"Minggu XVI Dung Trinitatis
Topik: NDANG MARPANSOHOTAN ASI NI ROHA NI TUHAN I (TAK BERKESUDAHAN KASIH SETIA TUHAN)"

Ev: Andung 3:19-26/Ep: 2 Timoteus 1: 1 - 14

Peran Sintua Ujung Tombak Pelayanan HKBP, Praeses Pdt. Henri Sampaikan Sintua Harus Menjadi Gembala

“Sintua adalah perpanjangan tangan Tuhan dan mitra pendeta melayani warga jemaat sehingga menjadi ujung tombak pelayanan gereja dan harus menjadi gembala bagi jemaat di lingkungan wilayahnya”. Demikian kutipan yang disampaikan Pdt.Henri Napitupulu,MTh Praeses HKBP Distrik X Medan Aceh pada kegiatan Pembekalan Sintua HKBP se Resort Medan Kota di Gedung Gereja HKBP Jalan Uskup Agung Sugipranoto, Sabtu (12/3).
Pdt.Henri juga menjelaskan bagaimana proses Panjang untuk menjadi seorang sintua dan apa peran dan tugas tugasnya dalam pelayanan gereja di HKBP.



Dalam Rangka Tahun Kesehatian 2022, HKBP Resort Medan Kota mengadakan program pembinaan dan pembekalan kepada pelayan sintua yang ada di resort tersebut dengan menghadirkan dua pembicara yaitu Pdt. Henri Napitupulu dan Pdt. Rospita Siahaan yang dimoderasi Pdt. Tomi Pasaribu HKBP Kemenangan dan Biv. R. br.Panjaitan HKBP UAS.

Pdt. Dr. Rospita Siahaan pada sesinya menyampaikan penjelasan akan peran dan tugas sintua dari sisi teologinya yang ada tertulis diAlkitab. Menurutnya para sintua harus bangga karena tohonan sintua ratusan kali disebut dalam Alkitab. Sintua adalah gembala dan sekaligus domba yang dipilih dari sejumlah domba untuk mengawasi dan membimbing domba domba lainnya. “Memang sangat berat tugas sintua sebagaimana diuraikan dalam Mazmur 23 dan Yohannes 10” kata Pdt. Rospita menjelaskan.



Kegiatan Pembinaan dan Pembekalan Sintua tersebut mendapat respon dari peserta sintua melalui sesi tanya jawab yang diberikan pembicara setelah menyampaikan materi sesi masing masing. Salah seorang sintua mengapresiasi kegiatan pembinaan yang dilaksanakan dengan mengatakan sudah 16 tahun tidak pernah dilakukan pembinaaan Sintua di HKBP Medan Kota.

Pendeta Resort Medan Kota Pdt.Peybert Siregar,STh pada pembekalan sintua tersebut memperkenalkan salam TEDUH kepada peserta sintua yang kepanjangannya Taat, Enerjik, Disegani, Ulet dan Handal).
Kegiatan dapat terlaksana berkat kesehatian dan Kerjasama panitia diantaranya Sekben Resort St. Dr.Esar Hutahaean, St.Sepanya Hutahaean, St.OB Manalu, St.Ir. Willy Pardede dan St. Lisbeth br. Tambunan.
Peserta pembinaan Sintua terdiri dari para sintua dan calon sintua dari HKBP UAS, HKBP Kemenangan,HKBP Eklesia, HKBP Kasih Setia dan HKBP Satahi. (Pdt.Henri/P.Sam – B’TIK)



Pustaka Digital