Peresmian Rumah Dinas Pendeta dan Pesta Pembangunan HKBP Kota Baru Resort Kota Baru Distrik XIV Tebing Tinggi-Deli

Minggu, 09 Juli 2023, Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga melayankan khotbah di HKBP Kota Baru, Resort Kota Baru, Distrik XIV Tebing Tinggi-Deli. Sebelum melaksanakan kebaktian minggu, Pdt. Deonal Sinaga, bersama-sama dengan Praeses HKBP Distrik XIV Tebing Tinggi-Deli, Pdt. Sikpan Sihombing, M.Th., M.Pd.K., didampingi pendeta resort dan ketua pembangunan terlebih dahulu meresmikan rumah dinas pendeta resort HKBP Kota Baru. Pembangunan rumah ini dimulai sejak bulan Februari 2023 yang lalu. Panitia pembangunan yang diketuai oleh Erwin Arifin Sihombing, S.T., dengan penuh semangat pelayanan dapat menyelesaikan renovasi plafon dan lantai gereja serta membangun rumah dinas pendeta resort dalam hitungan 22 bulan sejak dilantik pada Agustus 2021 yang lalu. 




Adapun dana yang dihabiskan untuk menyelesaikan renovasi plafon dan lantai gereja serta pembangunan rumah dinas pendeta resort ini adalah sekitar 1,1 Milyar rupiah. 80 % dana ini adalah hasil swadaya warga jemaat yang dikumpulkan melalui iuran per Kepala Keluarga, dana spontanitas, serta pesta pembangunan yang dilakukan sebanyak 3 kali. Pada pesta pembangunan pertama, panitia berhasil mengumpulkan dana Rp.187.000.000,00 dan pada pesta pembangunan kedua berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp.286.000.000,00 sedangkan pada pesta pembangunan ketiga, Minggu, 09 Juli 2023 berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 240.345.000,00.




Jika pesta pembangunan HKBP pada umumnya menghabiskan dana yang cukup besar untuk melaksanakan pesta, namun panitia pembangunan HKBP Kota Baru ini sukses melakukan pesta pembangunan sebanyak tiga kali dengan dana yang sangat minim. Bapak Erwin Sihombing berhasil menerapkan metode swadwaya dari semua warga jemaat untuk melaksanakan pesta. Tingkat partisipasi dan kepercayaan warga jemaat HKBP Kota Baru ini pun terhadap panitia sangat tinggi, bisa disebut di angka 80 %. Biaya konsumsi (yang pada umumnya adalah biaya paling besar) pesta disumbangkan oleh warga jemaat secara bergotong-royong. Dana yang dikeluarkan panitia selama melaksanakan pesta pembangunan hanya berkisar 3-4 juta rupiah untuk penyewaan tratak, Kipas Angin dan sound system.



Ketua Pembangunan HKBP Kota Baru yang masih berusia muda (42 tahun) ini mengakui bahwa kepemimpinan Pdt. David Silaban, S.Th., selama dua tahun ini mampu mengembalikan trust warga jemaat untuk pembangunan gereja. “Selama ini kalau kami pesta pembangunan Amang, tidak pernah tembus 100 juta. Tapi dengan kepemimpinana Amang Silaban ini, warga jemaat mulai terlibat aktif dalam proses pembangunan,” ujar Erwin Sihombing. Sejak Pdt. David Silaban melayani di HKBP Kota Baru, database jemaat juga semakin dirapikan. Saat ini statistic HKBP Kota Baru terdiri dari 553 KK, yang Dibagi ke dalam 12 wijk, Kapernaum, Kanaan, Betlehem, Hebron, Tiberias, Galilea, Getsemani, Judea, Jerikho, Nazareth, Betania, dan wijk Jerusalem. Warga jemaat pemuda terdiri dari 523 jiwa, remaja 191 jiwa, sekolah minggu 287 jiwa, dan total warga jemaat HKBP Kota Baru terdiri dari 1.909 jiwa. Saat ini HKBP Kota baru dilayani oleh 3 orang pelayan penuh waktu, selain pendeta resort, ada Gr. Ferry Tambunan, dan Diak. Poibe Purba. Pelayan penuh waktu ini dibantu oleh 25 orang sintua.



Dalam khotbahnya Pdt. Deonal Sinaga juga mengapresiasi pencapaian HKBP Kota Baru ini, “ai dapotan pasupasu, gogo, dohot las ni roha do sian Tuhan Debata, ganup na manghasiholi patikNa, ganup na masiholi marsaor dohot Tuhan i, songon na tapatupa di ibadah parmingguonta na masnsai uli di basagasan sadari on,” ujar Pdt. Sinaga. Salah satu kutipan khotbah Pdt. Deonal Sinaga lainnya juga adalah, “Hidup dalam Kristus menghasilkan buah nyata. Orang yang cinta Taurat Tuhan digambarkan seperti pohon yang ditanam di tepi aliran air. Demikianlah orang yang hidup dalam Kristus menghasilkan buah-buah yang manis, indah, dan berguna: cinta kasih, kelemahlembutan, sukacita, damai sejahtera, semangat, dan energi positif yang akan membuat orang lain hidup semakin bergairah, semangat, dan berpengharapan.” Acara pesta pun selesai pada pukul 17.10 WIB. (DK-NXC)

Pustaka Digital