PESTA PERESMIAN HURIA NA GOK HKBP POS PELAYANAN KUDUS

HKBP Pos Pelayanan Kudus berada di Kabupaten Kudus yang diresmikan 9 tahun lalu atau tepatnya tanggal 26 Juli 2015, telah diresmikan menjadi Jemaat yang Mandiri atau Huria Na Gok pada tanggal 21 Juli 2024 oleh Sekretaris Jenderal HKBP yakni Pdt.DR.Victor Tinambunan,MST. Pos Pelayanan HKBP Kudus ini berawal dari inisiasi Pdt. Pahala Sitorus, S.Th, yang mana pada saat 9 (Sembilan) tahun lalu adalah Pendeta HKBP Ressort Semarang, yang memiliki gagasan untuk mendirikan Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) di wilayah Kudus – Pati sejak tahun 2012.

Sekitar bulan Februari 2015, Pdt. Pahala Sitorus, S.Th bertemu dengan St. Ir. Yuliadu Hulman Siahaan dan kemudian sepakat untuk merintis mendirikan Pos Pelayanan HKBP di Kudus. Selanjutnya pada hari Minggu, 7 Juni 2015, dilaksanakan partangiangan pertama keluarga Batak Kudus, di rumah St. Ir. YH. Siahaan/ br. Tambunan, di Kudus, dan selanjutnya partangiangan tersebut dilaksanakan tiap minggu di rumah-rumah keluarga Batak di Kudus.

Pada Minggu, 26 Juli 2015, dilaksanakan Peresmian HKBP Pos Pelayanan Kudus oleh Pendeta HKBP Ressort Semarang yakni Pdt. Pahala Sitorus, S.Th dengan jumlah jemaat mula-mula sebanyak 9 (Sembilan) kepala keluarga (KK) dan 3 calon sintua, bertempat di rumah St. Ir. YH. Siahaan, Perumahan Pankis Griya, Jl. Pakis Alam No. B-4, Jepangpakis, Kudus yang kemudian dijadikan sebagai Sekretariat Huria.

Pada akhir tahun 2016, gereja HKBP Pos Pelayanan Kudus membeli sebidang tanah untuk membangun gereja seluas ± 285 m2, SHM No. 01872 Desa Jatiwetan, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus. Setelah dilakukan pembelian tanah, warga setempat tidak memberikan persetujuan untuk berdirinya bangunan gereja HKBP Pos Pelayanan Kudus. Selanjutnya atas saran dan bantuan tokoh Masyarakat, tanah tersebut dijual dan/atau di “tukar tambah” dengan tanah seluas ± 1.615 m2, SHM No. 00970 Desa Tanjungkarang, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus.

Sering berjalannya waktu, jemaat terus bertambah dan pada tahun 2024 menjadi 24 KK dan 28 jiwa jemaat yang sudah lepas sidi (naposobulung). Karena telah memenuhi persyaratan untuk menjadi Jemaat yang Mandiri (Huria Na Gok) maka HKBP Pos Pelayanan Kudus Ressort Semarang ditetapkan untuk diresmikan menjadi Jemaat yang Mandiri (Huri Na Gok). Untuk maksud tersebut dibentuklah Panitia Pesta Peresmian Huria Na Gok dan Pembangunan yang personilnya gabungan dari gereja-gereja HKBP se-Ressort Semarang, diketuai oleh St. Ir. Yuliady Hulman Siahaan dari Psopel HKBP Kudus. Selanjunya pada tanggal 21 Juli 2024 oleh Sekretaris Jenderal HKBP, bapak Pdt. Dr. Victor Tinambunan, MST dengan mengundang gereja-gereja HKBP yang ada di Distrik XVIII Jabartengdiy dan Persekutuan atau Punguan Marga Batak yang ada di Kabupaten Kudus, Jepara, Pati, Demak dan Grobogan.

