"Siap do bagas ni halak na jungkat bahenon ni Jahowa, alai hot do ianggo talutuk ni boruboru na mabalu dihajongjonghon.

Rumah orang congkak dirombak TUHAN, tetapi batas tanah seorang janda dijadikan-Nya tetap."

Poda 15 : 25

Pesta Puncak Tahun Kesehatian HKBP Distrik XXIX Deli Serdang

Minggu, 27 November 2022, HKBP Distrik XXIX Deli Serdang merayakan Minggu Advent I sekaligus pesta puncak Tahun Kesehatian Distrik, yang bertempat di HKBP Lubuk Pakam, sabungan distrik. Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, melayankan khotbah dalam kebaktian ini Sedangkan praeses HKBP Distrik XXIX Deli Serdang bertugas sebagai liturgis. Ibadah dimulai pukul 10.00 WIB dengan terlebih dahulu diawali dengan prosesi menuju tempat ibadah. Kebaktian dilaksanakan di pekarangan gereja HKBP Lubuk Pakam dengan tratak yang mampu menampung jumlah seribuan jemaat. 




Dalam khotbahnya, Pdt. Deonal Sinaga menyebutkan, “pengharapan adalah satu kata kunci. Bishop Desmond Tutu menuliskan, ‘jika saudara memiliki harapan, saudara akan mampu melihat terang, sekali pun saudara dikelilingi oleh kegelapan.” Nelayan yang hilang di tengah lautan bebas, ketika melihat mercusuar di kejauhan, akan memiliki kekuatan untuk bertahan. Itu memberi kekuatan baginya untuk bertahan dan berjuang. Itu menjadi penentu keselamatannya.”



Pdt. Deonal lebih lanjut menjelaskan, “bagaimana pun realitas hidup yang kita hadapi, ada alasan bagi kita untuk bertahan. Sekali pun dunia demikian kacau: gempa, banjir bandang, angin puting beliung, kebakaran terjadi silih berganti; perang Rusia-Ukraina masih bergelora, uji coba senjata balistik Korea Utara menggemparkan dunia, dan krisis pangan di depan mata hingga 66 negara diprediksi membutuhkan pertolongan IMF. Dunia mencekam. Fenomena alam sangat menakutkan. Politik global sangat labil dan tak terprediksi. Kompetisi, permusuhan, dan nasionalisme yang destruktif semakin mewarnai percaturan politik antar bangsa. Semua ini menambah kekhawatiran. Kepada siapakah kita mengadu? Siapakah sumber pertolongan kita? Firman Tuhan hari ini memberikan pengajaran berharga. Jangan percaya pada manusia! Jangan percaya pada kekuatan yang sangat rapuh! Jangan bergantung pada penguasa atau kekuasaan dunia ini! Berharaplah kepada Tuhan! Percayalah akan janji-Nya!”


Seusai kebaktian Minggu, acara dilanjutkan dengan makan siang bersama. Lelang makanan pun berjalan dan para warga jemaat yang hadir menikmati lelang makanan tersebut sementara dana hasil lelang ini dikumpulkan untuk donasi pembangunan rumah dinas praeses. Acara dilanjutkan dengan mangulosi 279 orang perwakilan dari 16 resort yang menerima ulos. Pada bagian akhir kegiatan acara pesta puncak ini juga ada lucky draw dengan hadiah utama satu unit kulkas dua pintu. Acara ditutup dengan pengumuman sejumlah perlombaan yang dilakukan antar resort beberapa minggu sebelum pesta puncak. Acara usai sekitar pukul 19.30 WIB dengan total donasi dana yang terkumpul lebih dari 500 juta rupiah. DK-NXC







Pustaka Digital