Perayaan Pesta Puncak Parheheon Ama HKBP Lumban Rihit


Didasari dengan pergumulan para kaum Ama HKBP agar tetap menjaga eksistensi Imam di tengah-tengah keluarga Kristen Batak, sehingga pada minggu (17/11), bertempat di Gereja HKBP Lumban Rihit, Ressort Lumban Soit, telah dilaksanakan ibadah pesta puncak parheheon Ama HKBP Lumban Rihit dengan diterangi terang tema “haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk dirumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau sedang berbaring, dan apabila engkau bangun (Ulangan 6:7).

Sebelum ibadah dimulai, acara diawali dengan prosesi yang dimana para peserta prosesi disambut dengan tortor batak yang dibawakan oleh kaum Ama HKBP Lumban Rihit. Ibadah pesta puncak Parheheon Ama ini dipimpin oleh Amang Praeses Distrik II Silindung Pdt Sarman Naibahon STh MM. Ada yang berbeda dalam ibadah pesta puncak ini kaum Ama HKBP Lumban Soit melalui Pendeta Ressort Pdt Daniel Simanungkalit STh MM mencoba menggunakan Liturgi Inkulturasi Budaya Batak dalam peribadahan Minggu yang dilaksanakan, sehingga yang menjadi liturgis pada ibadah Minggu ialah Pdt Daniel Simanungkalit STh MM dan Pdt Jonri Panjaitan STh (Sekdis HKBP Distrik II Silindung). Dalam khotbahnya Amang Praeses Pdt Sarman Naibaho mekekankan agar semua keluarga Kristen dengan senang hati untuk berbagi kepada sesamanya, dan haruslah memberi bukan hanya memberi dari apa yang dipunya, melainkan cukup memberikan perhatian atau kepada sesamanya itu sudah menjadi pemberian yang paling besar dalam kehidupan keluarga Kristen.

Turut juga dalam ibadah pesta puncak parheheon Ama ini dihadiri oleh para undangan seperti mahasiswa/i dari AKPER dan AKBID Tarutung, dan juga para kaum Ama yang ada dalam naungan HKBP Ressort Lumban Soit dan seluruh Jemaat HKBP Lumban Rihit. Setelah ibadah selesai, acara kemudian dilanjutkan dengan lelang dan acara makan siang bersama dan pengumunan juara dan pembagian hadiah dalam pertandingan yang sudah dilangsungkan untuk memeriahakan acara parheheon Ama HKBP Lumban Rihit. Sebagai acara penutup, Pesta Puncak Parheheon Ama HKBP Lumban Rihit kaum Ama juga melaksakan pemeriksaan dan pengobatan gratis, pembagian kaca mata baca gratis, Pendeteksian IVA kepada kaum ibu, dan donor darah, hasil kerja sama antara Departemen Diakonia HKBP dengan Yayasan Sumber Kebenaran Internasional (YSKI), dan yang mengikuti aksi pelayan tersebut juga bukan  saja jemaat HKBP Lumban Rihit saja, tetapi turut juga dari gereja-gereja denominsasi lain yang berada di sekitar HKBP Lumban Rihit. (Septian Napitupulu)













comments

Leave a Reply

Pustaka Digital