"Dung i didok Jahowa ma tu si Josua: Unang ho mabiar, jala unang tahuton!

Kemudian berfirmanlah TUHAN kepada Yosua: "Janganlah takut dan janganlah tawar hati."

Josua 8:1a

PERINGATAN KENAIKAN TUHAN YESUS DI HKBP DISTRIK XX KEPULAUAN RIAU

Kamis-Minggu, 26-29 Mei 2022, Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, melakukan kunjungan pastoral di HKBP Distrik XX Kepulauan Riau. Pada kebaktian Peringatan Kenaikan Tuhan Yesus, Pdt. Deonal Sinaga melayankan khotbah di HKBP Nomensen Kota Piring, pada pukul 08.30 WIB dan di HKBP Tanjung Pinang pukul 11.00 WIB. Kemudian pukul 14.00 – 16.00 WIB memberikan ceramah pemberdayaan seluruh parhalado HKBP Distrik XX Kepulauan Riau Regional II yang terdiri dari 3 resort, HKBP Resort Tanjung Pinang, HKBP Resort Nomensen Kota Piring, dan HKBP Resort Tanjung Uban.



HKBP Nomensen Kota Piring merupakan resort yang diresmikan tahun 2015 sebagai resort ke-16 di Distrik XX Kepri. Jemaatnya terdiri dari 287 KK, dilayani pendeta resort, Pdt. Deser Nababan, S.Th., dan Bvr. Rika V. Simanjuntak, 24 orang sintua (7 orang diantaranya adalah sintua perempuan), dan 9 orang calon sintua. Jemaat ini terdiri dari 8 wijk. Lokasi gereja berada di Jln. D.I. Panjaitan GG. Putri Balkis No. 10 Batu 6 Tanjung Pinang. Sejak setahun terakhir mengadakan kebaktian di gedung serbaguna milik gereja karena gedung gereja sedang dibangun kembali, mengingat kapasitas yang tidak memadai lagi.


HKBP Tanjung Pinang adalah resort pertama di pulau Bintan. Seluruh jemaat di pulau Bintan tadinya merupakan jemaat filial dari HKBP Tanjung Pinang yang sudah berdiri sejak 31 Oktober 1951. Dekade demi dekade, perkembangan jemaat terjadi, sehingga saat ini jemaat filialnya tersisa dua, HKBP Rogate-Kijang, dan HKBP Bintan Center. Jumlah jemaat HKBP Tanjung Pinang sendiri saat ini berjumlah sekitar 680 KK, dan terdiri dari 10 wijk, dilayani satu orang pendeta, Pdt. Pieterson Purba, S.Th., Bvr. Mastuti Siahaan, Diak. Salti Lusmita Lubis, Gr. Jotan Silaban, 21 orang sintua, dan 2 orang calon sintua (6 orang diantaranya adalah sintua ina). Kebaktian Minggu terdiri dari 4 sesi, pukul 07.00, pukul 09.00, pukul 11.00, dan pukul 16.00 WIB. Kepala Departemen Koinonia HKBP melayankan khotbah pada perayaan peringatan Kenaikan Tuhan Yesus pada kebaktian pukul 11.00 WIB.


Pembinaan parhalado yang diselenggarakan HKBP Distrik XX Kepulauan Riau Regional II ini baru pertama kali terjadi dan menjadi catatan sejarah yang baru, karena kali pertama seluruh sintua yang berada di pulau Bintan dapat berkumpul. Di pulau Bintan terdapat 3 resort, yakni HKBP Resort Tanjung Pinang, HKBP Resort Tanjung Uban, HKBP Resort Nomensen Kota Piring. Jumlah peserta yang hadir sekitar 122 orang.



Pembinaan ini berlangsung dari pukul 14.00 – 21.00 WIB di gedung gereja HKBP Tanjung Pinang, dan dibagi ke dalam 3 sesi. Kepala Departemen Koinonia HKBP memberikan motivasi dengan judul ceramah “SEHATI” Memberikan Pelayanan Terbaik untuk HKBP – Striving for Excellence. Sedangkan praeses HKBP Distrik XX Kepulauan Riau, Pdt. Renova Sitorus, S.Th., memberikan ceramah dengan topik, Liturgi Minggu dengan Aspek Prakmatika, dan sesi ketiga diisi oleh Wakil Kepala Biro Ibadah & Musik HKBP, Gr. Abdul Rahman Sitorus, dengan topik Musik Gereja dan Penerapannya dalam Ibadah Minggu. DK-NXC