Pesta Puncak Tahun Kesehatian HKBP Dame, Resort Dame Helvetia, Distrik X Medan-Aceh

Minggu, 16 Oktober 2022, Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga melayankan khotbah di HKBP Dame, Resort Dame Helvetia, Distrik X Medan-Aceh yang sekaligus merayakan pesta puncak Tahun Kesehatian. Pesta puncak ini sudah didahului pesta gotilon pada Sabtu, 15 Oktober 2022. Salah satu target pesta tahun kesehatian ini adalah penggalangan dana sebesar 2 M untuk keperluan pembelian lahan di samping gereja untuk dapat dipakai memperluas kompleks gedung gereja. Ukuran tanah yang hendak dibeli ini adalah 20 x 30 meter = 600 meter yang persis berada di samping kanan gedung gereja.



 



Jemaat HKBP Dame berdiri tahun 1963 yang dipelopori oleh 16 KK dengan mendirikan bangunan darurat berukuran 8x10 meter dan beralamat di Jln. Sehati (Komplek AMB sekarang). Minggu 27 Juli 1963 diresmikan menjadi jemaat filial HKBP Resort Sei Putih. Tahun 1970 setelah jemaat terus bertambah, pembangunan gedung gereja yang semi permanen dapat dilaksanakan dengan ukuran 10x12 meter di lahan yang lebih luas milik TNI AD. Tahun 1972 pemerintah mengumumkan agar lahan milik TNI AD dikosongkan, dengan catatan pihak gereja diberi ganti rugi sebidang tanah di Desa Teladan berukuran 50 x 50 meter. Namun karena jumlah jemaat yang sudah mencapai 120 KK sangat sedikit yang berdomosili di sekitar lahan pengganti itu, maka majelis berdiskusi dan memutuskan untuk mencari lahan baru dengan menjual 2/3 lahan pengganti tersebut dan ditemukanlah lahan di Jln. Pembangunan Gang Dame yang ada saat ini. Tahun 1976 dimulailah pembangunan gedung gereja yang baru di Jln. Pembangunan Gang Dame tetapi baru dapat rampung tahun 1982.



 

Pada tanggal 09 Oktober 1983 jemaat HKBP Dame melaksanakan kebaktian Mameakohon Batu Ojahan yang dipimpin oleh Ephorus G.H.M. Siahaan dan Sekjend Ds. P.M. Sihombing. Pada tanggal 21 April 1991, atas petunjuk dan arahan Sekjend HKBP, Pdt. O.P.T. Simorangkir pada tahun-tahun sebelumnya ketika beliau masih menjabat sebagai praeses HKBP Distrik X Medan-Aceh, HKBP Dame resmi menjadi persiapan resort. Dan pada tanggal 6 September 1992 diresmikan menjadi Resort Dame oleh Ephorus S.A.E. Nababan. Perkembangan jemaat HKBP Dame ini terus berlangsung, tahun 1999 membeli lahan untuk rumah dinas, tahun 2001 merenovasi interior gedung gereja. Tahun 2004 merenovasi rumah dinas pendeta. Tahun 2009 interior gedung gereja sudah full memakai AC demi kenyamanan beribadah di dalam gedung gereja. Tahun 2010 pembangunan gedung Sekolah Minggu dan resmi dipakai sejak tahun 2011. Tahun 2012 interior gedung gereja kembali direnovasi demi kenyamanan dan keamaan di dalam gedung gereja.

 

Pembangunan demi pembangunan terus dilakukan jemaat HKBP Dame demi meningkatkan pelayanan bagi warganya. Maka pada pesta gotilon dan puncak tahun kesehatian yang dilaksanakan tanggal 15-16 Oktober 2022 ini adalah salah satu upaya yang besar juga untuk menggalang dana yang besar agar dapat membeli lahan yang berada di samping gedung gereja.




Pesta ini sangat meriah dan tampak para warga jemaat yang hadir antusias sekali. Para pendeta yang pernah melayani di jemaat ini juga turut diundang, yakni Pdt. Jahidin Banuarea / br Nahampun; Pdt. M.T. Panggabean / br Tambunan; Pdt. S.J. Lumban Gaol / br Silaban. Para undangan yang datang ada dari anggota DPR RI, Hendrik Sitompul, Perwakilan walikota, dan beberapa tamu undangan lainnya yang dengan sukacita memberikan sumbangan dan partisipasi donasi untuk penggalangan dana yang dilakukan. Semua warga jemaat bersukacita. DK-NXC