Perayaan Dies Natalis Ke-90 Sekolah Tinggi Bibelvrow HKBP

Sekolah Tinggi Bibelvrow (STB) HKBP rayakan Dies Natalis Ke-90 pada Kamis, (1/8/2024) di Laguboti, Kabupaten Toba. Perayaan dipadu dengan kegiatan peresmian Asrama,  Laboratorium Khotbah dan Musik serta Pembukaan Semester Ganjil Tahun Ajaran 2024/2025 STB HKBP.


Perayaan diawali dengan peresmian Asrama,  Laboratorium Khotbah dan Musik oleh Ompu i Ephorus, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar didampingi Sekretaris Jenderal, Pdt. Dr. Victor Tinambunan, MST, Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, Kepala Departemen Marturia yang juga Ketua Yayasan STT HKBP, Pdt. Daniel Taruli Asi Harahap, M.Th, Kepala Departemen Diakonia, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th, Ketua STB, Pdt. Dr. Benni Sinaga, Ketua Panitia Pembangunan, Biv. Risma Sinaga, S.Th, M.Hum yang  disaksikan mahasiswi-mahasiswi dan para undangan.


Menurut Biv. Risma bahwa biaya pembangunan kedua gedung baru tersebut sekitar  3,2 miliar rupiah. Alumni STB HKBP bersepakat untuk memberi sumbangan sukarela dan menggalang dana dari para donateur. 


Ompu i Ephorus juga banyak menghimpun dana dari para donateur untuk pembangunan ini, terang Biv. Risma.


Kegiatan dilanjutkan dengan ibadah yang di dalamnya  Ketua STB secara resmi membuka tahun akademik 2024/2025. Para Bibelvrow yang baru usai menyelenggarakan Rapat di Hotel Labersa sangat antusias mengikuti  Dies Natalies ke-90 STB. 


Pengkhotbah, Pdt. Ridoi Batubara, S.Th mengapresiasi HKBP sebagai gereja yang terus berjuang untuk kesetaraan gender. Setiap tahun jumlah pelayan penuh waktu dari kaum perempuan semakin meningkat dan telah menduduki unsur pendeta resort, praeses dan Pimpinan.  


Keterangan  Pdt. Ridoi  ini banyak dijelaskan oleh para  undangan yang didaulat untuk memberi kata sambutan, antara lain: Ketua Yayasan STT HKBP, Pdt. Daniel menerangkan bahwa lembaga, tohonan komunitas  Bibelvrow tidak akan pernah bubar, tetapi tetapi akan tetap eksis walaupun keempat lembaga teologi HKBP disatukan dalam satu payung Yayasan. Kemajuan satu lembaga pendidikan dinilai dari alumninya. Diharapkan semua alumni terus mengingat dan mensupport almamaternya serta mencintai kebersihan lingkungannya. 


Dalam sambutan Ompu i Ephorus ditegaskan komitmen beliau membangkitkan semua pelayan Bibelvrow yang dimulai dari lembaga persemaian (STB). Ke depan, khotbah-khotbah Bibelvrow sangat menyentuh semua umat yang mendengarnya.


Di samping itu, HKBP adalah gereja yang bernyanyi dan  nyanyian menyehatkan fisik dan jiwa yang dapat memperpanjang umur. Karena itu, saya mengintruksikan kepada para alumni  dan civitas akademika STB membangun satu gedung Laboratorium Musik.  Semua merespon dan bergegas mewujudkannya, jelas Ompu i Ephorus.


Pada kegiatan Dies Natalies ke-90 sebagai pembukaan tahun akademik 2024/2025, STB mengadakan kuliah umum dengan penceramah, motivator ternama yaitu  Parlindungan Marpaung (B.TIK)


Pustaka Digital