"Minggu Advent I
Topik: RAJA NI HADAMEON NA NAENG RO I (RAJA DAMAI YANG AKAN DATANG)"

Ev: Jesaya 11: 1-10/Ep: Mateus 3 : 1-12

Persidangan Hari Kedua Sinode Agung HKBP ke 66

Hari kedua Sinode Agung HKBP yang ke 66 diawali dengan ibadah pagi yang dipimpin oleh Pdt. Maruasas Nainggolan. Pada ibadah pagi ini diberikan sesi diskusi guna memperdalam Firman Allah memahami maksudnya dan tujuan Allah. (Sipoholon, 26 Oktober 2022)



Hari ini merupakan persidangan ke tiga dengan topik Bericht (barita jujur taon) Ephorus HKBP Pdt. Dr. Robinson Butarbutar Desember 2020 - Oktober 2022. Dalam pemaparan, Ephorus HKBP menyampaikan informasi kinerja pimpinan periode 2020 - 2024. Beberapa laporan yang disampaikan oleh Ephorus seperti pembenahan Perkampungan Pemuda HKBP Jetun Silangit, pembangunan gereja maupun rumah doa, penutupan keminusan dana pesiun HKBP, pemberian bantuan bencana alam kepada warga Taput yang terkena dampak gempa, laporan pemberdayaan tahun kesehatian HKBP, Rapat pimpinan, rapat pendeta, rapat praeses, rapat Diakones dan beberapa laporan kerja pimpinan HKBP dalam jangka waktu dua tahun kerja.


Bapak Steven Tunner, memberikan informasi terkait hutang HKBP ke dana pensiun sebanyak 144,7 miliyar rupiah dan telah tertutupi dengan sisa hutang sebesar 7,7 Miliyar rupiah. Beberapa isu sosial yang terjadi di Indonesia dan dunia pun akan dibahas dalam kelompok pleno di hari ini. 


Pokok penting dalam Sinode Agung HKBP adalah Sentralisasi keuangan. Tim kaji sentralisasi keuangan HKBP bapak Syukur Nababan memaparkan penjelasan terkait sentralisasi yang akan ditetapkan dan dilaksanakan oleh HKBP. Sentralisasi keuangan HKBP adalah sistem manajemen pengelolaan keuangan yang terpusat (penerimaan keuangan HKBP dan pembiayaan HKBP dipusatkan dalam satu sistem manajemen tata kelola). Pokok penting kedua adalah Amandemen IV Aturan dan Peraturan HKBP. Pemaparan mengenai Amendemen IV dipaparkan oleh Kepala Biro Jemaat Pdt. Tumpak Siahaan. Serta beberapa pokok bahasan lainnya yang akan dibahas secara kelompok. 


Usai makan siang dilanjutkan dengan pembagian kelompok diskusi atau pleno. Peserta dibagi menjadi 5 kelompok; kelompok pertama membahas mengenai bericht (barita jujur taon), kelompok dua membahas mengenai lembaga pendidikan HKBP, kelompok ketiga digantikan oleh kelompok empat membahas mengenai sentralisasi keuangan HKBP. 


Setiap pembicara diberikan ucapan terima kasih berupa penyematan ulos oleh Ephorus HKBP. Persidangan hari ini ditutup dan pembahasan pleno akan dilanjutkan di esok hari. Ibadah penutup malam dipimpin oleh Pdt. Eden Siahaan. (BTIK)

Pustaka Digital