"Tung na balga do angka jadijadianMu, ale Jahowa, bagas situtu do angka pingkiranMu.

Betapa besarnya pekerjaan-pekerjaanMu, ya TUHAN, dan sangat dalamnya rancangan-rancanganMu"

Psalmen 92:6

Permintaan Bupati Dairi Eddy KA Berutu kepada Ephorus HKBP: Tetaplah Bimbing Kami Semua


Kabupaten Dairi berbahagia dikarenakan bisa berlangsung merayakan Natal Oikoumene Dairi bersama lintas gereja dan masyarakat, terlebih juga dengan hadirnya Ompu i Ephorus HKBP bersama Ompu Boru, yang berkenan memberikan pesan Natal kepada kita semua, begitu kutipan sambutan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu di Perayaan Natal Oikoumene Dairi pada Sabtu (28/12). 

Kabupaten Dairi mengadakan Natal Oikoumene yang dilayani Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing bertempat di Gedung Olah Raga (GOR) Sidikalang. Ribuan warga memadati Gedung GOR dan pelataran mengikuti Ibadah dan Perayaan Natal yang berlangsung sukacita. Perayaan Natal ini diikuti dari lintas denominasi gereja, banyaknya Pendeta dan Pastor yang hadir, utusan warga dari setiap kecamatan, perwakilan dari Partai Politik yang ada di Dairi, Para Pejabat Daerah, Para Tokoh Masyarakat, demikian juga dari Lembaga dan Perbankan.  

Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing didampingi Ompu Boru M. Br. Siahaan, Praeses HKBP Distrik VI Dairi Pdt. Winner Sitorus, S.Th, Wakil Kepala Biro Jemaat HKBP Pdt. Daslan Rajagukguk, beserta Isteri, Pdt. Yahezkiel Panjaitan, Pdt. Desima br. Sihotang, dan beberapa staff tiba di kediaman Bupati yang langsung disambut Bupati Dairi Dr. Eddy K.E. Berutu beserta Isteri dan para Kadis serta tokoh masyarakat.

Tampak keakraban satu sama lain, kerinduan perjumpaan yang sudah lama tidak bertemu mewarnai sambutan Bupati Dairi, ditambah lagi dengan suguhan makan siang bersama yang turut diikuti Wakil Bupati Diari Jimmy Sihombing, SH bersama SKPD lainya, para Pendeta dan Pastor dari denominasi gereja – gereja yang ada di Kabupaten Dairi.

Mengawali Natal Oikoumene, Bupati Dairi bersama Ephorus HKBP dan Wakil Bupati Dairi bersama – sama memberangkatkan arak – arakan Natal yang diikuti warga dengan mobil – mobil hias serta musik dan lagu Natal. Setibanya di lokasi GOR, para TNI dan Polri serta warga menyambut rombongan sekaligus mengawali prosesi memasuki  GOR.  


Dalam khotbahnya, Ephorus HKBP menekankan kalau peristiwa Natal itu adalah perbuatan Allah untuk mengangkat harkat dan martabat manusia. Allah berkenan turun ke dunia menjadi manusia, lahir di kandang domba, manusia yang dipastikan hanya akan memperoleh maut dikarenakan dosa, tetapi menjadi beroleh kehidupan yang kekal dengan iman percaya kepada AnakNya Yesus Kristus. Natal adalah perayaan peringatan kelahiranNya yang mengingatkan dan meneguhkan iman kita agar setia di dalam FirmanNya.

Ephorus HKBP menambahkan, Perkataan Yesus yang mengatakan, Aku menyebutmu sebagai sahabat, ini bukti konkret martabat manusia diangkat, yang awalnya hamba menjadi sahabat. Seorang Hamba tidaklah tahu apa yang dikerjakan tuannya bahkan tidak perlu tahu apa makna pekerjaannya sebab dia bekerja hanya untuk tuannya. Tetapi Yesus menginginkan kita bukan sebagai hamba justru sebagai sahabat. Seorang sahabat hadir bukan hanya pada saat bersukacita, tetapi juga ketika kita terpuruk, ketika kita membutuhkan pertolongan, ketika kia lemah, sehingga perkataan Yesus membuktikan kehadirannya kepada kita setiap saat sebagai seorang sahabat tanpa mengenal waktu dan batasan. Bila Yesus mengatakan kepada kita sahabat, tentu ini menjadi tugas kita juga untuk menjadi sahabat bagi semua orang, bukan hanya kepada Kristen, tetapi juga kepada umat beragama lainnya, bukan hanya kepada satu suku, tetapi lintas suku, bukan hanya satu bangsa, tetapi semua bangsa. Ini juga sejalan dengan ungkapan, 100 orang sahabat itu masih terlalu sedikit tetapi satu orang musuh itu sudah terlalu banyak. Di dalam kehidupan kita, kita dipanggil untuk menjadi sahabat bagi semua orang, demikian kutipan singkat khotbah Ephorus.

Usai ibadah, acara Natal dilanjut dengan penampilan persembahan pujian dari Ketua TP PKK Ny. Romy Eddy Berutu dengan diawali kata – kata sambutan yang ditentukan panitia. Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan dalam sambutannya, Natal adalah perayaan dan perayaan ini semakin meriah dan kita semua bersukacita atas kehadiran Ompu i Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing bersama Ompu Boru. Dengan perayaan Natal ini, tentu sesuai dengan tema dan subtema Natal ini, maka ini juga menjadi harapan kita bersama, kita harus menjadi sahabat bagi semua orang secara khusus di Dairi ini yang majemuk, berbeda dengan beberapa kabupaten sekitar yang didenominasi satu suku dominan. Bila kita bersahabat, maka tercipta hamoni dan kita akan semakin maju bersama untuk Dairi ini, untuk kita semua. Perlu secara bersama – sama Pemerintah Dairi adalah parhobas bagi masyarakat Dairi, kata Bupati Dairi.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Eddy Berutu juga mengundang Ephorus HKBP bersama Ompu Boru untuk tampil ke depan menerima penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Dairi berupa Ulos dari Pakpak beserta plakat Kabupaten Dairi sebagai ucapan terimakasih. Penyerahan tersebut diawali dengan sepatah kata Wakil Bupati Jimmy Sihombing, SH yang disertai dengan doa dan harapan, kemudian sembari diiringi musik dan disaksikan warga beserta para Pendeta dan Pastor, Bupati Dairi beserta Ibu memberikan Ulos dan Plakat Kabupaten Dairi kepada Ephorus HKBP. (aps)













comments

Leave a Reply