"Asa tung ditanda hamu, Ahu do Jahowa, ia dung Hubahen tu hamu hombar tu goarHu, ndada hombar tu dalanmuna angka na jahat i, jala ndada hombar tu pambahenanmuna angka na busuk i, hamu ale pinompar ni Israel, ninna Tuhan Jahowa.

Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, pada masa Aku, oleh karena nama-Ku, tidak memperlakukan kamu selaras dengan tingkah lakumu yang jahat dan yang busuk, hai kaum Israel, demikianlah firman Tuhan ALLAH."

Hesekiel 20: 44

Pesta Gotilon Depok 1: Memberikan Ulos kepada Jemaat Lansia

Seluruh warga jemaat HKBP Depok 1 bersyukur dalam ibadah Pesta Gotilon 2018 pada (7/10). Acara ini dipimpin langsung oleh Sekretaris Jenderal Pdt David F Sibuea MTh DMin dan didampingi Praeses HKBP Distrik Deboskab Pdt Drs Berlin Tamba. Pesta Gotilon kali ini berlangsung di bawah terang tema: Bersyukurlah Kepada Tuhan sebab Ia baik, bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setianya." (Mazmur 136:1).

Seluruh jemaat ikut berpartisipasi dan bersama-sama bersukacita menyampaikan persembahan untuk dapat menyokong pelayanan gereja. Dalam khotbahnya  yang didasarkan dari 1 Tim 4: 1-5, Pdt David Sibuea menyampaikan tugas orang percaya untuk memberitakan firman, baik atau tidak baik waktunya, sabar dalam segala keadaan dan menunaikan tugas pelayanan.

Pada kesempatan ini, sesuai dengan rencana panitia, gereja menyampaikan penghargaan kepada seluruh warga jemaat yang berusia 70 Tahun berupa ulos sebagai doa dan harapan jemaat agar seluruh orang tua sehat dan panjang umur. Banyak yang sangat terharu hingga meneteskan air mata karena acara seperti ini baru pertama sekali dilaksanakan. Sebanyak 137 orang tercatat warga jemaat HKBP yang berumur 70 tahun ke atas pada Oktober 2018.

Pemberian ulos ini akan menjadi program  yang berjalan setiap tahun.  Gereja akan memberikan penghargaan ulos kepada warga jemaat yang berulang tahun ke-70 sebagai apresiasi, doa dan harapan atas umur panjang yang telah dianugerahkan Tuhan. Dasar firman Tuhan bagi program ini dikutip dari Mazmur 90:10: Masa hidup kami tujuh puluh tahun dan jika kami kuat, delapan puluh tahun, dan kebanggaannya adalah kesukaran dan penderitaan; sebab berlalunya buru-buru, dan kami melayang lenyap. Karenanya, usia 70 tahun adalah kasih karunia Tuhan yang sangat berharga. Apresiasinya pemberian ulos ini sekaligus doa dan harapan sebagaimana termaktub dalam Jesaya 61: 10. Ada satu kata terjemahan dalam bahasa Batak disebut Ulos Hatuaon. Lewat apresiasi ini setia orang tua bersuka cita dalam hidupnya di usia lanjut.

Ibadah syukur ini penuh dengan sukacita, terkordinir dengan baik yang di bawah kepanitiaan Sintua Drs WM Sitorus sebagai ketua umum, Sintua P Hutahaean (ketua I), Dr P Sinurat (ketua II), Sintua T Sianturi (ketua III), St Dr TM Napitupulu (sekretaris umum) dan Sintua Richard Sitorus (sekretaris III) dan O Pasaribu (bendahara) dan Calon Sintua Purba (wakil bendahara). Turut melayani juga para seksi, seperti B Simanungkalit (perlengkapan), Ibu Br Silaen (Ny Saibun Sinaga, konsumsi), Pdt Marinda Purba dan Pdt ARIT Tambunan (acara) dan Julpen Gultom dan Carol Tobing (pemandu acara). Acara ini berjalan meriah dengan iringan musik dan gondang oleh tim Musik HKBP Depok 1.

Acara demi acara diikuti dangan syukur dan warga jemaat berpartisipasi melalui apa yang dapat dipersembahkan untuk gereja dari Anak Sekolah Minggu, kaum bapak, perempuan, remaja dan pemuda sampai lansia serta seluruh warga jemaat dari kelompok/wijk.

Dekorasi gereja dihiasi dengan buah-buahan persembahan persekutuan perempuan.  Usai Ibadah, dilanjutkan dengan penampilan tarian tortor Anak Sekolah Minggu, hiburan artis Vanda Hutagalung dan dilanjutkan dengan tortor setiap kelompok yang dikoordinir oleh Sintua Kelompok/Wijk. Sejak awal hingga akhir acara tampak seluruh warga jemaat dengan antusias mengikutinya tetap tinggal di kursi masing-masing.

Untuk memeriahkan pesta gotilon ini ada juga pembagian berkat berupa doorprize, seperti; setrika, rice cooker, kulkas, televisi, sepeda gunung dan satu unit sepeda motor. Seluruh bahan doorprize ini merupakan persembahan dari warga jemaat langsung. Khusus hadiah utama, satu unit sepeda motor didaulat Sekjen Pdt David Sibuea untuk mencabut nomor kupon dan mengumumkannya.

Seusai acara pemberian hadiah Pendeta HKBP Ressort Depok 1 Pdt Nekson M Simanjuntak MTh menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh warga jemaat yang telah mempersembahkan persembahan terbaiknya untuk Tuhan dalam Pesta Gotilon ini. “Tuhan melimpahkan berkatnya bagi kita semua melalui pekerjaan dan usaha masing-masing,” ucapnya. //Pdt Nekson M Simanjuntak / DM

 

comments

Leave a Reply

Pustaka Digital