamen Saragih dr W Saragih. Ibadah di padukan dengan kesan pesan yang disampaikan oleh peserta dan dr W Saragih.

Dalam khotbah yang tertulis di Kitab Mazmur 25: 5, Pdt Anna Pangaribuan menekankan percaya dan pasrah hanya kepada Allah. Ada banyak tawaran di dunia ini untuk menjauhkan manusia dari Allah. Tetapi, melalui firman Allah, manusia diingatkan untuk menyakinkan diri kepada Allah yang dipercayai. Jalan Allah adalah jalan yang terbaik dari segala jalan yang ada di dunia ini. Pertolongan Allah adalah pertolongan yang sangat tertinggi dari semua pertolongan yang ada di dunia ini. Melalui berserah diri, fokus harus kepada Allah yang memberikan jalan, pertolongan dan rencana yang terbaik di dalam dunia ini.

Setelah khotbah disampaikan, acara penyampaian kesan pesan dari perserta diwakilkan oleh Pdt Ligat Simbolon, yang mengucapkan terima kasih kepada Departemen Marturia HKBP telah menyelenggarakan kegiatan ini. Peserta mendapatkan banyak pengalaman serta pengetahuan semakin bertambah di kegiatan yang sudah berlangsung selama lima hari ini, 6 – 10 Mei 2019.


Pdt Ligat Simbolon berharap kegiatan ini dapat dikembangkan di setiap distrik supaya pelayan di HKBP memahami dirinya sendiri dalam ruang lingkup pelayanannya di HKBP. Begitu juga tidak lupa manyampaikan kepada pihak RSUD atas perkenananya pemakaian gedung, fasilitas dan kunjungan kepada pasien.

Dr Saragih berlaku sebagai atas nama RSUD Djasamen Saragih mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan HKBP sebagai tuan rumah untuk Training CPE.


Dalam bimbingan dan arahannya, Kadep Marturia berpesan, agar pesertamempraktekkanTrainingCPE ini di setiap gereja yang dilayani. Bila memungkinkan, ditingkat distrik juga kita dorong agar dapat melaksanakan Training CPE sehingga para pelayan diperlengkapi oleh kita untuk kita HKBP,” ujar Pdt Anna.

Setelahnya, panitia memersiapkan acara jamuan kasih. Jamuan kasih ini merupakan bentuk dari kepedulian dan memberikan semangat kepada satu sama yang lain. Pada akhir acara, panitia memberikan sertifikat kepada peserta. (JLS / Edt: DM)









comments

Leave a Reply

Pustaka Digital