"Ai Ahu do donganmu,” ninna Jahowa, “laho paluahon ho; ai sun siap do bahenonHu saluhut bangso parbegu haambolonganmu na Hubahen i na sai laon, alai anggo ho ndang siap bahenonHu; ingkon pinsangonHu do ho nian hombar tu uhum, jala ndang tarbahen so toruanHu ho.

Sebab Aku menyertai engkau, demikianlah firman TUHAN, untuk menyelamatkan engkau: segala bangsa yang ke antaranya engkau Kuserahkan akan Kuhabiskan, tetapi engkau ini tidak akan Kuhabiskan. Aku akan menghajar engkau menurut hukum, tetapi Aku sama sekali tidak memandang engkau tak bersalah."

Jeremia 30:11

Perayaan Puncak Tahun Pemberdayaan HKBP Distrik XIX Bekasi

HKBP Distrik XIX Bekasi yang dipimpin oleh Praeses Pdt. Mangatur Manurung, menggelar Acara Puncak Tahun Pemberdayaan HKBP Distrik XIX Bekasi dalam ibadah yang bertempat di Sopo Bolon Gedung Sopo Marpingkir HKBP, Kawasan Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur, pada hari Minggu (28/11/2021).

Perayaan dihadiri oleh warga jemaat, penatua dan pelayan penuh waktu perwakilan dari 21 Resort di wilayah pelayanan HKBP Distrik XIX Bekasi. Anggota MPR RI dari Partai PDIP, Bapak Sukur Nababan, turut menghadiri acara.





Acara diawali dengan ibadah yang dilayankan oleh Praeses Pdt. Mangatur Manurung, M. Th sebagai pengkhotbah dan Pdt. Hotlan Nahulae, M. Th (HKBP Resort Pondok Timur Indah) sebagai liturgis. Perayaan Puncak ini dihadiri oleh 700 orang yang telah melalui pendataan untuk menghindari penyebaran Covid-19.





Bapak Praeses dalam khotbahnya yang berlandas pada Surat 1 Tesalonika 3:1-9, mengajak jemaat untuk hidup dalam kekudusan yang sesungguhnya, untuk menjaga iman agar tidak goyah, dan hidup dalam cinta kasih Allah. “Ini adalah hari dan kesempatan baik untuk menunjukkan kualitas hidup yang benar, serta menaruh kepercayaan  pada waktu kedatangan Yesus Kristus.” Pdt. Mangatur mengutip sepenggal khotbah dari Pdt. JAU yang mengatakan, "Asa tabo na mangolu on etong ma ho naung di surgo", mangolu ma ho di portibi on songon na di surgo i, ninna songon i." Yang perlu kita perbaiki adalah untuk dapat menggunakan waktu sebaik mungkin, dan memiliki pikiran yang positif. 



Mengakhiri khotbahnya, Pdt. Mangatur mengatakan bahwa kita hidup dalam keteduhan cinta kasih dan kemurahan Tuhan, maka kita juga harus mampu mengasihi dan mencintai sesama, terlebih dalam setiap kekurangannya.

Ketua Umum Tahun Pemberdayaan HKBP Distrik XIX Bekasi, St. Dr. Martuama Saragi, menyampaikan: melalui program yang dicanangkan Pimpinan HKBP untuk Tahun 2021 yaitu Tahun Pemberdayaan, seluruh program telah berjalan dengan baik. Hal itu dapat dilihat dari partisipasi segenap gereja dalam kontribusinya di dalam setiap kegiatan. Itu yang menjadi indikator suksesnya Tahun Pemberdayaan ini. Pemberdayaan juga akan menjadi tolak ukur dari pola pembinaan dalam menyambut tema tahun yang akan datang, yaitu Tahun Kesehatian.



Ketua Panitia pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung, sehingga Tahun Pemberdayaan dapat berjalan dengan baik. Ungkapan terima kasih disampaikan kepada seluruh gereja yang telah memberikan waktu, usaha, dan kontribusi pada pelaksanaan program tahun ini. Sejak awal dimulainya Tahun Pemberdayaan 2021, ada banyak kegiatan yang telah dilakukan, antara lain: Pembentukan dan Pelantikan Panitia Tahun Pemberdayaan HKBP Distrik XIX Bekasi, Rapat Panitia Penggalangan Dana, Turnamen Golf “Ephorus CUP”, Pembekalan Pelayan Tingkat Distrik, Dialog Antar Umat Beragama, Penandatanganan MOU dengan PBNU, Pembekalan seluruh Parhalado Huria se-Distrik, Pemberdayaan Guru dan Pengurus Seksi Sekolah Minggu, Pemberdayaan Remaja/Naposobulung HKBP se-Distrik, Kompetisi Konten Video, Ibadah KKR Remaja/Naposobulung se-Distrik, serta Perayaan Puncak Tahun Pemberdayaan HKBP Distrik XIX Bekasi.

Perwakilan MPSD, St. R. Z. Simanjuntak, mengajak seluruh warga jemaat HKBP Distrik XIX Bekasi untuk bersama-sama mencari jalan keluar agar Gedung Sopo Marpingkir menjadi milik Kantor Pusat HKBP secara utuh.

Pemberian ulos juga dilaksanakan kepada warga jemaat masing-masing Resort di Distrik XIX Bekasi, yang disampaikan secara langsung oleh Praeses Pdt. Mangatur Manurung.

Usai ibadah, dilanjut dengan acara Puncak Perayaan yang dimoderasi oleh Harma Pakpahan sebagai pembawa acara. Perayaan berlangsung meriah dengan penampilan Artis dari Silangit, mulai dari Trio Ambisi, Family Trio, Duan Hutauruk, Sisca Manurung, Rita Butarbutar, dan The Bataks Band. 



Pada kesempatan ini, Bapak Sukur Nababan turut berpastisipasi dalam penggalangan dana untuk Panitia Tahun Pemberdayaan Distrik XIX Bekasi sebesar 25 juta dan 15 juta rupiah. Demikian juga dengan St. R.Z. Simanjuntak, yang memberikan sumbangan kepada Panitia sebesar 15 juta rupiah. 

Bapak Sukur Nababan menyampaikan semangat dan motivasi kepada seluruh hadirin, bahwa segala sesuatu dapat dikerjakan dengan melibatkan warga jemaat. Semua tergantung pada bagaimana Pelayan HKBP dapat mempersatukan warga HKBP untuk saling memberi dan menjunjung rasa saling memiliki.

Dalam sambutannya, Praeses Pdt. Mangatur Manurung menyampaikan sukacita atas kehadiran Bapak Sukur Nababan di acara Perayaan Puncak Tahun Pemberdayaan HKBP Distrik XIX Bekasi. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Panitia Tahun Pemberdayaan, atas kebersamaan dalam pelayanan selama ini. Praeses Pdt. Mangatur Manurung memberikan pin dan ulos kepada Bapak Sukur Nababan.





Data ini telah dikonfirmasi kepada Praeses HKBP Distrik XIX dan menghunjuk Pdt. Erwin Panggabean sebagai sumber informasi.


(Pdt. Erwin/P. Sam – B’TIK).

Pustaka Digital