"Alai di Kristus do hamu, jala di Debata do anggo Kristus.

Tetapi kamu adalah milik Kristus dan Kristus adalah milik Allah."

1 Korint 3:23

Peran HKBP Dalam Pengendalian Penduduk & Keluarga Berencana Provinsi Sumatera Utara

HKBP Distrik X Medan Aceh selaku lembaga keagaamaan yang berada di daerah Provinsi Sumatera utara menjalin mitra dengan Badan Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Provinsi Sumatera Utara. Melalui jalinan kerjasama yang baik, HKBP Distrik X Medan Aceh turut mendukung berbagai Program Pemerintah terkhusus dalam bidang Keluarga Berencana. Praeses HKBP Distrik X Medan Aceh Pdt. Henri Napitupulu, M. Th didaulat sebagai pembicara dalam Seminar Pengembangan dan Penguatan Jejaring Kemitraan Dalam Program Keluarga Berencana, yang dilakukan di Ruang Rapat I Gedung Kantor Gubernur Sumatera Utara, Rabu (1/12/2021).





“Peranan Gereja dalam mendukung Program Keluarga Berencana”, menjadi judul dalam pemaparan presentasi yang dibawakan Praeses HKBP Distrik X Medan Aceh. Dalam pemaparannya, Praeses HKBP Distrik X Medan Aceh menekankan bahwa Keluarga Berencana bukan sebagai jalan menghalangi karunia Tuhan akan pemberian keturunan, namun kita dibawa untuk lebih memiliki tanggung jawab akan keturunan/anak yang diberikan Tuhan kepada kita dalam kesanggupan menjaga, merawat, dan membesarkannya.



Dalam pemaparannya, Praeses juga menekankan kepada para peserta akan pentingnya peran gereja dalam menangkal terjadinya pernikahan dini yang mengakibatkan angka pertumbuhan penduduk yang tentunya juga akan semakin cepat meningkat.
dr. Cristofel Lumbantobing, S.PoG (Ketua Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia) turut menyampaikan materi dengan judul: Manfaat KB & Kesehatan Reproduksi Bagi Keluarga.





Kegitan seminar diikuti peserta 50 orang yang terdiri dari pelayan Pendeta, Bibelvrow, Diakones dan warga jemaat yang merupakan Pelayan & Jemaat HKBP Distrik X Medan Aceh yang telah dipilih dan diunjuk untuk mengikuti seminar tersebut. (Pdt. Martin. S/ P.S – B’TIK).


Pustaka Digital