Sebelum dilakukan peresimian HKBP Pos Pelayanan Kudus Ressort Semarang menjadi HKBP Kudus Ressort Semarang, Sekretaris Jenderal HKBP, amang Pdt. Dr. Victor Tinambunan, MST yang tiba di Kabupaten Kudus pada hari Sabtu tanggal 20 Juli 2024, jam 17.40 Wib bersama rombongan yakni Praeses Distrik Jabartengdiy Pdt. Pahala Sitorus, S.Th, Pendeta HKBP Ressort Semarang Pdt. Patuan H. Simatupang, M.Th, Sekretaris Distrik XVIII Jabartengdiy Pdt. Agus Siahaan,S.Th yang didampingi Uluan Huria, C.Pdt. Samuel A. Napitupulu, S.Si Teol, Ketua Panitia St. Ir. YH Siahaan, Sekretaris Panitia St.Ir.Apul P Simorangkir,SH.,MH.,MBA, Parhalado HKBP Pos Pelayanan Kudus, St.Gultom, St.Limbon dan St.Sihaloho, melakukan peninjauan ke lokasi tanah yang telah dibeli oleh HKBP Pos Pelayanan Kudus untuk dibangun Gereja HKBP Kudus Ressort Semarang di Desa Tanjungkarang, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus.


Kemudian dilangsung doa bersama diatas tanah gereja yang akan dibangun Gereja HKBP Kudus Ressort Semarang oleh amang Sekretaris Jenderal HKBP amang Pdt. Dr. Victor Tinambunan. MST, untuk memohon kepada Tuhan Yesus Kristus memberkati rencana Gereja HKBP khususnya HKBP Kudus Ressort Semarang untuk membangun Gereja atau Bait Allah diatas tanah yang ditinjau dan memohon perlindungan dan penyertaanNYA selama proses Pembangunan GerejaNYA dapat berjalan dengan baik.

Pada tanggal 21 Juli 2024 pada Minggu ke-XVIII Setelah Trinitatis lalu, dilaksanakan peresmian gereja mandiri (huria na gok) Pos Pelayanan HKBP Kudus menjadi HKBP Kudus Ressort Semarang. Peresmian tersebut dilaksanakan dalam suat ibaah yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt.DR.Victor Tinambunan,MST dengan terlebih dahalu melakukan penandatanganan Prasasti Huria Na Gok oleh Ketua Panitia (St. Ir. Y. Hulman Siahaan), Uluan Huria (C.Pdt. Samuel A. Napitupulu, S.Si Teol), Pendeta HKBP Ressort Semarang (Pdt. Patuan H. Simatupang, M.Th), Praeses HKBP Distrik XVIII Jabartengdiy (Pdt. Pahala Sitorus,S.Th), dan Sekretaris Jenderal HKBP (Pdt. DR. Victor Tinambunan, MST)


Pada Pukul 09.00 WIB, ibadah dimulai di mana amang Praeses, Pdt. Pahala Sitorus, STh sebagai liturgis dan Pdt. Patuan H. Simatupang, MTh pendoa syafaat. Dalam ibadah juga ditampilkan Koor Gabungan HKBP Se-Ressort Semarang dengan Judul: “Kobarkan Zending”. Sesuai dengan khotbah dari Yeremia 23: 1 - 6 dengan topik minggu: Jahowa Marmahani Bangsona (Tuhan Menggembalakan Umat-Nya).

Dalam khotbahnya, amang Sekjen HKBP Pdt. DR.Victor Tinambunan, MST menekankan, bahwa Tuhan mengingatkan agar para pelayan harus mau melayani dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati. Para pelayan tersebut di HKBP adalah seperti pendeta, guru huria, bibelvrow, diakones, sintua, begitu juga yang non tahbisan seperti guru sekolah minggu, guru koor, dewan koinonia, marturia, diakonia. Di ayat 1 dikatakan: “Celakalah para gembala yang membiarkan kambing domba gembalaan-ku hilang dan terserak.


