"Pesta Parningotan Ari Hananaek Ni Tuhan Jesus
Topik: Gabe Sitindangi Ni Kristus Tu Sandok Portibi On (Menjadi Saksi Kristus Sampai ke Ujung Bumi)"

Ev: Ulaon ni Apostel 1:6-11/Ep: Psalmen 68:8-19

Penyerahan Bantuan Tim TaBe Distrik Medan Utara kepada 15 Keluarga

BELAWAN, www.hkbp.or.id - Praeses HKBP Distrik XXXI Medan Utara Pdt Suwandi Sinambela STh MPsi bersama dengan Pendeta HKBP Resort Belawan Baru Pdt Gerhard P Sihombing MTh dan Tim Tanggap Bencana (TaBe) Distrik pada Minggu (13/3/2022) di HKBP Pajak Baru Resort Belawan Baru, kota Medan, Sumatra Utara, menyerahkan bantuan kepada 15 Kepala Keluarga yang rumahnya terkena musibah bencana alam puting beliung pada November tahun lalu.


Penyerahan bantuan tersebut dilaksanakan di kebaktian Minggu yang dihadiri ratusan warga jemaat. Dalam khotbahnya yang didasarkan pada Kitab Kejadian 15: 1-6, Pendeta Suwandi mengajak seluruh jemaat untuk berserah kepada rencana Tuhan, apalagi ketika mereka menghadapi pergumulan, khususnya kepada 15 keluarga yang secara langsung menghadapi bencana tersebut.


Pendeta Suwandi menyatakan, sikap Abram yang menjadi tokoh Alkitab di dalam firman Tuhan pada Minggu Reminiscere tersebut patut diteladani, sebab ia tunduk dan percaya kepada apa yang difirmankan oleh Tuhan. Dan Tuhan memperhitungkannya sebagai suatu kebenaran.


Lebih lanjut lagi ia mengatakan, demikian juga dengan pengalaman bencana yang dialami 15 keluarga akan mendapatkan pertolongan dari Tuhan untuk keluar dari pergumulan karena bencana tersebut. Rasa percaya mereka kepada Tuhan yang membuka banyak uluran tangan membantu dan menolong mereka.


Pendeta Suwandi menerangkan, salah satu program distrik ialah Tim TaBe. Sesuai dengan program distrik, apabila ada lebih dari 10 KK yang terkena musibah bencana di salah satu gereja yang berada di wilayah pelayanan Distrik Medan Utara, akan meminta kepada setiap gereja untuk melakukan persembahan ke depan sebagai bentuk satu tubuh di dalam Kristus, yang turut merasakan pergumulan tersebut.

Warga jemaat yang mendapatkan bantuan tersebut bersyukur atas kebaikan Tuhan yang masih memperhatikan mereka melalui gereja. Pendeta Gerhard sebagai pimpinan dan pelayan jemaat di HKBP Pajak Baru juga langsung mengunjungi mereka di saat kejadian dan memberikan topangan doa.


Distrik mengkategorikan kerusakan rumah yang diakibatkan bencana alam tersebut dalam dua bagian, yaitu rusak berat dan rusak sedang. Adapun yang mengalami kerusakan berat pada rumah mereka, yaitu Op Dosma Pardede br Simanjuntak, S Sidabutar br Sinurat, O Silalahi br Panjaitan, B Sinurat br Manurung, N Silalahi br Panggabean.


Mereka yang mengalami kerusakan sedang, yaitu H Sianturi br Tamba, M Manurung br Panjaitan, J Sitorus br Silitonga, IN Pardede br Sihombing, MP Hutabarat br Sinaga, A Purba br Panjaitan, A Manalu br Harianja, Op Steven Lubis br Marpaung. Op Klara Siagian br Napitupulu, dan Op Gibson Gultom.


Adapun Tim TaBe yang turut bersama-sama hadir saat itu, yaitu Penatua/Sintua U Silitonga (Ketua Tim TaBe) dan Sintua M Gultom (Koord Perlengkapan). Juga hadir pelayan gereja dan penatua/sintua pelayan jemaat yang ada di HKBP Pajak Baru.//


Tim Koresponden Distrik Medan Utara:

Pdt. Suwandi Sinambela dan Pdt. Daniel L. Manalu

Pustaka Digital