"Jadi dapothonon ni angka bangso parbegu ma panondangmu dohot angka raja mandapothon sinondang naung binsar di ho.

Bangsa-bangsa berduyun-duyun datang kepada terangmu, dan raja-raja kepada cahaya yang terbit bagimu."

Jesaya 60 : 3

PESTA PEMBANGUNAN HKBP AEK BARINGIN, RESORT SIMARPINGGAN, DISTRIK I TABAGSEL-SUMBAR


Minggu, 10 Juli 2022, Kepala Departemen Koinonia melayankan khotbah pada Pesta Pembangunan Huria HKBP Aek Baringin (huria sabungan HKBP Resort Simarpinggan). Pesta pembangunan ini bertujuan untuk menggalang dana demi kebutuhan renovasi gedung gereja dan rumah pastori, serta perluasan lahan gereja. Saat ini kondisi lahan gereja sangat sempit sebab berada di lereng bukit, tidak memungkinkan lagi untuk diperluas ke depan maupun ke belakang, kecuali lahan di belakang dan di samping gedung gereja dibeli untuk dapat diratakan.



Rangkaian acara pesta terdiri dari kebaktian Minggu, fund raising dalam bentuk lelang, tortor, dan spontanitas yang dipimpin oleh pendeta resort dan Kepala Departemen Koinonia HKBP. Donasi uang dapat diberikan melalui rekening BRI: 0135.01.000793.56.7 Atas Nama: PEMBANGUNAN HKBP AEK BARINGIN.  Hingga acara selesai pukul 16.00 WIB, dana yang sudah terkumpul sejumlah Rp 57.188.000,- dan memenuhi ekspektasi serta target panitia dari total dana yang dibutuhkan sejumlah Rp. 204.300.000.

Dalam khotbahnya, Pdt. Deonal Sinaga menyampaikan, bahwa melakukan hal yang baik dan benar itu, dalam banyak hal kita bisa tanyakan ke dalam lubuk hati kita, dan seketika itu kita  dapatkan jawabannya. Kita tidak perlu mencari-cari dasar berpikir atau falsafah di balik tindakan itu. Hal itu juga benar dengan pernyataan Firman Tuhan sebagaimana nas bagi kita hari ini:

“Perintah ini, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, tidaklah terlalu sukar bagimu dan tidak pula terlalu jauh. Tidak di langit tempatnya, juga tidak di seberang laut…Tetapi Firman ini sangat dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu, untuk dilakukan.”


Firman Tuhan yang disampaikan hamba-Nya Musa adalah perintah untuk mengasihi Tuhan Allah dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya dan berpegang pada perintah, ketetapan, dan peraturan-Nya.

Musa mengingatkan bangsa itu supaya mereka hidup sesuai dengan perintah Tuhan ini ketika mereka memasuki Tanah Perjanjian: tanah yang penuh aliran susu dan madu; berkat-berkat yang datang dari Tuhan.  Jika mereka hidup menurut Firman Tuhan, maka mereka  akan hidup, bertambah banyak, dan diberkati oleh Tuhan.

Sebaliknya, jika mereka melanggar perintah Tuhan, mereka akan mengalami hal-hal yang buruk dalam kehidupan mereka, termasuk kematian, kecelakaan, dan kekalahan dalam peperangan. DK-NXC