Dalam acara ibadah selesai warta jemaat dilanjutkan dengan Peresmian HKBP Kudus menjadi jemaat yang mandiri (huria na gok) oleh Praeses HKBP Distrik XVIII Jabartendiy, Pdt. Pahala Sitorus, STh. Dalam acara tersebut seluruh parhalado dan jemaat dengan terlebih dahulu menyatakan dan sanggup untuk melaksanakan seluruh aturan dan peraturan HKBP. Kemudian Sekertaris Distrik Pdt. Agus Siahaan membacakan Surat Keputusan HKBP yang ditandatangni oleh Ephorus, Pdt. DR. Robinson Butarbutar tentang penetapan HKBP Kudus menjadi jemaat yang mandiri (huria na gok).


Selesai ibadah dilanjutkan dengan sesi foto Bersama dengan seluruh pelayan penuh waktu yang hadir serta Bersama seluruh jemaat HKBP Kudus.

  

(



Selesai foto bersama acara dilanjutkan dengan makan siang bersama dan seterusnya masuk pada sesi penggalangan dana untuk membangun gereja, rumah dinas, gedung sekolah minggu, dan sekretariat HKBP Kudus. Penggalangan dana terseut Panitia melakukan pembagian lelang parsel buah dan makanan, lelang bahan ukiran, dan lelang lagu dari amang Sekjend, amang Praeses, dan amang Pendeta Ressort, dimana seluruh hasil lelang tersebut diserahkan kepada panitia.


Acara Pesta Huria dan Pembangunan ini bertujuan menggalang dana untuk pembangunan gedung gereja HKBP Kudus, pembangunan rumah dinas pendeta (rumah pastori) dan gedung sekolah minggu. Acara dibuka dengan gondang pamuhai oleh amang Sekjen dan inang, Praeses dan inang, Pendeta Ressort dan inang, uluan huria serta ketua panitia dan inang. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian ulos serta pin emas logo HKBP oleh amang Sekjen. Amang Sekjen serta Praeses dan Pendeta Ressort juga berpartisipasi dengan melelang lagu dan tortor.


Dalam Pesta Huria ini semua keluarga Batak di Kabupaten Kudus dan sekitarnya di undang dan turut berpartisipasi dengan menyampaikan sakti-sakti dalam acara tortor marga-marga dan punguan parsahutaon, yaitu setelah acara tortor dari gereja-gereja HKBP yang hadir, kemudian dilanjutkan dengan tortor serta lelang lagu ASM HKBP Pospel Kudus.


Sebelum acara ditutup dengan doa oleh amang Sekjend HKBP, terlebih dahulu dilakukan acara pelepasan (borhatborhat) memberangkatkan amang St. Ir. Yuliady Hulman Siahaan dalam purnabakti sebagai parhalado di Distrik XVIII Jabartengdiy dan di HKBP Kudus yang dipimpin oleh Amang Sekjend HKBP. Selama ini St. Ir. YH. Siahaan melayani di Distrik XVIII Jabartengdiy sebagai Tim Pospel & Aleale Zending. Disamping berdirinya HKBP Kudus, melalui pelayanannya di Distrik telah berdiri Pospel HKBP Pati di Kabupaten Pati, Pospel HKBP Cepu di Kabupaten Bloral, Pospel HKBP Bojonegoro di Kabupaten Bojonegoro dan membantu berdirinya Pospel Wonosobo di Kabupaten Wonosobo.


Acara kemudian dilanjutkan dengan ucapan terimakasih oleh amang Pendeta Ressort kepada semua tamu undangan dan partisipan yang telah mendukung acara Pesta Huria dan Pembangunan Gereja HKBP Kudus.

Secara khusus, ucapan terimakasih disampaikan kepada amang Benny Frengki Simanjuntak, SE selaku Direktur Utama PT. Sigma Utama yang memberikan sumbangan cat untuk seluruh bangunan gereja HKBP Kudus senilai Rp 50.000.000 (lima puluh juta rupiah). PT. Sigma Utama adalah Persero BUMN yang memproduksi cat khusus, berlokasi di Jl. Lanbau No.1 Karang Asem Barat, Citereup, Bogor, Jawa Barat, Telp. 62-21-8756310, Fax. 62-21-8753042, website: www.sigmautama.com


Foto Bantuan CSR dari PT. Sigma Utama


Koresponden: St. Ir. YH. Siahaan


Pustaka Digital